Saya jujur sangat tertarik dengan apapun yang berhubungan dengan aviasi. Termasuk misteri jatuhnya pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Lion Air dan kemudian milik Ethiopian Airlines.

Saya rasa tidak ada yang namanya kebetulan di dunia penerbangan melainkan suatu hal buruk terjadi karena suatu sebab akibat yang tidak diperkirakan.


Baca juga: Pesawat Milik Lion Air Jatuh

Baca juga: Pesawat Milik Ethiopian Airlines Jatuh


Kebetulan, beberapa hari lalu saya menemukan video yang sangat menarik yang memberikan gambaran singkat mengenai alasan mengapa pesawat tersebut jatuh 2 kali dalam rentang waktu yang berdekatan. Saya menyarankan Anda untuk menonton video ini:

Saya secara pribadi sangat terkejut mengenai fakta yang dipaparkan di 3:38 dan 4:24. Boeing terkesan sangat kurang dalam memberikan pelatihan untuk para pilot dan juga tidak memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai sistem MCAS yang merenggut ratusan jiwa di kedua penerbangan tersebut.

Sekali lagi, saya bukan seorang pengamat aviasi namun saya rasa pesawat ini memiliki flaw yang cukup parah. Secara pribadi, saya akan sebisa mungkin menghindari penerbangan yang menggunakan pesawat Boeing 737 MAX 8 dengan alasan keamanan.

Kejadian seperti ini cukup menggambarkan bagaimana perusahaan besar lebih mementingkan keuntungan ketimbang keamanan. Ratusan nyawa yang melayang tentunya akan menjadi pembelajaran keras bagi Boeing dan perusahaan pembuat pesawat lainnya agar lebih memperhatikan fitur keamanan.

Bagaimana pendapat Anda mengenai pesawat Boeing 737 MAX 8?