Bagi Anda yang belum tahu, saya akan mengunjungi Rusia & negara-negara di Scandinavia pada akhir bulan Mei 2019 nanti.


Trip Intro: Russia & Scandinavia, Istanbul New Airport, Sweet Spot Business Class Murah Dari Eropa


Untuk penerbangan dari Jakarta ke Moscow, saya menemukan tiket Oman Air (economy class) hanya dengan harga Rp 3,9 juta sekali jalan. Tentunya harga tersebut sangat menggiurkan mengingat harga tiket maskapai lain sudah berada di kisaran Rp 7 juta+ sekali jalan.

Banyak dari Anda yang meminta informasi tentang bagaimana saya mendapatkan harga tersebut, namun sayangnya pada saat itu harga promo tersebut sudah ditarik oleh pihak Oman Air.

Kabar baiknya, saat sedang mencari penerbangan melalui Google Flights, harga tiket miring Oman Air ke Moscow tersebut nampaknya telah kembali!

Anda bisa terbang dari Jakarta ke Moscow dengan harga Rp 4.000.000 per orang sekali jalan (aslinya Rp 3.900.000, namun harga naik karena kenaikan kurs).

Perlu diketahui jika harga tiket ini saya anggap miring karena momen libur lebaran yang dimana harga tiket pesawat umumnya melonjak tinggi.

Sebagai perbandingan, lihat harga tiket termurah selanjutnya yang saya temukan berikut untuk keberangkatan di periode akhir Mei atau awal Juni 2019:

Ketersediaan kursi juga cukup melimpah hingga akhir 2019, Anda hanya tinggal mencoba mencari tanggalan yang Anda inginkan.

Penerbangan dari Jakarta menuju ke Muscat akan dilayani oleh pesawat Boeing 787-9 Dreamliner baru milik Oman Air. Untuk penerbangan dari Muscat ke Moscow, Anda akan mendapatkan Boeing 737-800 (aslinya adalah 737 MAX).

Kabin business class Oman Air diikuti dengan economy class dibelakangnya. Foto: GTP Headlines.

Upgrade ke Business Class

Anda berpeluang untuk melakukan bid upgrade (lelang) ke business class dengan harga yang cukup bersahabat. Untuk rute Jakarta – Muscat, lelang akan dimulai dari US $449, sedangkan untuk rute Muscat – Moscow, lelang akan dimulai dari US $322.

Jika Anda beruntung (atau tidak ada yang mengikuti pelelangan ini), Anda bisa mendapatkan tiket business class Oman Air dengan harga miring 😉

Semakin tinggi nilai lelang yang Anda masukkan, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan Anda memenangkan upgrade. Dikarenakan upgrade bisa dilakukan per penerbangan/sektor, maka saya sarankan untuk mengincar upgrade di rute Jakarta – Moscow yang dilayani oleh pesawat terbaru Oman Air.

Untuk bisa mengikuti lelang, Anda harus terlebih dulu sudah memiliki tiket dengan Oman Air.

Transit panjang di Muscat

Jika Anda perhatikan, kekurangan dari tiket ini adalah transit menginap di Muscat, Oman. Saya sendiri sepertinya akan memanfaatkan transit ini untuk mengunjungi kota ini secara sekilas.

Berdasarkan informasi dari beberapa pihak, pemegang paspor Indonesia bisa mengajukan Visa on Arrival (VoA) di Muscat seharga kurang lebih Rp 200 ribu-an.

Foto kota Muscat, Oman. Kredit: Stuff.co.nz.

Saya sendiri memiliki beberapa opsi untuk menghadapi transit ini:

  1. Menginap di kamar gratis yang disediakan oleh Primeclass Lounge yang bisa saya akses dengan kartu Priority Pass
  2. Membeli upgrade Oman Air & menginap di lounge Oman Air yang juga menyediakan kamar tidur
  3. Keluar ke kota Muscat, menginap di hotel & mengunjungi beberapa situs seperti Sultan Qaboos Grand Mosque sebelum kembali ke airport untuk penerbangan ke Moscow pada pukul 14.45.
  4. Memesan Aerotel, sebuah hotel yang terletak di secured area airport, sehingga saya tidak harus mengajukan visa on arrival untuk keluar ke Muscat. Namun harga yang ditawarkan cukup tinggi untuk ukuran hotel airport, yakni US $225!

Jika Anda tertarik untuk membeli tiket ini, maka saya penasaran dengan rencana Anda untuk menghadapi transit ini. Bagikan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah.

Penutup

Beberapa dari Anda bertanya, mengapa saya membeli tiket economy class, bukannya malah menukarkan poin/miles untuk terbang di business atau first class. Jawaban singkatnya adalah efisiensi penggunaan miles.

Saya pribadi selalu berusaha untuk mengumpulkan poin/miles untuk kemudian ditukarkan dengan penerbangan yang benar-benar saya inginkan.

Kebanyakan dari penerbangan tersebut akan dihargai sangat mahal dan tidak mungkin akan saya bayar dengan uang. Disitulah poin dan miles menjadi sangat berguna bagi saya. Bagi saya, penerbangan mewah di business/first class tersebut tidak akan terwujud tanpa bantuan miles.

Oleh karena itu, saya tidak akan ragu untuk memesan penerbangan dengan harga yang saya anggap murah seperti Oman Air ini. Mungkin saya juga akan melakukan upgrade ke business class jika bid saya menang 😉 Namun, saya cukup senang dengan pembelian tiket ini karena saya berhasil menyimpan miles untuk penerbangan selanjutnya.

Apakah Anda tertarik untuk membeli tiket Oman Air ke Moscow?