Kali ini, saya ingin membagikan sebuah tips/saran kepada Anda agar tidak sembarangan membagikan detil informasi reservasi penerbangan maupun menginap.

Memang, ketika Anda telah berhasil memesan sebuah penerbangan, tentunya akan ada perasaan excited yang melanda. Terkadang, Anda akan ingin membagikan kabar gembira tersebut di akun sosial media Anda.

Sebenarnya hal tersebut fine-fine saja, namun Anda harus ekstra hati-hati dalam melakukan hal tersebut.

Beberapa waktu lalu, salah seorang YouTuber ternama, Rius Vernandes, secara tidak sengaja membagikan itinerary penerbangannya melalui story Instagram.

Satu hal yang langsung menarik perhatian saya adalah kode reservasi/booking confirmation yang lupa untuk di-sensor atau diblur oleh Rius.

Catatan: Screen shots yang akan Anda lihat dibawah telah saya sensor untuk menjaga privasi.

Story Instagram @rius.vernandes

Mengingat Rius memiliki jumlah pengikut yang banyak, hal tersebut bisa berakibat fatal apabila banyak orang yang menyadarinya & ingin berbuat usil.

Informasi apa saja yang bisa dicuri atau disalahgunakan?

Hanya berdasarkan 1 kode booking confirmation yang lupa di sensor. Saya berhasil mendapatkan informasi pribadi Rius & Elwiana berupa:

  • Nama lengkap
  • Nomor tiket elektronik
  • Alamat email
  • Nomor keanggotaan GarudaMiles
  • Detil pembayaran
  • Nomor telepon rumah/HP
  • Tanggal lahir

Bahkan pernah terjadi kasus reservasi penerbangan seseorang dibatalkan oleh pihak yang iseng/ingin berbuat jahat. Hal tersebut dilakukan hanya dengan beberapa klik saja berdasarkan kode reservasi atau nomor tiket elektronik yang terekspos.

Kebetulan itinerary Garuda Indonesia ini tidak bisa diubah/modify secara online. Tiket penerbangan ini tidak bisa dibatalkan/diubah tanpa mendatangi kantor cabang pembantu Garuda Indonesia dengan membawa identitas asli penumpang.

Penutup

Saran saya adalah untuk menghindari memposting tanpa melakukan sensor terlebih dahulu.

Jujur, setelah berhasil memesan penerbangan/hotel yang spesial, saya sendiri juga akan membagikannya kepada para pembaca melalui artikel blog/sosial media.

Namun sebelum melakukannya, saya akan memastikan jika tidak ada informasi krusial yang bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pastikan Anda tidak sembarangan membagikan informasi pribadi melalui sosial media!