Sejak bergabung dengan program IHG® atas rekomendasi bro Vincent, boleh dikata saya menjadi terobsesi dengan memperoleh status di berbagai hotel. Bagaimana tidak, saya sudah merasakan sendiri bedanya menginap di hotel chain dengan kualitas internasional dengan hotel yang terkesan ‘apa adanya’.

Jika Anda masih belum tahu apa saja manfaat memperoleh status elite di suatu jaringan hotel seperti IHG®, Marriott Bonvoy, Hilton Honors, dan sebagainya, berikut adalah deskripsi singkatnya versi PinterPoin:

“Menjadi seorang member elite dengan hotel pastinya akan memberikan Anda pengalaman yang lebih eksklusif dibandingkan non-member. Selain mendapatkan poin lebih saat Anda menginap, banyak juga manfaat-manfaat lain yang bisa Anda dapatkan.

Beberapa manfaat menjadi member elite hotel favorit saya adalah sarapan gratis, late checkout dimana Anda bisa melakukan checkout sampai jam 4 sore, upgrade kamar ke kelas suites untuk mendapatkan ruang lebih, dan akses ke lounge dimana Anda bisa bersantai sambil menyantap makanan dan minuman yang telah disediakan gratis.”

Anda ingin disambut seperti ini? Jadilah member elit suatu hotel chain.

Dibandingkan dengan bro Vincent yang sudah memiliki berbagai status elite di banyak jaringan hotel. Saya tergolong masih baru di dunia poin perhotelan ini. Namun, hal tersebut tidak menghalangi saya untuk mengejar status hotel setinggi-tingginya (terutama IHG®) di tahun 2019 ini.


Baca juga: Panduan Lengkap IHG Rewards Club

Baca juga: Menginap di Ritz-Carlton atau St. Regis Dengan 1 Juta Rupiah? Begini Caranya


Dan kali ini, saya akan sedikit sharing mengenai beberapa cara yang saya temukan agar Anda bisa memperoleh status Platinum Elite dari IHG® dengan murah meriah. Berikut adalah cara-caranya:

1. Membeli Membership InterContinental Ambassador (Cost: ± 2,8 Juta Rupiah)

Membeli membership InterContinental Ambassador merupakan cara termudah (tapi bukan termurah) mendapatkan status IHG® Platinum Elite. Sejak Januari 2019 lalu, program InterContinental Ambassador melakukan perubahan positif yaitu menaikkan status yang diperoleh dari pembelian membership ini dari Gold Elite menjadi Platinum Elite.

Tentunya, selain status Platinum Elite, Anda masih akan memperoleh berbagai manfaat dari membeli membership ini seperti free weekend night e-certificate, jaminan upgrade kamar satu kategori, perpanjangan check-out hingga pukul 4 sore, dan berbagai manfaat lainnya. Info lebih lengkap bisa Anda baca di sini.

Dalam jangka panjang, program ini cukup menguntungkan karena di tahun ke-2 dan seterusnya, Anda hanya perlu membayar 150 USD untuk memperpanjang membership ini.

(+) Praktis dan menguntungkan dalam jangka panjang.

(-) Sulit untuk menaikkan menjadi Spire Elite karena Anda tetap akan mulai dari 0 elite qualifying nights.

 

2. Menyelesaikan Status Challenge dari IHG® (Cost: ± 2 Juta Rupiah)

Terkadang, IHG® mengadakan status challenge seperti yang diadakan pada tahun 2018 lalu. Melalui status challenge ini, Anda bisa memperoleh status Platinum Elite atau bahkan Spire Elite dengan menyelesaikan tantangan yang diberikan.

Metode ini merupakan cara termurah Anda bisa memperoleh status Platinum Elite. Berkaca pada persyaratan status challenge tahun 2018 lalu, Anda bisa meraih status Platinum Elite dengan kurang lebih 2 juta Rupiah dan Spire Elite dengan kurang lebih 4 juta Rupiah!

Contoh status challenge IHG® pada tahun 2018 lalu

Caranya adalah dengan mem-booking hotel IHG® termurah di kota Anda. Apabila Anda berdomisili di Jakarta, hotel IHG® termurah adalah Holiday Inn Express Matraman yang terletak di Jakarta Timur. Rate per malam termurah hotel ini biasanya berkisar antara 400.000 Rupiah all-in sehingga total biaya yang perlu Anda keluarkan untuk 5 malam adalah sekitar 2 juta Rupiah.

Biaya menginap 5 malam di Holiday Inn Express Matraman adalah sekitar 2 juta Rupiah

(+) Bisa Anda lanjutkan menjadi Spire Elite dengan menambah 5 malam lagi. Merupakan metode memperoleh status Platinum Elite termurah dibandingkan dengan cara lainnya.

(-) Hanya bisa dilakukan di Jakarta dikarenakan tidak ada properti IHG® lain di Indonesia yang lebih murah dari Holiday Inn Express Matraman. Promo status challenge ini juga tidak selalu ada ataupun ditawarkan sehingga tidak reliabel dalam memperoleh status Platinum Elite.


Baca juga: Hotel Review Holiday Inn Express Matraman (Updated)


3. Melakukan Mattress Run (Cost: ± 4,6 Juta Rupiah)

Apabila Anda hardcore seperti saya, melakukan mattress run juga merupakan opsi alternatif memperoleh status Platinum Elite (dan bahkan Spire Elite) di IHG®.

Caranya kurang lebih sama seperti cara sebelumnya, hanya saja Anda harus memilih tarif fleksibel disertai dengan paket pembelian poin bonus sebesar 3.000 Poin/Malam untuk 12 malam.

Jangan lupa untuk selalu membeli poin bonus sebanyak 3.000 Poin/Malam ketika memesan kamar.

Hotel yang saya sarankan untuk melakukan matress run ini pun masih sama yaitu Holiday Inn Express Matraman. Anda bisa saja memilih hotel Holiday Inn Express lain; Hanya saja harganya mungkin tidak se-ekonomis Holiday Inn Express Matraman yang mana tentunya membuat cost Anda untuk memperoleh status Platinum Elite ini membengkak.

Menginap selama 12 malam di Holiday Inn Express Matraman akan memakan biaya sekitar 8,28 juta Rupiah

Hanya saja, menggunakan metode ini, Anda juga akan memperoleh poin IHG® dalam jumlah yang signifikan yang mana nantinya bisa Anda tukarkan dengan award night ataupun berbagai hal lainnya seperti menebus membership InterContinental Ambassador. Dalam kasus ini, Anda akan mendapat 40.823 Poin IHG yang berasal dari 4.823 base earning + 36.000 point purchase (3.000 poin x 12 malam).

Menggunakan valuasi PinterPoin, 40.823 poin IHG® tersebut bernilai sebesar 3,67 juta Rupiah (1 IHG® Reward Point = 90 Rupiah). Jadi, dengan mengurangkan total cost senilai 8,28 juta Rupiah dengan total benefit senilai 3,67 juta Rupiah yang Anda peroleh, didapatlah angka sebesar 4,61 juta Rupiah yang mana adalah cost Anda sebenarnya memperoleh status Platinum Elite ini 🙂 .

(+) Cara yang reliabel untuk memperoleh status Platinum Elite. Anda juga akan memperoleh poin yang nantinya bisa ditukarkan untuk reward night dan bahkan memiliki nilai lebih baik lagi pada saat promo point break.

(-) Mahal dan tidak praktis, menginap 12 malam di hotel yang sama merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Anda yang mengincar status Platinum Elite.

Manakah cara yang Anda pilih untuk memperoleh status Platinum Elite di jaringan Hotel IHG® ini?