Malaysia Airlines memiliki 3 lounges di bandara internasional Kuala Lumpur (KLIA), yaitu Golden Lounge Satellite, Regional dan Domestic. Dari ketiga lounges tersebut, Golden Lounge Satellite memiliki penampilan terbaru dikarenakan baru selesai renovasi Maret 2018 yang lalu.

Lounge ini terbagi menjadi 2 area yaitu First Class dan Business Class. Area First Class bisa di akses oleh penumpang First Class Malaysia Airlines, oneworld dan anggota Enrich Platinum maupun oneworld Emerald.

Area Business Class bisa di akses oleh penumpang business class Malaysia Airlines, oneworld dan anggota Enrich Gold maupun oneworld Sapphire.

Kali ini saya mengakses area Business Class Golden Lounge Satellite dengan status Enrich Gold yang saya dapatkan dari status run bulan lalu.

Lokasi Golden Lounge Satellite

Golden Lounge Satellite terdapat di Satellite Terminal yang di khususkan untuk rute internasional. Lounge ini menurut saya tidak terlalu mudah untuk di temukan. Saya sempat bingung mencari lounge ini karena petunjuk arah yang minim.

Jika Anda ingin ke lounge ini, Anda bisa mengikuti petunjuk di bawah:

  • Cari arah menuju gerbang C11-17 dan Anda akan menemukan toko Kashkha dan belok ke kiri,

  • Setelah itu gunakan ekskalator menuju ke atas.

  • Sesampainya di atas, belok ke arah kanan dan cari petunjuk arah menuju Golden Lounge Satellite. Arah kiri untuk menuju Plaza Premium Lounge.

Baca juga: Lounge Review: Plaza Premium Lounge Kuala Lumpur KLIA1 (Satellite)


Petunjuk arah menuju Malaysia Airlines Golden Lounge.

  • Jalan sampai ujung jalan dan Anda akan menemukan Golden Lounge Satellite.

Penampakan Golden Lounge dari luar.

Penampakan Golden Lounge Satellite dari luar.

Fasilitas

Karena Golden Lounge Satellite beroperasi 24 jam, Anda bisa mengakses lounge ini kapan saja. Anda hanya perlu menunjukkan boarding pass ke petugas di depan lounge.

Di beberapa forum, ada yang mengatakan lounge ini juga bisa di akses pada saat Anda tiba di KLIA (tanpa penerbangan selanjutnya). Namun untuk akses ini, Anda harus terbang dengan business atau first class Malaysia Airlines maupun maskapai oneworld lainnya.

Jam operasional Golden Lounge Satellite

Sebelah kanan dari meja resepsionis adalah akses menuju area First Class dan sebelah kiri menuju area Business Class.

Saya pribadi sangat suka dengan desain interior Golden Lounge Satellite. Lounge ini sangat luas dengan luas area sekitar 4000m2 (termasuk area First Class) dengan kapasitas 455 tamu.

Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite

Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite

Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite

Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite

Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite

Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite

Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite

Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite

Seperti Golden Lounge Regional, Golden Lounge Satellite juga memiliki Family Area.

Family Area

Nap Area atau area tidur juga tersedia di Golden Lounge Satellite. Bedanya dengan Golden Lounge Regional, Nap Area di Satellite memiliki partisi antara tempat tidur yang satu dengan yang lainnya.

Nap Area di Golden Lounge Satellite juga di buat lebih gelap agar tamu bisa beristirahat lebih tenang. Karena waktu transit yang cukup panjang, saya sempat tidur 1 jam di Nap Area.

Nap Area Golden Lounge Satellite

Bagi umat Muslim, lounge ini juga menyediakan tempat untuk beribadah.

Ruang shower di Golden Lounge Satellite lebih banyak di bandingkan dengan Regional. Namun, jika Anda ingin menggunakan ruang shower, Anda harus terlebih dahulu meminta handuk dan sikat gigi kepada petugas di depan toilet.

Ruang shower Golden Lounge Satellite

Makanan dan minuman

Malaysia Airlines menyediakan berbagai makanan lokal maupun internasional di Golden Lounge Satellite. Kualitas rasa makanan yang tersedia menurut saya cukup enak dan bervariasi jenisnya.

Penne aglio olio

Spaghetti tomato sauce

Steamed jasmine rice

Eggplant balado (Terong balado)

Cream puff dan pastry

Berbagai pilihan buah-buahan dan salad

Berbagai pilihan kopi

Berbagai pilihan minuman

Golden Lounge Satellite juga menyediakan Noodle Bar. Di sini ada beberapa chef yang langsung membuatkan mie untuk para tamu. Pada saat saya mengunjungi lounge ini, menu yang tersedia adalah Sarawak Laksa dan Won Ton Noodles.

Laksa Bar

Menu di Laksa Bar

Sarawak Laksa

Bar yang menyediakan berbagai macam alkohol juga tersedia di Golden Lounge Satellite. Anda bisa menikmati minuman sambil menonton tayangan olahraga.

Bar

Penutup

Secara keseluruhan, saya sangat menyukai lounge ini. Desain interior, makanan dan minuman serta fasilitas lainnya menurut saya tidak kalah dengan SilverKris Lounge di Changi Airport. Bahkan lebih bagus menurut saya.

Jika memiliki kesempatan, saya ingin mengunjungi area First Class area di lounge ini. Namun, menurut beberapa reviewer, makanan dan fasilitas di area Business Class lebih menonjol kecuali a la carte di area First Class.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Malaysia Airlines Golden Lounge Satellite?