Di lansir dari The Edge Markets, terhitung tanggal 8 April 2019, Malaysia Airlines menurunkan jumlah kuota bagasi check-in untuk beberapa penumpang kelas ekonomi. Tentunya hal ini merupakan kabar buruk bagi orang yang sering menggunakan kelas ekonomi Malaysia Airlines termasuk saya.

Padahal sebelumnya, sekitar 10 bulan yang lalu, Malaysia Airlines juga telah menurunkan jumlah kuota bagasi check-in untuk penumpang kelas ekonomi rute domestik dari 30 kg menjadi 20 kg.

Malaysia Airlines di ketahui memiliki 4 tipe kelas ekonomi untuk rute internasional yaitu Economy Flex, Smart, Basic dan Promo. Dan untuk rute domestik, hanya terdapat 3 tipe kelas ekonomi yaitu Economy Flexi, Basic dan Lite.


RUMOR: Malaysia Airlines Akan Ditutup atau Dijual


Tampilan kursi kelas ekonomi Malaysia Airlines A350-900

Kuota bagasi Malaysia Airlines yang baru

Malaysia Airlines menghilangkan jumlah kuota bagasi check-in untuk penumpang kelas Economy Lite untuk rute domestik. Penumpang kelas Economy Lite hanya bisa membawa bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg.

Untuk rute internasional, Malaysia Airlines menurunkan kuota bagasi untuk pemegang tiket Economy Basic dan Promo. Penumpang kelas Economy Basic akan di kurangi kuota bagasi nya menjadi 25 kg dan Economy Promo menjadi 20 kg.

Namun Malaysia Airlines memberikan pengecualian untuk rute Madina dan Jeddah. Untuk rute-rute ini, penumpang kelas Economy Basic dan Promo tetap akan mendapatkan kuota bagasi check-in sebesar 30 kg.

Kuota bagasi yang baru. Via Malaysia Airlines

 

Anggota status elit Enrich dan oneworld

Jika Anda adalah anggota status elit Enrich dan oneworld, Anda tetap akan mendapatkan tambahan kuota bagasi. Penumpang Enrich Silver, Gold dan Platinum akan mendapatkan tambahan bagasi sebesar 5, 10 dan 20 kg.

Untuk penumpang dengan status oneworld Ruby, Sapphire dan Emerald, jumlah tambahan bagasi gratis adalah sebesar 5, 10 dan 20 kg.

Berikut adalah perhitungan jumlah bagasi check-in untuk rute domestik dan internasional:

Jumlah bagasi check-in untuk rute domestik. Via Malaysia Airlines

Jumlah bagasi check-in untuk rute internasional. Via Malaysia Airlines


Status Run Report: Mendapatkan Status Enrich Gold (oneworld Sapphire) Dalam 7 Hari


Penutup

Sekarang ini, Malaysia Airlines tampaknya sedang mengalami masa-masa sulit. Sebelumnya Malaysia Airlines juga telah merubah produk first class menjadi business suite di karenakan tiket first class jarang terjual.

Beberapa waktu yang lalu Perdana Menteri Malaysia juga sempat mengatakan bahwa Malaysia Airlines akan di tutup atau di jual. Namun sampai sekarang masih belum ada berita yang memperjelas pernyataan tersebut.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai kebijakan bagasi yang baru ini?