Artikel ini merupakan lanjutan dari trip intro Russia & Scandinavia yang saya publikasikan kemarin:

Trip Intro: Russia & Scandinavia, Istanbul New Airport, Sweet Spot Business Class Murah Dari Eropa

Seperti yang saya janjikan pada artikel sebelumnya, saya akan membagikan sweet spot trik menggunakan KrisFlyer miles untuk penerbangan Singapore Airlines & Star Alliance ke/dari Eropa.

Kursi business class yang sama dengan di pesawat A380 akan saya dapatkan di pesawat Boeing 777-200ER. Kredit: UponArriving.


Baca juga: Panduan Lengkap KrisFlyer, Frequent Flyer Program Singapore Airlines


Perjalanan secara sekilas

Saya akan mengunjungi Russia & Scandinavia pada awal bulan Juni 2019 nanti. Moscow akan menjadi kota persinggahan pertama dan Copenhagen akan menjadi kota terakhir di Scandinavia.

Bagi Anda yang penasaran, saya mendapatkan tiket economy class Oman Air seharga Rp 3.900.000 sekali jalan dari Jakarta – Moscow. Harga tersebut sangatlah terjangkau untuk ukuran penerbangan sekali jalan ke Eropa. Namun saya cukup kecewa karena melewatkan kesempatan untuk melakukan instant upgrade ke business class yang saya anggap worth it di rute Jakarta – Mucsat.

Sedangkan untuk penerbangan pulang ke Tanah Air, saya akan terbang di business class Singapore Airlines. Bagi kebanyakan orang, tentunya pencarian penerbangan yang akan dilakukan adalah: Copenhagen – Jakarta. Simpel.

Kali ini, saya akan membagikan sebuah sweet spot menggunakan trik stopover yang bisa Anda gunakan untuk menghemat KrisFlyer miles hingga 53,26% atau 43.000 KrisFlyer miles untuk penerbangan sekali jalan di business class Singapore Airlines!


Kunci dari trik ini adalah transit/stopover di Timur Tengah atau Middle East sebelum melanjutkan penerbangan ke Indonesia. Kenapa demikian?

Karena Singapore Airlines mematok harga 49.000 KrisFlyer miles untuk penerbangan sekali jalan dari Middle East ke Asia!

Berikut adalah daftar negara yang masuk dalam zona Middle East dalam program KrisFlyer:

Algeria, Armenia*, Azerbaijan*, Bahrain, Cyprus*, Egypt, Georgia*, Iran, Iraq, Israel*, Jordan, Kuwait, Lebanon, Libya, Morocco, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Syria, Tunisia, Turkey*, United Arab Emirates, Yemen.

*Negara Eropa yang masuk dalam zona Middle East pada program KrisFlyer.


Menariknya, Turki digolongkan sebagai negara di Middle East oleh Singapore Airlines. Anda hanya memerlukan 49.000 KrisFlyer miles untuk penerbangan business class sekali jalan dari Turki ke Indonesia.

Pemandangan kota Istanbul. Foto: Lonely Planet.


Perhatikan opsi penukaran KrisFlyer miles berikut:
  • Copenhagen – Singapore – Jakarta = 92.000 KrisFlyer miles + pajak & biaya SGD $42
  • Istanbul – Singapore – Jakarta = 49.000 KrisFlyer miles + pajak & biaya SGD $44

Berikut perbedaan durasi penerbangan dari Copenhagen dan Istanbul:

  • SQ 351 – Copenhagen – Singapore = 12 jam
  • SQ 391 – Istanbul – Singapore – 10,5 jam

Anda bisa menghemat 43.000 KrisFlyer miles jika terbang dari Istanbul! Padahal kedua negara tersebut merupakan negara yang sama-sama tergabung dalam uni Eropa.

Boeing 777-200ER Singapore Airlines yang melayani rute Istanbul. Foto: Wikipedia.

Cara saya menuju ke Istanbul

Karena harus terbang dari Istanbul, maka saya harus melakukan positioning flight terlebih dahulu dari Copenhagen. Anda bisa membaca tentang positioning flight di artikel PinterPoin ini.

Pada kasus seperti ini, saya menyarankan Anda untuk membeli tiket economy class yang murah atau jika Anda bersedia untuk splurge, Anda bisa menukarkan award partner Star Alliance menggunakan KrisFlyer miles seperti yang saya lakukan.

Untungnya, saya memesan Star Alliance award dengan harga lama sebelum devaluasi pada award Star Alliance mendatang (16 April 2019), dimana penerbangan yang sama akan naik dari 25.000 miles menjadi 29.000 miles.

Berikut detil penukaran KrisFlyer miles yang saya lakukan untuk penerbangan pulang dari Copenhagen menuju Jakarta:

  • 25.000 KrisFlyer miles + SGD $205 untuk penerbangan business class Copenhagen – Vienna (Austrian) lalu Vienna – Istanbul (Turkish Airlines)
  • 49.000 KrisFlyer miles + SGD $44 untuk penerbangan business class Istanbul – Singapore – Jakarta dengan Singapore Airlines

Alternatifnya, Anda juga bisa memilih Dubai sebagai persinggahan sebelum melanjutkan penerbangan pulang. Jika memilih Dubai, Anda kemungkinan besar akan melakukan koneksi melalui Zurich & terbang dengan SWISS atau Lufthansa.


Apakah Sweet Spot KrisFlyer hanya untuk penerbangan rute Eropa saja?

Sebenarnya terdapat cukup banyak award opportunity yang saya pandang sebagai sweet spot pada program KrisFlyer. Contohnya:

Business Class
  • Singapore Airlines: Indonesia/Singapore ke Afrika Selatan (Johannesburg) dengan 49.000 miles
  • Star Alliance (Air New Zealand): Australia – Tahiti dengan 31.000 miles
  • Star Alliance (United) East Coast Amerika Serikat (Contoh: New York) ke Hawaii dengan 34.500 miles
  • Star Alliance (SWISS, Lufthansa, Austrian, Turkish Airlines): Eropa ke Timur Tengah (Contoh: Istanbul, Dubai, Qatar) dengan 29.000 miles
First Class
  • Star Alliance (Lufthansa): Eropa ke Afrika Selatan dengan 80.500 miles

Harga miles diatas untuk penerbangan sekali jalan/one way.

Jika Anda memiliki sweet spot lainnya pada program KrisFlyer, bagikan melalui kolom komentar di bawah.

Penutup

Setiap loyalty program akan memiliki sweet spot tersendiri, seperti pada KrisFlyer ini, Anda bisa menghemat 43.000 miles untuk penerbangan ke/dari Eropa melalui Middle East. Tentunya trik ini bisa membantu Anda menghemat penggunaan KrisFlyer miles secara signifikan.

Semakin Anda mendalami dunia poin dan miles ini, maka akan semakin banyak informasi berharga yang bisa Anda dapatkan. Saya pribadi juga terus mempelajari hal-hal baru setiap harinya dan akan terus membagikan informasi kepada Anda semua.

Apakah Anda pernah memanfaatkan trik stopover di Middle East/Timur Tengah ini?