Banyak surat pembaca ataupun komentar di PinterPoin yang menanyakan kartu kredit traveling apa saja yang saya miliki. Oleh karena itu, mungkin akan sedikit fun juga jika saya mengungkap kartu kredit apa saja yang saya miliki saat ini.

Jika ada bedah rumah, bedah sekolah, bedah gadget dan sebagainya; PinterPoin akan mengadakan bedah kartu kredit traveling di dompet 🙂 . Saya juga akan menyertakan alasan saya mempertahankan/menutup suatu kartu kredit di masa depan. Berikut adalah ke-6 kartu kredit yang ada di dompet saya saat ini:

1. CIMB Niaga JCB Ultimate

Kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate adalah kartu kredit terbaru dan terbaik yang saya miliki. Dengan spending reward yang sangat menarik (tiket bisnis ANA PP Jakarta – Tokyo), akses ke berbagai airport lounge internasional, dan earning rate GarudaMiles dan Asia Miles terbaik di Indonesia, saya dapat memastikan kartu ini akan bertahan sangat lama di dompet saya.

2. CIMB Niaga Visa Infinite

Kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite juga merupakan salah satu kartu kredit favorit saya. Kelebihan Utama kartu kredit ini terletak pada spending reward yang menarik (tiket ekonomi Singapore Airlines PP Surabaya/Jakarta/Medan/Denpasar – Singapura), earning rate KrisFlyer Miles yang sangat baik, dan akses airport lounge di berbagai terminal domestik. Saya bisa memastikan bahwa kartu kredit ini juga pasti akan bertahan sangat lama di dompet saya.

3. BCA Singapore Airlines Visa Signature

Kartu kredit BCA Singapore Airlines (‘SQ’) Visa Signature adalah kartu kredit traveling pertama saya. Kartu kredit ini memiliki nilai sentimental bagi saya sehingga saya rasa saya tidak akan menutup kartu ini dalam jangka waktu dekat meskipun earning rate dari kartu ini kalah jauh dibanding dengan kartu kredit lainnya.

Free 1 minuman di starbucks bandara dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program cashback BCA SQ Travel Fair juga menjadi alasan tersendiri saya tetap meng-keep kartu ini. Alasan mengapa saya tidak meng-upgrade kartu ini menjadi BCA SQ Visa Infinite adalah karena pengajuan kenaikan limit saya selalu ditolak. 

4. DBS Travel Visa Signature

Kartu kredit DBS Travel Visa Signature adalah kartu kredit favorit saya dalam mencari perks di airport. Kartu ini memberikan fasilitas free 2 makanan + 2 minuman di Starbucks bandara yang mana adalah satu-satunya di Indonesia. Dengan fasilitas tersebut, saya sudah pasti akan membawa kartu kredit ini setiap kali pergi ke airport.

Kartu ini juga sering mengadakan program cashback yang menarik sehingga kartu ini juga dapat dipastikan akan awet di dompet saya. Selama kartu kredit ini memberikan airport perk tersebut dan menggratiskan annual fee, saya sudah pasti akan tetap mempertahankan kartu ini.

5. UOB PRVI Miles

Kartu kredit UOB PRVI Miles adalah salah satu kartu kredit yang saya berencana tutup setelah memperoleh CIMB Niaga JCB Ultimate. Kartu ini saya pandang kurang atraktif karena tidak memiliki nilai jual apapun selain double points untuk transaksi dalam mata uang asing dan program akhir tahun-nya yang cukup menarik (UOB Blast of Surprise).

6. BNI Garuda Indonesia Visa Platinum

Kartu kredit BNI Garuda Indonesia Visa Platinum adalah kartu kredit paling oportunis saya. Kartu ini dulunya saya apply untuk memperoleh bonus 50.000 GarudaMiles ketika terdapat promo App-Fly dan kedepannya saya harapkan kartu kredit ini akan bisa mengadakan ‘promo gila’ yang eksklusif khusus untuk kartu ini seperti promo diskon 70% redeem GarudaMiles khusus untuk pemegang kartu kredit BNI Garuda Indonesia.

Jika tidak ada….. well, that’s a goodbye untuk kartu ini karena jujur saja, meskipun saya meng-upgrade kartu ini menjadi versi superiornya yaitu BNI Garuda Indonesia Visa Signature, kartu ini masih kalah menarik jauh dibanding kartu kredit saya lainnya dalam hal pengumpulan GarudaMiles.

Apa pendapat Anda mengenai portofolio kartu kredit saya?