Seri post kali ini akan menjadi trip report pertama saya sejak bergabung dengan PinterPoin. Oleh karena itu, mohon pengertian dan sarannya apabila masih banyak aspek dari review ini yang masih kurang dan bisa ditingkatkan kedepannya. Saya secara pribadi sangat open terhadap segala kritik & masukan yang membangun 🙂 .

Seri post ini akan memuat setidaknya 12 bagian yang mana meliputi review penerbangan, hotel, restoran, dan airport lounge. Berikut adalah urutan kronologis trip report kali ini:

  • Trip Intro: Kunjungan Singkat ke Jewel Changi Airport
  • Lounge Review: Concordia Blue Sky Premium Lounge
  • Flight Review: Garuda Indonesia Economy Class Boeing 737-800 Surabaya – Jakarta
  • Hotel Review: Holiday Inn Express Jakarta Matraman (Updated)
  • Hotel Review: Royal Kuningan Hotel
  • Flight Review: Singapore Airlines Economy Class Boeing 777-300 Jakarta – Singapura
  • Hotel Review: Atlantis Pods @Little India
  • Impresi: Jewel Changi Airport
  • Hotel Review: Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada
  • Lounge Review: Garuda Indonesia Executive Lounge Terminal 3 Domestik Soekarno-Hatta
  • Flight Review: Garuda Indonesia Business Class Boeing 737-800 Jakarta – Surabaya
  • Penutup: Apa Yang Saya Pelajari Dari Trip Kali ini

Latar Belakang

Tujuan saya pergi ke Jakarta dan Singapura kali ini adalah berbisnis, berwisata, dan bereksperimen. Apabila Anda belum tahu profesi saya, saya adalah seorang trader saham IPO sekaligus investor saham. Beberapa saham hanya bisa dipesan (semacam di pre-order/PO) di Jakarta dan oleh karena itulah saya berkunjung ke Jakarta.

Kebetulan terdapat juga Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) yang saya ingin ikuti yaitu RUPS dari Bank OCBC NISP.

Pada rapat tersebut, saya akan bisa menanyakan kejelasan welcome bonus dari Kartu Kredit OCBC NISP Voyage yang sudah saya bahas sebelumnya. Banyak pertanyaan dari pembaca yang menanyakan kejelasan program tersebut. Tentunya akan menjadi best interest kita semua untuk mendapat jawaban sejelas dan selengkap mungkin dari pihak terkait.

Salah satu tujuan trip ini adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kartu kredit OCBC NISP Voyage.

Dan selama perjalanan saya di Jakarta, saya akan banyak menginap di IHG untuk mengejar program IHG Accelerate dan juga sekaligus mengejar status IHG Gold Elite. Saya juga akan me-review hotel yang paling banyak direkomendasikan pada saya yaitu Royal Kuningan Hotel.

Di Jakarta, saya juga akan menyempatkan waktu untuk bertemu founder dari PinterPoin yaitu Bro Vincent dan juga kontributor lain dari PinterPoin yaitu Bro Eddy. Boleh dikata pertemuan ini semacam meeting akbar karena kami bertiga belum pernah bertemu face-to-face secara bersamaan.

Untuk Singapura, sebenarnya hal tersebut hanya merupakan ‘tambahan’ dari trip saya. Anda mungkin tahu bahwa saya memperoleh spending reward dari kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite berupa tiket PP kelas ekonomi ke Singapura.

Kebetulan beberapa saat lalu saya banyak menulis mengenai minat saya mengunjungi Jewel Changi Airport. Jadilah saya mengunjungi Jewel Changi Airport tersebut pada hari pertama preview tempat tersebut dibuka. Saya tidak sabar menyaksikan indoor waterfall yang diklaim terbesar di dunia 🙂 .

Saya akan menghadiri even preview Jewel Changi Airport

Kebetulan di Singapura saya juga merasa perlu memeriksa beberapa hal yang paling banyak ditanyakan pembaca PinterPoin seperti kurs nilai tukar kartu kredit. Saya akan membandingkan kurs beberapa kartu kredit selama saya berada di Singapura.

Bagaimana Saya Memesan Trip ini?

Untuk penerbangan Surabaya – Jakarta (Ekonomi) dan Jakarta – Surabaya (Bisnis), saya memesan penerbangan menggunakan Garuda Indonesia dengan cara redeem award ticket. Award ticket Garuda yang saya redeem sendiri didiskon 30% menggunakan kode promo ‘BURNOW’ yang berlaku sampai dengan 31 Maret lalu.

Untuk penerbangan Jakarta – Singapura (Ekonomi) dan Singapura – Jakarta (Ekonomi), saya memanfaatkan spending reward dari CIMB Niaga Visa Infinite ketika saya bertransaksi sebesar 15 juta Rupiah dalam mata uang asing pada bulan lalu. Dan di Singapura, saya berharap eksperimen kurs saya akan bisa membuahkan spending reward ke Singapura (lagi). 

Untuk hotel, saya membayar biasa agar saya bisa memanfaatkan promo accelerate dari IHG. Total pengeluaran untuk mengejar status IHG Gold Elite sekaligus memanfaatkan promo accelerate ini adalah sekitar 2,5 juta Rupiah.

Tapi tentunya manfaat (benefit) yang saya peroleh bernilai di atas itu. Dengan memenuhi semua tantangan IHG accelerate, saya berpotensi memperoleh bonus 40.000 Poin IHG (Senilai 3,6 juta Rupiah menurut valuasi PinterPoin).

Sekali lagi, apabila review saya penuh dengan kekurangan atau terkesan kurang bagus, mohon pengertiannya dan akan baik lagi apabila Anda bisa memberikan saran ataupun kritik yang membangun. You know what they say, there’s always first time dan dalam kasus saya, hal tersebut adalah menyusun dan membuat trip report yang bermakna 🙂 .

Salam, Edwin