TripAdvisor adalah salah satu website favorit saya untuk mencari review hotel, restoran, ataupun travel experience. Website ini adalah salah satu travel website paling besar dan paling terkenal di dunia dengan lebih dari 315 juta reviewers dan lebih dari 500 juta review hotel, restoran, atraksi, dan bisnis apapun yang masih berkaitan dengan traveling.

Oleh karena itu, ketika mereka merilis daftar maskapai terbaik di dunia berdasarkan rating penggunanya, maka saya tentunya sangat penasaran.

Dan persis seperti dugaan saya….. Singapore Airlines kembali menjadi nomor 1 top airline di dunia versi TripAdvisor. Nothing surprising. Ini adalah kali kedua Singapore Airlines meraih peringkat pertama penghargaan top airline dari website ini. Berikut adalah daftar jawaranya:

  1. Singapore Airlines
  2. Qatar Airways
  3. EVA Air
  4. Emirates
  5. Japan Airlines (JAL)
  6. Southwest Airlines
  7. Azul
  8. Air New Zealand
  9. Jet2.com
  10. All Nippon Airways (ANA)

Singapore Airlines dinobatkan menjadi maskapai terbaik di dunia versi TripAdvisor. Foto: PinterPoin.

Penutup

Sekilas, apabila dibandingkan dengan top 10 airline in the world versi Skytrax, terdapat beberapa maskapai yang muncul di kedua daftar tersebut yakni Singapore Airlines, Emirates, Qatar Airways, All Nippon Airways (ANA), dan EVA Air. Jadi, bisa kita asumsikan bahwa maskapai yang terdapat di kedua daftar tersebut adalah maskapai yang benar-benar bagus.

Menariknya, Singapore Airlines dan Qatar Airways juga sama-sama menempati posisi pertama dan kedua di kedua website tersebut. Boleh dikata bahwa kedua maskapai tersebut merupakan raja dan ratu dari berbagai maskapai di dunia saat ini.

Yang saya tidak sangka adalah rating Southwest Airlines yang berada diatas All Nippon Airways (ANA). Maskapai Amerika seringkali terkenal dengan pelayanan yang kurang baik sehingga ketika saya membaca dan mengetahui bahwa Southwest Airlines berada di atas ANA, saya sedikit tertegun tidak percaya.

Dan maskapai nasional kita yaitu Garuda Indonesia sekali lagi gagal menempati top 10 airline in the world versi TripAdvisor ini. Padahal di tahun 2017 lalu, mereka berhasil menempati posisi ke-10. Mungkin hal ini bisa memacu pihak manajemen Garuda Indonesia untuk terus melayani lebih baik kedepannya agar kelak suatu hari bisa masuk daftar ini lagi 🙂 .

Apa pendapat Anda mengenai top 10 airline in the world versi TripAdvisor ini?