Baca juga: Nikmati Free WiFi Pada Rute Penerbangan Citilink Ini


Kelihatannya Anda harus menunggu lebih lama untuk bisa menikmati layanan WiFi gratis di maskapai Citilink. Mengutip dari kontan.co.id, Citilink hanya menargetkan memasang layanan WiFi di 8 unit pesawat saja tahun ini.

Target tersebut merupakan penurunan dari target awal Citilink untuk memasang WiFi gratis di 19 unit di tahun 2019 ini.  Penurunan target tersebut dilakukan karena Citilink perlu menyesuaikan jadwal maintenance pesawat.

Perlu Anda ketahui, saat ini hanya baru satu unit pesawat A320 dari Citilink yang memiliki layanan WiFi gratis. Pesawat tersebut melayani rute Jakarta – Denpasar, Jakarta – Medan, Jakarta – Balikpapan, dan Jakarta – Batam dengan model operasional point to point.

Citilink sendiri menargetkan akan memasang WiFi gratis di 50 unit pesawat Airbus A320 sampai pada tahun 2020 mendatang.

Penutup

Jujur saja, saya tidak merasa yakin bahwa Citilink akan mampu memasang WiFi gratis di seluruh armadanya pada tahun 2020 mendatang.

Jika tahun ini mereka hanya menargetkan untuk memasang layanan WiFi gratis di 8 unit, maka berarti tahun depan mereka harus memasang layanan WiFi di 42 unit pesawatnya!

Saya tidak bisa membayangkan seberapa banyak jadwal maintenance yang harus mereka ubah untuk bisa memasang hardware WiFi ini. Realistis-nya, saya memproyeksi bahwa layanan ini baru akan benar-benar bisa Anda nikmati di seluruh armada Citilink pada tahun 2021/2022 mendatang.

Meskipun begitu, saya mengapresiasi langkah Citilink untuk memasang WiFi di armada pesawat A320-nya. Jarang sekali ditemukan maskapai yang mau memberikan fasilitas WiFi gratis di penerbangan mereka, terutama untuk maskapai berjenis Low-Cost-Carrier (LCC).

Menurut Anda, apakah target terpasangnya WiFi pada 50 pesawat Citilink di tahun 2020 masih realistis?