British Airways dalam beberapa tahun terakhir seringkali menjadi bahan olok-olok Avgeek & blogger poin/miles. Salah satu gelar bagi British Airways yang paling terkenal adalah first class British Airways yang dianggap sebagai business class terbaik di dunia.

Sekali lagi, Anda membaca dengan benar, first class British Airways dianggap sebagai business class terbaik dunia! 😉

Namun, cemooh-cemooh tersebut sebentar lagi akan menjadi masa lalu karena British Airways telah resmi memperkenalkan produk business class terbarunya dengan pintu!

Produk terbaru ini dinamakan Club Suite yang menggunakan jenis kursi reverse herringbone dengan tambahan pintu. British Airways akan menjadi maskapai ke-3 di dunia setelah Delta (Delta One Suites) dan Qatar Airways (Qsuites) yang menggunakan pintu di business class.

Berikut adalah foto-foto resmi Club Suite dilansir dari British Airways:

Bagi Anda yang tertarik untuk menonton videonya:

Fitur Club Suite British Airways

Kursi yang berbasis reverse herringbone ini akan menawarkan akses langsung dari aisle ke tiap kursi dengan konfigurasi 1 – 2 – 1. British Airways akan menjadi maskapai pertama di dunia yang menggunakan pintu pada kursi jenis tersebut.

Dilansir dari British Airways, kursi ini akan memiliki storage sebesar 40% lebih banyak dengan fitur-fitur seperti colokan listrik & USB, WiFi, in-flight entertainment dengan layar sebesar 18,5 inci.

Kapan produk ini akan tersedia untuk Anda coba?

Kursi business class baru ini akan digunakan terlebih dahulu pada pesawat A350-1000 yang sedang dipesan dan akan diantarkan kepada British Airways pada pertengahan 2019. Nantinya, akan terdapat 56 kursi Club Suite pada pesawat A350-1000.

Pesawat A350-1000 British Airways. Kredit: Simple Flying.

Rencananya, British Airways akan mulai mengoperasikan pesawat baru A350-1000 pada tanggal 1 Juli 2019 di rute London – Madrid untuk keperluan pelatihan kru sebelum penerbangan jarak jauh.

Setelah itu, pesawat A350-1000 ini akan memulai penerbangan jarak jauhnya pada tanggal 1 Oktober 2019 dengan rute penerbangan ke Toronto. Dubai kemudian akan menyusul pada tanggal 8 Oktober 2019.

Kedepannya, seluruh pesawat Boeing 787 dan Boeing 777 milik British Airways juga akan menggunakan kursi Club Suite ini.

Pendapat

Reverse herringbone sendiri sudah merupakan produk business class yang sangat kompeten bagi saya. Dengan penambahan pintu, tentu saja level privasi dari kursi ini akan semakin superior. Saya merasa kursi Club Suite British Airways ini akan bersaing head-to-head dengan Qsuites milik Qatar Airways dan kemungkinan bisa saja menjadi kursi business class terbaik untuk tahun depan.

Menurut saya, British Airways telah berhasil memadukan interior pesawatnya yang elegan dengan kursi terbaru yang menjamin privasi dan kenyamanan penumpang. Saya sendiri jujur sangat tidak sabar untuk segera kembali terbang dengan British Airways, namun tentunya hanya akan saya lakukan jika bisa mencoba kursi baru ini!

Bagaimana pendapat Anda tentang kursi business class terbaru British Airways ini?