Anda belum menggabungkan akun SPG dengan Marriott? Lakukan di link ini!


Selamat datang di panduan lengkap Marriott Bonvoy, sebuah loyalty program yang menaungi 3 grup hotel ternama; Marriott, The Ritz-Carlton, dan Starwood Preferred Guest (SPG).

Secara pribadi, Starwood Preferred Guest (SPG) Marriott Bonvoy adalah salah satu loyalty program hotel favorit saya bersamaan dengan IHG Rewards Club dan Hilton Honors. Saya sendiri memegang keanggotaan Platinum Elite yang “diwariskan” dari SPG.

Artikel ini khusus ditulis untuk membantu Anda mengenal lebih dekat dengan loyalty program perusahaan hotel terbesar di dunia ini.

Bergabung Menjadi Anggota Marriott Bonvoy

Bagi Anda yang belum bergabung menjadi anggota Marriott Bonvoy, Anda bisa memanfaatkan promo khusus anggota baru ini untuk mendapatkan sertifikat menginap 1 malam gratis: Gratis 1 Malam Bagi Anggota Baru Marriott Bonvoy.

Pastikan Anda untuk menggunakan link tersebut agar bisa mendapatkan bonus gratis 1 malam yang dijanjikan.

Anda bisa mendapatkan sertifikat gratis menginap yang bisa digunakan di hotel seperti J.W. Marriott Medan. Kredit: Marriott.

Hotel Anggota Marriott Bonvoy

Marriott resmi menjadi chain hotel terbesar di dunia berkat akuisisi yang dilakukan oleh Marriott terhadap Ritz-Carlton & Starwood Preferred Guest (SPG).

Anda bisa menemukan segala tipe hotel pada program Marriott, mulai dari hotel budget seperti Moxy dan Fairfield hingga hotel high-end seperti St. Regis dan Ritz-Carlton.

Lihat gambar berikut untuk daftar lengkap hotel-hotel yang tergabung dengan Marriott Bonvoy sesuai dengan kategorinya masing-masing:

Mendapat Poin Marriott Bonvoy

Anda bisa mengumpulkan poin Marriott Bonvoy dengan beberapa cara, seperti menginap, membeli poin, menyewa mobil hingga mengadakan acara di hotel.

Sayangnya, tidak ada kartu kredit di Indonesia yang bekerja sama sebagai rekanan transfer dengan Marriott Bonvoy. Sejauh ini, hanya CIMB Niaga (AccorHotels) dan Citibank (IHG Rewards Club) yang memiliki perjanjian kerja sama transfer/pengumpulan poin hotel.

Menginap

Cara ini merupakan cara paling straightforward atau simpel untuk mengumpulkan poin. Anda bisa mendapatkan poin di lebih dari 6.700 hotel dibawah 29 brand hotel yang tergabung dengan Marriott Bonvoy.

Anda akan mendapat 10 poin per qualifying spend sebesar US $1 di hampir seluruh hotel milik Marriott. Brand-brand hotel tertentu memiliki earning rate yang berbeda:

  • Pada brand hotel Element, Residence Inn dan TownePlace Suites, Anda akan mendapatkan 5 poin per qualifying spend sebesar US $1
  • Pada brand hotel Marriott Executive Apartments dan ExecuStay, Anda akan mendapatkan 2.5 poin per qualifying spend sebesar US $1

Perolehan poin akan semakin mudah ketika Anda mencapai tingkatan keanggotaan yang lebih tinggi. Anda akan mendapatkan bonus poin sesuai dengan tingkat keanggotaan Anda. Berikut adalah perinciannya:

  • Silver Elite: 10% Bonus
  • Gold Elite: 25% Bonus
  • Platinum Elite: 50% Bonus
  • Titanium Elite: 75% Bonus
  • Ambassador Elite: 75% Bonus
Mengadakan Acara di Hotel Marriott

Metode ini akan efektif jika Anda sering mengadakan rapat atau acara di hotel. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan poin dari acara pribadi seperti pernikahan, ulang tahun, dsb.

Anda akan mendapatkan 2 poin per US $1 saat mengadakan acara di hotel Marriott.

Bagi Anda yang baru pertama kali akan mengadakan acara di hotel, maka Anda bisa mendapatkan bonsu 10 Elite Qualifying Nights (EQNs) yang akan memberikan Anda status Silver Elite secara instan

Seterusnya, nampaknya cukup sulit untuk mencapai status elite dengan Elite Qualifying Nights (EQNs) karena Anda hanya akan mendapatkan 1 EQNs per 20 malam untuk kamar yang dipesan dengan kategori ini.

Gunakan link ini untuk mencari hotel-hotel yang bisa dijadikan tempat meeting atau acara lainnya. Sayangnya, Anda tidak bisa melihat harga yang ditawarkan secara online, Anda harus memasukkan informasi acara Anda untuk kemudian dihubungi oleh pihak hotel.

Jika Anda sudah memiliki status elite, maka Anda juga akan mendapatkan bonus poin sesuai tingkatan, lihat tabel berikut:

Mendapatkan Poin dengan Partner

Anggota Marriott Bonvoy bisa mendapatkan poin dengan partner seperti Hertz (rental mobil) dan Cruises. Berikut rinciannya:

Hertz

Anda bisa mendapatkan 2.000 poin untuk penyewaan mobil selama 2 hari atau lebih di lokasi yang berpartisipasi di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Mexico, Puerto Rico, Australia, dan Selandia Baru. Selain itu, Anda akan mendapatkan 500 poin per rental 1 hari.

Pastikan Anda memasukkan nomor keanggotaan Marriott Bonvoy Anda pada saat memesan mobil untuk mendapatkan manfaat-manfaat lain seperti unlimited miles dan harga khusus.

CruisesOnly

Anda bisa mendapatkan 6 poin per US $1 saat memesan cruise melalui Marriott & CruisesOnly. Selain itu, Anda juga bisa menukarkan poin Marriott untuk potongan harga saat memesan cruises! Selengkapnya bisa Anda baca di bawah.

Membeli Poin Marriott Bonvoy

Anda bisa membeli poin Marriott Bonvoy melalui penyedia layanan Points.com (yang juga menjual poin Alaska, Hilton, dll).

Saya sarankan Anda untuk membeli poin Marriott saat sedang diadakan promo bonus poin saja. Kecuali jika Anda sedang dalam keadaan terdesak untuk menukarkan poin Marriott.

Harga efektif yang ditawarkan adalah US $12.50 per 1.000 poin. Artinya, Anda akan membeli poin dengan harga Rp 177 / 1 poin.

Saya pribadi memvaluasi poin Marriott sebesar Rp 135 / 1 poin. Harga tersebut merupakan harga maksimal yang akan saya bayar untuk membeli 1 poin Marriott.

 

Menggunakan Poin Marriott Bonvoy

Terdapat beragam cara untuk menggunakan poin Marriott Bonvoy, seperti Reward Nights, transfer miles ke frequent flyer program pilihan, Marriott Moments, membeli gift card, dan masih banyak lagi.

Reward Nights

Menukarkan poin untuk menginap di hotel-hotel Marriott adalah cara paling umum yang dilakukan oleh kebanyakan orang.

Marriott Bonvoy akan menerapkan beberapa hal baru untuk Reward Nights mulai tanggal 5 Maret 2019. Beberapa perubahan yang akan dilakukan termasuk:

  • Menerapkan sistem harga Off Peak & Peak 
  • Memperkenalkan kategori 8 sebagai yang tertinggi dengan jumlah standar 85.000 poin per malam
  • Fifth Night Free, saat Anda memesan reward nights untuk 5 malam berturut-turut, maka malam ke 5 akan digratiskan. Oleh karena itu, jangan pernah hanya memesan 4 malam mengetahui jika Anda bisa mendapatkan malam ke 5 secara cuma-cuma!
  • Points Advance, Anda bisa memesan kamar tanpa harus memiliki jumlah poin yang dibutuhkan. Batas waktu maksimal adalah 14 hari sebelum tanggal menginap, Anda harus sudah memiliki poin yang dibutuhkan tersebut atau pemesanan kamar Anda akan dibatalkan.

Berikut adalah tabel penukaran poin terbaru yang resmi akan berlaku pada tanggal 5 Maret 2019:

Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan link ini untuk mencari tahu harga reward nights di hotel yang Anda inginkan.

Untuk menggunakan poin, Anda hanya perlu mencentang “Use Points” saat akan mencari hotel.

Website Marriott akan menampilkan jumlah poin yang dibutuhkan per malam bersamaan dengan harga efektif jika Anda memilih memesan dengan uang.

Tambahan: Marriott terkadang akan mengadakan promo PointSavers dimana Anda bisa memesan Reward Nights dengan harga diskon (maksimum 5.000 poin per malam). Pastikan Anda mengikuti PinterPoin agar tidak ketinggalan berita lengkap seputar loyalty program!

Cash + Points

Jika Anda tidak memiliki poin yang dibutuhkan untuk Reward Nights, maka Anda bisa menggunakan opsi Cash + Points dengan detil sebagai berikut:

Hotel & Air Package

Ini merupakan salah satu fitur yang menarik jika Anda memiliki tabungan poin Marriott yang melimpah. Fitur ini bisa mendatangkan Anda valuasi poin yang baik jika dimanfaatkan dengan benar.

Anda bisa menukarkan poin Marriott Anda menjadi airline miles + sertifikat menginap selama 7 malam di hotel pilihan Anda.

Berikut adalah contoh perbandingan penukaran 750.000 poin Marriott secara normal v.s. melalui Hotel & Air Package:

  • Cara normal: 310.000 KrisFlyer miles (setelah memfaktorkan bonus 5.000 miles per 60.000 poin yang ditransfer)
  • Hotel & Air Package: 100.000 KrisFlyer miles + 7 malam menginap di hotel kategori 8 manapun yang dihargai 85.000 poin standar per malam (worth total 595.000 poin!)

Anda bisa menggunakan gratis menginap tersebut untuk menginap di hotel-hotel paling mewah milik Marriott seperti St. Regis Maldives dan Ritz-Carlton Tokyo selama 7 malam berturut-turut!

Namun, Anda harus melakukan perbandingan sendiri sebelum menukarkan poin Anda agar bisa memaksimalkan valuasi dari poin Marriott Anda.

Tip: Khusus untuk United MileagePlus, Anda akan mendapatkan bonus 10% miles (3:1.1)

Transfer Poin ke Airlines

Metode ini merupakan favorit saya dalam menggunakan poin SPG Marriott Bonvoy. Saya pribadi merasa penggunaan poin untuk Reward Nights hanya menguntungkan di properti tertentu (dan pada periode tertentu) seperti contohnya: Al Maha Dubai dan St. Regis Maldives.

Marriott Bonvoy mengadopsi skema bonus transfer miles yang dilakukan oleh Starwood Preferred Guest (SPG.)

Sebelumnya di SPG, setiap kali Anda mentransfer 20.000 Starpoints, Anda akan mendapatkan bonus 5.000 miles maskapai pilihan Anda. Pada program Marriott saat ini, skema tersebut masih diterapkan sama persis. Hanya saja, poin SPG telah dikonversi dengan rasio 1:3 menjadi poin Marriott.

Jika sebelumnya Anda mempunyai 10.000 poin dengan SPG, maka poin Anda akan menjadi 30.000 dibawah Marriott saat ini.

Contoh bonus miles: 60.000 poin Marriott Bonvoy ditransfer ke KrisFlyer, Anda akan mendapatkan 20.000 + bonus 5.000 KrisFlyer miles.

Klik disini untuk melihat daftar lengkap frequent flyer program yang bekerja sama dengan Marriott Bonvoy.

Catatan: Terdapat beberapa frequent flyer program yang memiliki rasio transfer yang berbeda seperti Air New Zealand Airpoints (200:1), JetBlue TrueBlue (6:1), dan United MileagePlus (3:1.1).

Marriott Moments

Anggota Marriott bisa menukarkan poin untuk acara atau pengalaman yang tidak terlupakan seperti tiket VIP ke konser, meet & greet dengan artis, hingga menjadi bagian dari pertandingan sepak bola dengan Manchester United!

Anda bisa langsung menuju ke laman ini untuk melihat penawaran yang sedang berlangsung. Mungkin saja Anda bisa mendapatkan pengalaman tidak terlupakan dengan poin Marriott Anda!

 

Tingkatan Keanggotaan

Marriott Bonvoy kini mempunyai 6 tingkatan keanggotaan dikarenakan sebelumnya Marriott, Ritz-Carlton, dan SPG memiliki skema tingkatan keanggotaan yang berbeda-beda.

Berikut adalah tingkatan keanggotaan & manfaatnya:

Member

Tingkatan keanggotaan awal yang secara otomatis akan didapatkan oleh anggota baru. Berikut manfaat dari tingkat keanggotaan ini:

  • Complimentary in-room internet access
  • Akses ke harga khusus anggota
  • Fasilitas check-in mobile
Silver Elite

Didapatkan setelah Anda berhasil menyelesaikan persyaratan menginap 10 malam dalam setahun. Berikut manfaat dari tingkat keanggotaan ini:

  • Seluruh manfaat dari tingkatan keanggotaan sebelumnya
  • Layanan reservasi khusus anggota elite
  • Ultimate Reservation Guarantee*¹
  • 10% bonus poin dari penginapan berbayar
  • Late checkout*
Gold Elite

Didapatkan setelah Anda berhasil menyelesaikan persyaratan menginap 25 malam dalam setahun. Berikut manfaat dari tingkat keanggotaan ini:

  • Seluruh manfaat dari tingkatan keanggotaan sebelumnya
  • 25% bonus poin dari penginapan berbayar
  • Late checkout hingga jam 2 siang*
  • Welcome gift berupa poin
  • Upgrade kamar*
Platinum Elite

Didapatkan setelah Anda berhasil menyelesaikan persyaratan menginap 50 malam dalam setahun. Berikut manfaat dari tingkat keanggotaan ini:

  • Seluruh manfaat dari tingkatan keanggotaan sebelumnya
  • 50% bonus poin dari penginapan berbayar
  • Confirmed late checkout hingga jam 4 siang
  • Pilihan welcome gift berupa poin, gratis breakfast, atau amenity*
  • Upgrade kamar hingga ke tingkat Suites
  • Akses lounge
  • Jaminan mendapatkan tipe kamar yang dipesan
  • Annual Choice Benefit berupa 5 Suite Night Awards atau hadiah lain ketika Anda berhasil mencapai 50 malam untuk tahun selanjutnya
Titanium Elite

Didapatkan setelah Anda berhasil menyelesaikan persyaratan menginap 75 malam dalam setahun. Berikut manfaat dari tingkat keanggotaan ini:

  • Seluruh manfaat dari tingkatan keanggotaan sebelumnya
  • 75% bonus poin dari penginapan berbayar
  • Annual Choice Benefit berupa 5 Suite Night Awards™ atau hadiah lain ketika Anda berhasil mencapai 75 malam untuk tahun selanjutnya
  • 48-Hour Guarantee*²
Ambassador Elite

Didapatkan setelah Anda berhasil menyelesaikan persyaratan menginap 100 malam dan telah menghabiskan US $20.000 pada qualifying spend dalam setahun. Berikut manfaat dari tingkat keanggotaan ini:

  • Seluruh manfaat dari tingkatan keanggotaan sebelumnya
  • 75% bonus poin dari penginapan berbayar
  • Ambassador Service, Anda akan dipasangkan dengan seorang agen concierge khusus yang akan tersedia 24/7 untuk Anda
  • Your24™, Anda bebas menentukan jam check-in dan check-out sesuai kebutuhan Anda

 

Lifetime Status

Anggota yang berhasil memperoleh lifetime status akan mendapat manfaat member elite untuk seumur hidup & poin yang tidak akan kadaluwarsa. Anda bisa menjadi member elite selamanya ketika Anda berhasil memenuhi persyaratan berikut:

Lifetime Silver Elite

Anda akan menjadi member Silver Elite seumur hidup ketika Anda sudah menginap sebanyak 250 malam di hotel Marriott & memegang status Silver Elite selama 5 tahun (tidak wajib berturut-turut).

Lifetime Gold Elite

Anda akan menjadi member Gold Elite seumur hidup ketika Anda sudah menginap sebanyak 400 malam di hotel Marriott & memegang status Gold Elite atau status yang lebih tinggi selama 7 tahun (tidak wajib berturut-turut).

Lifetime Platinum Elite

Anda akan menjadi member Platinum Elite seumur hidup ketika Anda sudah menginap sebanyak 600 malam di hotel Marriott & memegang status Platinum Elite atau status yang lebih tinggi selama 10 tahun (tidak wajib berturut-turut).

* Tergantung availability/ketersediaan

*¹ Ultimate Reservation Guarantee

Jika hotel gagal mengakomodasi Anda (misalnya: kamar hotel penuh), maka Anda akan dicarikan hotel alternatif yang di area yang sama & Anda akan dikompensasi. Kompensasi yang diberikan akan variatif tergantung pada brand hotel. Klik disini untuk melihat kompensasi yang akan diberikan.

*² 48-Hour Guarantee

Khusus anggota Titanium Elite dan Ambassador Elite. Anda dijamin akan mendapatkan kamar jika memesan kamar minimal 48 jam sebelum tanggal ketibaan. Fasilitas ini tidak berlaku di Resorts, Marriott Vacation Club, hotel Vistana yang berpartisipasi, dan Design Hotels. Fasilitas ini mungkin tidak berlaku pada hari tertentu atau special events. Klik disini untuk melihat kompensasi yang akan diberikan.

 

Penutup

Marriott hingga saat ini masih menyempurnakan proses integrasi dengan Ritz-Carlton dan Starwood Preferred Guest (SPG). Sistem Marriott diketahui mengalami banyak kendala yang dikeluhkan oleh banyak pihak seperti:

  • Banyak hotel yang tidak memberikan benefit untuk member elite
  • Poin dan elite nights tidak terposting sewajarnya
  • Respon dari customer service yang sangat lambat (bahkan ada yang memakan waktu hingga 3 minggu!)
  • Transfer poin ke airlines memakan waktu yang lama & adanya kesalahan penghitungan
  • Dan masih banyak lagi

Namun, menurut pengamatan saya, sistem Marriott Bonvoy secara perlahan tapi pasti sudah semakin disempurnakan.

Ingat, bagi Anda yang belum bergabung menjadi anggota Marriott Bonvoy, Anda bisa memanfaatkan sertifikat menginap 1 malam gratis khusus anggota baru. Baca artikel berikut: Gratis 1 Malam Bagi Anggota Baru Marriott Bonvoy.

Apakah anda sudah menjadi anggota dari Marriott Bonvoy? Apa loyalty program hotel favorit anda?