Hanya sedikit maskapai Asia Tenggara yang memiliki penerbangan langsung ke Amerika Serikat. Sampai saat ini hanya Singapore Airlines dan Philippine Airlines yang memiliki rute penerbangan ke Amerika Serikat.

Tampilan kursi kelas bisnis A350-900 ULR Singapore Airlines yang beroperasi untuk rute Singapura – New York. Kredit: Singapore Airlines.

Sekarang ini tidak ada satupun penerbangan nonstop dari Vietnam ke Amerika dan sebaliknya. Orang-orang yang berkunjung ke Vietnam dari Amerika atau sebaliknya harus memilih penerbangan transit ke negara lain terlebih dahulu.

Oleh karena itu, maskapai-maskapai asal Vietnam seperti Vietnam Airlines dan Bamboo Airways berkeinginan untuk membuka rute ke Amerika Serikat dalam beberapa tahun ke depan.

Vietnam mendapatkan predikat Category 1 dari FAA

Salah satu syarat untuk bisa terbang ke Amerika adalah mendapatkan predikat Category 1 dari Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat.

Di lansir dari The Asahi Shimbun, Vietnam telah mendapatkan predikat Category 1 dari FAA baru-baru ini. Yang artinya maskapai-maskapai asal Vietnam telah diizinkan untuk terbang ke Amerika Serikat.

Mendapatkan predikat Category 1 dari FAA artinya negara Vietnam telah memenuhi standar lisensi, operasional dan standar lainnya untuk terbang ke Amerika Serikat.

Vietnam Airlines menerima armada Airbus tipe A350 pertama nya pada tahun 2015. Kredit: Skift.

Maskapai nasional Vietnam Airlines memiliki armada Airbus tipe A350 dan Boeing tipe B787 yang layak untuk terbang dari Vietnam ke pesisir barat Amerika Serikat.

Sebelumnya pihak Vietnam Airlines juga pernah mengatakan bahwa mereka berencana untuk membuka rute Vietnam – Amerika pada akhir tahun 2019.

Selain Vietnam Airlines, Bamboo Airways yang baru beroperasi awal tahun 2019 ini juga berencana terbang ke Amerika Serikat.

Boeing 787-9 Bamboo Airways. Kredit: Bamboo Airways.

Bamboo Airways berencana untuk terbang ke beberapa kota di Amerika seperti Seattle, Los Angeles dan San Fransisco. Untuk penerbangan jarak jauh ini, Bamboo Airways telah memesan 20 armada Boeing tipe B787.

Penerbangan Bamboo Airways ke Amerika Serikat rencananya akan di mulai akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021.

Bagaimana dengan maskapai Indonesia?

Sebelum tahun 2007, Indonesia menyandang predikat Category 1 dari FAA dan Garuda Indonesia pernah terbang ke Los Angeles sampai tahun 1997 via Honolulu.

Namun pada tahun 2007, FAA menurunkan predikat Indonesia dari Category 1 menjadi Category 2 yang membuat maskapai Indonesia tidak di perbolehkan terbang ke Amerika Serikat.

Pada bulan Agustus 2016, Indonesia telah mendapatkan kembali predikat Category 1 dari FAA. Namun sampai saat ini, belum ada maskapai asal Indonesia yang terbang ke Amerika Serikat.

First Class Garuda Indonesia yang hanya ada di 2 armada Boeing tipe B777-300ER. Kredit: Garuda Indonesia.

Di tahun 2018, Garuda Indonesia pernah mengatakan bahwa pihak Garuda sedang mengupayakan untuk membuka kembali rute Jakarta – Los Angeles yang di rencanakan akan terealisasi pada tahun 2019 ini.

Penutup

Jika maskapai Vietnam membuka rute langsung ke Amerika Serikat, ini akan menambah pilihan maskapai untuk terbang dari Indonesia ke Amerika via Vietnam. Saya tidak yakin rute ini akan populer mengingat telah banyak maskapai seperti Singapore Airlines, Cathay Pacific, Qatar, dll, yang terbang ke Amerika juga.

Namun bagi para pebisnis di Vietnam, rute ini mungkin akan menjadi pilihan utama karena mereka tidak perlu transit ke negara lain yang akan memperpanjang perjalanan mereka.

Apakah Anda setuju jika maskapai Vietnam atau Indonesia membuka rute penerbangan nonstop ke Amerika?