Dikutip dari Reuters, Garuda Indonesia tengah mejajaki kemungkinan kerja sama dengan GO-JEK untuk memperkuat distribusi logistik di Indonesia. Kesepakatan diharapkan akan rampung dalam beberapa bulan ke depan.

Garuda Indonesia dikabarkan akan menjalin kerja sama logistik dengan GO-JEK. Foto: GO-JEK Indonesia.

Askhara said Garuda was developing a new technology relating to e-commerce and logistics. The partnership would enable goods ordered via Go-Jek’s app in one city in Indonesia to be delivered in another using Garuda’s fleet, he said. The CEO did not provide more details.

Jika terealisasi, kerja sama ini akan memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang ke seluruh pulau di Indonesia melalui aplikasi GO-JEK.

Garuda Indonesia seperti diketahui memang sedang dalam tahap mengembangkan teknologi baru untuk bisa lebih bersaing di area e-commerce dan logistik.

Pendapat

Di benak saya, jika memang kerja sama ini akan terjadi, maka skema pengiriman yang terpikirkan oleh saya adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan di kota asal memesan layanan GO-SEND
  • Driver GO-SEND datang untuk mengambil barang
  • Barang kemudian diantar ke terminal kargo Garuda Indonesia
  • Barang kemudian diterbangkan oleh Garuda Indonesia ke kota tujuan
  • Setibanya di kota tujuan, barang akan disortir oleh Garuda Indonesia kemudian di salurkan kepada driver GO-SEND
  • Driver GO-SEND mengantar ke alamat tujuan

Jika memang benar mekanisme pengiriman akan seperti di atas, maka sebenarnya skema tersebut tidak jauh berbeda dengan perusahaan logistik lainnya.

Bahkan, cukup banyak agen-agen perusahaan logistik ternama yang menawarkan jasa gratis jemput barang hingga ke rumah.

Menurut saya, permasalahan utama yang akan dihadapi oleh Garuda Indonesia dan GO-JEK adalah persaingan harga yang sangat kompetitif dalam bisnis logistik. Kedua perusahaan ini harus menghadirkan sesuatu yang lebih agar dapat menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa pengiriman ini.

Saya berharap kerja sama ini akan dapat meningkatkan pendapatan Garuda Indonesia agar dapat keluar dari masalah finansial yang diderita sejak lama.

Bagaimana pendapat Anda tentang kemungkinan kerja sama ini?