Berita & Promo

RESMI: SilkAir Memilih Thompson Vantage Untuk Kursi Business Class Baru

Kursi business class flydubai. Kredit: Business Traveller.

Artikel sebelumnya: SilkAir Akan Bersatu Dengan Singapore Airlines & Mendapatkan Kursi Lie-flat di Business Class


Singapore Airlines & SilkAir mengumumkan telah resmi memilih Thompson Aero Seating sebagai penyedia kursi business class terbaru untuk pesawat Boeing 737 MAX 8.

Penggantian kursi business class pertama dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Mei 2020. Saat ini, SilkAir mempunyai 5 unit pesawat Boeing 737 MAX 8 dengan 32 pesawat masih dalam proses pemesanan.

Kursi business class flydubai. Foto: Business Traveller.

Nantinya, seluruh 37 pesawat Boeing 737 MAX 8 SilkAir akan menggunakan konfigurasi kursi baru ini dan kemudian ditransfer ke Singapore Airlines.

SilkAir tidak akan mengaplikasikan kursi terbaru ini pada armada Boeing 737-800 dan Airbus A320s-nya karena kedua armada tersebut kelak akan dipensiunkan atau dipindahkan ke Scoot.

Kemungkinan besar, saya masih memprediksi bahwa Singapore Airlines & SilkAir akan memilih kursi jenis Vantage Single Aisle seperti yang digunakan oleh maskapai jetBlue, flydubai, dan Aer Lingus.

Kabin business class flydubai yang menggunakan kursi Thompson Vantage Single Aisle. Kredit: flydubai.

Konfigurasi kursi ini cukup digemari oleh banyak orang karena adanya “Throne Seat” yang menawarkan privasi lebih kepada penumpang yang terbang sendirian.

Aer Lingus OMAAT

Throne Seat” di pesawat A330 milik Aer Lingus. Kredit Gambar: One Mile at a Time.

Saya pribadi cukup menyukai konfigurasi kursi ini karena cocok bagi penumpang yang terbang sendirian maupun dengan pasangan.

Kemungkinan besar, SilkAir/Singapore Airlines hanya akan menyediakan 10 kursi saja di business class terbaru. Artinya, hanya akan terdapat 2 throne seats yang mungkin hanya bisa didapatkan dengan membayar lebih atau secara gratis untuk anggota elite KrisFlyer/PPS Club.

Berikut adalah ilustrasi seat map untuk business class dengan konfigurasi ThompsonVantage Single Aisle:

Konfigurasi kursi ini menawarkan fleksibilitas bagi Anda yang bepergian sendiri atau dengan pasangan. Kredit: SeatGuru.

Apakah SilkAir akan menggunakan pintu pada business class terbarunya?

Meskipun tidak akan menambah privasi secara signifikan, namun saya pribadi sedikit berharap SilkAir akan menambahkan pintu di tiap throne seat-nya seperti yang dilakukan oleh jetBlue.

Penggunaan pintu pada throne seat jetBlue Mint. Kredit: TheDesignAir.

Mint (sebutan untuk business class jetBlue) seringkali dianggap sebagai produk business class terbaik untuk penerbangan domestik di Amerika Serikat.

Bagaimana dengan Economy Class?

Sebagai bagian dari perombakan kabin, SilkAir akan menambahkan in-flight entertainment di kabin business & economy class. Hal ini dilakukan untuk menyediakan pelayanan yang konsisten pada penerbangan SilkAir Singapore Airlines.

Penutup

Perubahan ini saya pandang sangat positif bagi penumpang yang “secara terpaksa” harus terbang dengan SilkAir. Saya pribadi selama ini selalu menghindari untuk terbang dengan SilkAir karena harga tiket/miles yang setara dengan Singapore Airlines.

Seperti yang sudah diberitakan, pada akhir tahun 2020 nanti, SilkAir akan bergabung dengan Singapore Airlines. Investasi sebesar 100 juta dolar yang dilakukan oleh Singapore Airlines tentunya bertujuan untuk menyediakan pelayanan yang konsisten di tiap armadanya.

Saya pribadi sangat tidak sabar untuk melihat livery Singapore Airlines kembali ke pesawat Boeing 737!

Apakah Anda tertarik untuk mencoba terbang di kabin business class terbaru SilkAir?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: