Baca juga: Panduan Lengkap GarudaMiles, Frequent Flyer Program Garuda Indonesia

Baca juga: Garuda Group Festival 2019: Diskon Hingga 70% Penukaran GarudaMiles & Tiket Pesawat


Beberapa hari belakangan ini, banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk memanfaatkan diskon penukaran GarudaMiles hingga 70% dalam rangka merayakan HUT ke-70 Garuda Indonesia.

Mungkin banyak juga dari anda yang tertarik untuk memanfaatkan diskon hingga 70% penukaran GarudaMiles tetapi tidak mengerti mekanismenya atau bahkan tidak memiliki akun GarudaMiles.

Sebenarnya, terdapat banyak sekali cara untuk mendapatkan poin dan miles tanpa harus terbang. Ya anda membaca dengan benar, anda tidak harus sering terbang untuk bisa mengumpulkan miles.

Kali ini, saya ingin membagikan sebuah solusi instan yang bisa membantu anda menghemat jutaan hingga puluhan juta untuk tiket business/first class Garuda Indonesia.

Membeli GarudaMiles (Secara Resmi)

Garuda Indonesia menyediakan fasilitas pembelian GarudaMiles dengan harga Rp 275.000 atau US$ 30 per 1.000 GarudaMiles.

Pembelian miles harus dilakukan di kantor Garuda Indonesia terdekat. Anda bisa mengunduh formulir pembelian disini dan kemudian dibawa ke kantor.

Penting: Anda hanya bisa membeli maksimum sebanyak 50.000 miles per tahun per akun.

Secara pribadi, harga maksimal yang akan saya bayar untuk membeli GarudaMiles adalah Rp 165 / 1 GarudaMiles. 

Umumnya, saya hanya menyarankan anda untuk membeli miles pada saat anda mengalami sedikit kekurangan miles untuk ditukarkan. Namun, terdapat pengecualian seperti misalnya promo diskon hingga 70% penukaran GarudaMiles.

Dapatkan diskon penukaran GarudaMiles hingga 70% pada perayaan HUT ke-70 Garuda Indonesia! Kredit: Garuda Indonesia.

Contoh Penghematan

Berikut contoh ilustrasi perbandingan membeli tiket business class Garuda Indonesia Jakarta – Tokyo menggunakan uang v.s. GarudaMiles:

Harga termurah yang bisa ditemukan untuk business class sekali jalan Jakarta – Tokyo adalah Rp 14.019.200 per orang.

Sedangkan menggunakan GarudaMiles pada promo diskon 70% saat ini anda akan memerlukan 63.000 18.900 GarudaMiles dan pajak/biaya sebesar Rp 938.200.

Mengasumsikan anda akan membeli GarudaMiles, maka total biaya yang anda keluarkan untuk 19.000 GarudaMiles (pembelian harus pecahan 1.000 miles) adalah Rp 5.225.000.

Total, biaya yang anda keluarkan untuk tiket business class Garuda Indonesia ke Tokyo sekali jalan menggunakan GarudaMiles yang anda beli adalah Rp 6.163.200 per orang.

Dengan membeli GarudaMiles, maka anda akan menghemat uang sebesar Rp 7.856.000 untuk tiket yang sama!

Tentunya anda berpeluang untuk menghemat uang lebih banyak ketika anda memesan penerbangan seperti first class ke Tokyo atau business class ke Amsterdam/London.

Metode ini tergolong masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang dan hanya worth it untuk dilakukan pada periode tertentu saja.

Sarapan di business class Garuda Indonesia.

Membeli GarudaMiles atau Miles FFP Lain Melalui Broker (Peringatan)

Semenjak memulai PinterPoin, saya menerima banyak sekali pertanyaan dari pembaca tentang membeli miles secara tidak resmi dari broker.

Selamat malam Pak Vincent,

Harusnya pak Vincent pernah dengar tentang mileage broker seperti themileagecl**.com atau thepointstrad**.com.
Bagaimana pendapat bapak mengenai mikeage broker? Apakah mereka benar2 legit?
Terima kasih.

Seringkali, anda bisa menemukan penjual yang menawarkan GarudaMiles atau KrisFlyer miles dengan harga berkisar dari Rp 100 – 150 per 1 mile. Menariknya, banyak penjual miles atau broker yang beroperasi sebagai legitimate business. 

Artinya anda memang benar-benar akan mendapatkan miles tersebut setelah membayar. Namun tidak tertutup kemungkinan anda juga bisa tertipu.

Sekilas, memang harga yang ditawarkan sangat menggiurkan mengingat Garuda Indonesia sendiri menjual miles secara resmi dengan harga Rp 275 / 1 GarudaMiles.

Halo Pinterpoin,

Saya ingin menanyakan apakah membeli miles dari penjual di To**ped**.com itu melanggar hukum atau tidak? Thx!

Secara hukum, memperjualbelikan miles tidak melanggar pasal apapun, namun praktik tersebut DILARANG oleh kebanyakan maskapai penerbangan.

Singapore Airlines secara eksplisit melarang aktivitas jual beli miles!

Setiap maskapai memiliki metode pelacakan atau fraud department khusus yang memonitor akun yang mencurigakan atau dianggap berpotensi memperjualbelikan miles.

Jika ketahuan, ada kemungkinan akun frequent flyer anda akan dibekukan, tiket anda dibatalkan, miles anda dihanguskan dan anda akan dilarang untuk membuka akun baru.

Mengingat banyak dari anda yang menanyakan hal ini, jika anda memang ingin membeli miles melalui broker, tentunya itu merupakan hak anda. Namun saya sarankan untuk sebisa mungkin menghindari praktik seperti itu.

Anda bisa membaca artikel menarik dalam bahasa Inggris yang ditulis oleh Aaron dari MileLion.com 3 tahun lalu tentang pengalamannya membeli miles melalui broker. Aaron secara intensional membuat akun KrisFlyer palsu dan mencoba membeli miles dari broker.

Penutup

Membeli GarudaMiles bisa sangat menguntungkan pada kondisi tertentu, contohnya saat diadakan diskon penukaran GarudaMiles.

Kekurangannya adalah anda harus sedikit repot dengan mendatangi kantor penjualan Garuda Indonesia secara langsung untuk dapat membeli miles. Namun, bagi saya itu sangat worth it jika anda bisa menghemat jutaan hingga puluhan juta Rupiah.

Akankah anda membeli GarudaMiles?