Maskapai full service biasanya memberikan beberapa fasilitas untuk para penumpangnya, salah satu contohnya adalah fasilitas bagasi gratis. Emirates merupakan salah satu maskapai full service yang melayani rute Jakarta/Denpasar ke destinasi lainnya via Dubai.

Jika anda berencana untuk terbang dengan Emirates, anda harus berhati-hati dalam membawa bagasi karena Emirates akan menurunkan kuota bagasi. Di lansir dari One Mile at a Time, mulai dari 4 Februari 2019, Emirates akan menurunkan kuota bagasi untuk beberapa penumpang kelas ekonomi.

Emirates A380. Kredit: Ikhwan Hidayat.

Kuota bagasi Emirates yang baru (semua rute kecuali rute dari/ke Amerika)

Emirates memiliki 4 tipe kelas ekonomi, yaitu Economy Special, Economy Saver, Economy Flex dan Economy Flex Plus. Untuk harga yang paling murah, biasanya tipe kelas ekonomi anda adalah Economy Special atau Economy Saver.

Kuota bagasi sebesar 5 kg akan di turunkan untuk penumpang Economy Special dan Economy Saver.

Lihat tabel dibawah untuk perubahan kuota bagasi:

Syarat dan ketentuan bagasi Emirates yang baru. Kredit OMAAT

Ketentuan kuota bagasi Emirates yang baru ini akan berlaku untuk anda yang memesan tiket mulai dari tanggal 4 Februari 2019. Namun, bagi anda yang terbang dari/ke Amerika Serikat, sistem berat (kg) tidak berlaku untuk anda.

Kuota bagasi Emirates yang baru (rute dari/ke Amerika)

Untuk kuota bagasi dari/ke Amerika, sistem yang berlaku adalah sistem jumlah bagasi. Sebelumnya, Emirates memberikan 2 buah bagasi (masing-masing 23kg) untuk penumpang kelas ekonomi.

Namun, mulai dari 4 Februari 2019, penumpang Economy Special hanya di perbolehkan  untuk membawa satu buah bagasi dengan berat maksimum 23kg. Untuk penumpang economy class lainnya (Saver, Flex dan Flex Plus), business dan first class, tidak akan ada perubahan untuk kuota bagasi.

Syarat dan ketentuan bagasi Emirates yang baru untuk rute dari/ke Amerika, rute di dalam Amerika dan rute Amerika – Eropa. Kredit OMAAT

Penutup

Untuk kuota bagasi kelas ekonomi sebelumnya, tidak ada perbedaan antara kuota bagasi Economy Saver dan Economy Flex. Dengan di turunkan kuota bagasi, mungkin Emirates ingin memberikan perbedaan yang lebih terasa diantara ke empat tipe kelas ekonomi nya.

Menurut Anda, apa alasan Emirates menurunkan kuota bagasi kelas ekonomi mereka?