Artikel sebelumnya: WOW: Terbang di Emirates First Class P.P. Dibawah US $1.000!


Pada awal tahun 2019 ini, telah terjadi sebanyak 1-2 kali kesalahan harga pada tiket business atau first class Cathay Pacific. Pujian banyak diberikan kepada Cathay Pacific karena mereka meng-honor tiket tersebut.

Tidak lama berselang, kesalahan harga tiket first class Emirates yang dijual melalui Malaysia Airlines juga terekspos ke publik. Via online travel agent (OTA), Orbitz, anda bisa menemukan penerbangan seperti Hanoi (HAN) – Dubai (DXB) lalu Dubai (DXB) – Penang (PEN) dengan harga US $997.25.

Namun sayangnya, tidak seperti Cathay Pacific, Malaysia Airlines akan membatalkan seluruh tiket mistake fare first class Emirates!

Emirates First Class 777. Kredit Foto: Business Insider.

Malaysia Airlines secara progresif sudah membatalkan tiket tanpa pemberitahuan. Bagi anda yang berhasil membooking, bisa dipastikan anda akan melihat tiket tersebut sudah dibatalkan saat login ke Orbitz.

Kesalahan dari pihak Malaysia Airlines

Kesalahan ini murni dibebankan kepada pihak Malaysia Airlines yang berperan sebagai penjual tiket Emirates tersebut (dengan nomor penerbangan Malaysia Airlines – MH).

Malaysia Airlines akan mengembalikan uang anda secara penuh sesuai dengan harga yang anda bayarkan.

Sebagai kompensasi, Malaysia Airlines juga akan memberikan secara gratis sebuah tiket economy class non-stop pergi pulang ke destinasi tertentu. Berikut adalah destinasi yang ditentukan:

MALAYSIA: Alor Setar, Johor Baru, Kota Baru, Kuantan, Langkawi, Penang, Kuala Terengganu, Kota Kinabalu, Bintulu, Kuching, Labuan, Miri, Sibu, Sandakan, Tawau

ASEAN: Bangkok, Bandar Seri Begawan, Jakarta, Bali, Hanoi, Phuket, Medan, Manila, Phnom Penh, Yangon, Ho Chi Minh, Singapore, Surabaya

ASIA: Guangzhou, Chongqing, Fuzhou, Haikou, Hong Kong, Nanjing, Beijing, Shanghai, Taipei, Xiamen, Bangalore, Mumbai, Colombo, Dhaka, New Delhi, Hyderabad, Jeddah, Kathmandu, Chennai, Incheon, Osaka, Tokyo

Penutup

Kesalahan pada harga tiket pesawat kadang memang tidak bisa dihindari oleh pihak maskapai. Pada kasus ini, bisa dibilang kesalahan murni terjadi pada sistem Malaysia Airlines yang secara tidak sengaja menjual tiket first class Emirates dengan harga miring.

Namun saya ingin memberikan kredit kepada Malaysia Airlines yang menawarkan kompensasi berupa sebuah tiket economy class pergi pulang. Meski pengalamannya tidak akan bisa menyaingi Emirates first class, setidaknya anda akan mendapatkan tiket gratis untuk liburan selanjutnya!

Menurut anda, apakah kompensasi yang diberikan oleh Malaysia Airlines setimpal dengan pembatalan tiket tersebut?

Kredit: One Mile at a Time