Berita & Promo

Mulai 8 Januari 2019: Lion Air & Wings Air Hilangkan Fasilitas Gratis Bagasi

Boeing 747 terakhir di Indonesia milik Lion Air dengan nomor registrasi pesawat PK-LHG. Foto: Ikhwan Hidayat.

Lion Air dan Wings Air, merupakan low cost carrier atau maskapai budget yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Salah satu keuntungan dari Lion Air v.s. kompetitornya adalah fasilitas gratis bagasi 20kg untuk setiap penumpang (10kg untuk Wings Air).

Via detik.com, pihak Lion Air & Wings Air akan memberlakukan ketentuan baru dengan menghilangkan fasilitas gratis bagasi mulai 8 Januari 2019.

Bagi anda yang membeli tiket Lion Air atau Wings Air sebelum 8 Januari, maka anda tetap akan mendapatkan gratis bagasi seperti biasa.

Kedepannya, anda tetap akan mendapatkan gratis bagasi kabin atau carry on sebesar 7kg dengan dimensi maksimum 40x30x20 cm dan barang pribadi seperti tas kecil.

Penumpang yang akan membawa bagasi dianjurkan agar membeli voucher bagasi atau prepaid baggage melalui travel agentwebsite Lion Air, atau kantor penjualan tiket Lion Air. Pembelian dapat dilakukan bersamaan dengan pembelian tiket atau sesudah pembelian tiket dengan batas waktu enam jam sebelum keberangkatan.

Penutup

Menurut pandangan saya, langkah menghilangkan fasilitas gratis bagasi ini akan cukup berdampak pada minat masyarakat untuk terbang dengan Lion Air. Tidak sedikit anggota keluarga & teman saya yang memilih terbang dengan Lion Air murni karena fasilitas gratis bagasi 20 kg.

Tentunya keputusan ini dibuat untuk mendorong pendapatan maskapai melalui penjualan bagasi. Mungkin ini saatnya Lion Air bekerja sama dengan bank untuk mengeluarkan kartu kredit co-brand yang memberi fasilitas gratis bagasi?

Apakah menurut anda penghilangan fasilitas gratis bagasi ini akan berdampak pada jumlah penumpang Lion Air?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: