Berita & Promo

UPDATE: Cathay Pacific Meng-honor Kesalahan Harga Tiket Business dan First Class

First Class Lounge Cathay Pacific. Kredit: One Mile at a Time.

Beberapa hari yang lalu PinterPoin telah menulis mengenai kesalahan harga (mistake fare) business dan first class Cathay Pacific.

WOW: Cathay Business & First Class ke Amerika P.P. Dimulai Dari US $600+

Harga business dan first class dari beberapa kota di Vietnam ke Amerika Serikat di jual mulai dari US $600-an. Tentunya harga ini sangat tidak masuk akal mengingat harga tiket business & first class Cathay Pacific ke Amerika bisa menyentuh harga belasan hingga puluhan ribu dolar Amerika.

Pada saat itu, banyak orang di seluruh dunia termasuk beberapa pembaca PinterPoin membeli tiket tersebut,

Kabar baiknya, Cathay Pacific akan meng-honor seluruh tiket mistake fare yang sudah berhasil dibeli!

Dari postingan Twitter Cathay Pacific, mereka mengumumkan bahwa mereka memang melakukan kesalahan. Namun, mereka tetap akan mengundang seluruh penumpang yang telah memiliki tiket untuk terbang bersama mereka.

Di postingan Twitter nya, mereka juga memberikan tagar  #promisesmadepromiseskept dan #leassonlearnt yang artinya mereka bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka lakukan.

Pengumpulan miles

Bagi anda yang telah membeli tiket ini, anda bisa mengumpulkan Asia Miles, Alaska Miles, atau mengumpulkan miles partner airlines Cathay Pacific lainnya.

Untuk business class, anda akan mendapatkan booking class D atau I, dan F untuk first class. Anda bisa membaca panduan lengkap mengenai Asia Miles di sini.

Tabel perolehan Asia Miles

Untuk memudahkan pembaca, saya telah merangkum berapa Asia Miles yang bisa anda kumpulkan:

  • Penerbangan pergi-pulang Vietnam – Amerika Bagian Barat (Los Angeles, San Fransisco, Vancouver, dll) business class 18.240 Miles dan first class 25.560 Miles.
  • Penerbangan pergi-pulang Vietnam – Amerika Bagian Timur (Boston, Chicago, New York, Toronto, dll) business class 23.380 Miles dan first class 32.740 Miles.

Untuk pengumpulan miles partner airlines seperti anggota Oneworld, Air China, dll, anda bisa mendapatkan 125% miles untuk business class dan 150% untuk first class.

Sedangkan untuk Alaska, anda bisa mendapatkan 350% award miles untuk penerbangan first class dan 225% award miles untuk penerbangan business class. WOW!

Secara perhitungan kasar, untuk tiket P.P. Cathay Pacific first class Vietnam – Amerika, anda akan mendapatkan ±60.000 Alaska Miles minimal! Sangat-sangat impresif!

Berikut tabel perolehan Alaska Miles:

Anda bisa mendapatkan 350% award miles jika mengkreditkan penerbangan first class Cathay Pacific ke Alaska!

Untuk lebih detilnya, anda bisa menghitung berapa jumlah miles yang akan anda dapatkan dengan kalkulator wheretocredit.com.

Penutup

Kesalahan tetaplah kesalahan, saya sangat mengapresiasi tanggung jawab Cathay Pacific terhadap kesalahan mereka. Ini merupakan hadiah tahun baru yang sangat indah untuk anda yang sempat membeli tiket ini.

Selamat bagi anda yang telah membeli tiket business maupun first class Cathay Pacific. PinterPoin sangat menyarankan anda untuk menikmati setiap momen mulai dari akses first class lounge di Hong Kong sampai caviar & vintage champagne di pesawat.

Apakah anda telah membeli tiket business dan first class Cathay Pacific? Bagikan cerita anda di kolom komentar di bawah.

15 Comments

  1. Yerun

    Sy dpt tiket first class DAD-HKG-JFK ini. Krn sdh pernah terbang dgn Alaska Air sy ada member. Setelah hitung2 kmrn, menurut sy paling untung itu milesnya ditambah ke Alaska Air:

    32.220 miles dari Cathay (menurut calculator mrk) untuk rute ini akan menjadi… 100%+50%+200% = 112.770 (?) Sepertinya kelebihan sih, tp separuhnya udh banyak jg.

    Dan jgn lupa dpt pj x2, amenity kit x 2… hehe…

    • Halo Yerun,

      Selamat anda bisa mendapatkan tiket first class DAD-JFK! 🙂

      Iya, memang betul pengumpulan miles yang paling untung itu adalah Alaska Miles. Tetapi perhitungan yang anda lakukan adalah menggunakan perhitungan Asia Miles.

      Untuk penerbangan DAD – JFK (PP), anda akan mendapatkan sekitar 60.414 Alaska Miles.

      Untuk lebih gampangnya, anda bisa menggunakan wheretocredit.com untuk menghitung miles 🙂

      Sekali lagi, selamat! 🙂

      • Eky

        FYI: AS cuma kasih miles ke CX dengan nomor penerbangan CX 1-999 (codeshareH. Berhubung leg DAD-HKG vv codeshare dengan KA, jadi nggak dapet miles. Sehingga dapetnya “cuma” ~56k.

        • Halo Mas Eky,

          Terima kasih atas koreksi nya 🙂 btw, makasih sudah mampir ke PinterPoin 🙂 blog nya mantap mas 🙂

  2. Yerun

    Iya sih, kl 100k+ gak masuk akal.. hehe.. Kl 60k+ itu jg 4x domestik di AS dengan Alaska Air, tinggal ditambah pajak 6 USD per kali terbang. Bonusya bagus bgt.

    Thanks untuk tip wheretocredit.com. Akan sy bookmark dl. hehe..

  3. Yerun

    @Eddy; yang rute backtracking CGK-SIN/KUL/BKK sdh tidak ada di sistem, sepertinya sdh tidak lagidiperbolehkan. Tp sm aja msh banyak opsi redeem business class.. hehe..

  4. Yerun

    ooh.. maaf Multi-city memang bisa begitu. Mantap.

    Soalnya tuker KrisFlyer miles di rute itu (penerbangan ANA) itu 86k. Lumayan bedanya.. dan penerbangan KUL-CGK mah gampang.

  5. Yosua Ginting

    boleh rekomendasi untuk akomodasi di NY dong Pinterpoin?

    dan apakah mungkin mengunjungi semua Lounge Cathay Pacific di HKG atau hanya bisa mengunjungi satu Lounge saja dalam satu hari? kebetulan saya sengaja memilih layover yang lama (12 jam saat outbound dan 6 jam saat inbound) agar bisa lebih menikmati pengalaman langka ini.

    • Eky

      Boleh mengunjungi semua lounge di HK kok. Waktu itu saya transit 9 jam dateng ke The Pier, The Bridge, The Wing, Qantas Lounge, terus balik lagi ke The Pier haha. Kemudian beberapa waktu lalu mampur ke The Deck dan The Pier juga dalam 1 transit. Kalo masuk ke lounge Cathay nanti boarding pass-nya di stempel.

    • Yosua,

      Mungkin kalau anda sudah memiliki jadwal perjalanan, bisa saya bantu rekomendasikan tempat, hotel, dan restoran. Kebetulan dulu saya sempat berdomisili di New York dan Boston 🙂

      Anda bisa mengunjungi seluruh lounge business & first class Cathay, dan oneworld (contoh: Qantas) di Hong Kong. Sebisa mungkin maksimalkan waktu anda di The Pier dan The Wing first class lounge. Anda bisa menikmati fasilitas seperti cabana, massage, a la carte dining, champagne bar, dll.

  6. Yerun

    Sy jg ada transit 12 jam di HK, saat dibooking gak diperhatikan, saking berusaha dpt promo apapun. Tp gak nyesel sih. 🙂

    Bang Yoshua, boleh dong bocoran hotel di NY; tentu boleh agak jauh dr pusat kota; krn subway cukup murah dengan pass yg 32 USD itu. Bulan Mei lalu sy di dkt Astoria, jln kaki ke subway gak sampai 10 menit.

    • Yerun,

      Saya pribadi don’t mind untuk transit di HK selama 12 jam apabila memiliki akses ke first class lounge 😉

      Saya akan tiba 6-7 jam lebih awal sebelum penerbangan first class Cathay ke Jakarta bulan ini.

  7. bobi

    halo gan.. gimana cara masukin poinnya ke alaska miles?

    • Bobi,

      Bisa dilakukan dengan menunjukkan nomor keanggotaan Alaska pada saat check in atau dengan menelpon ke nomor berikut:

      Adding a Mileage Plan number to an existing reservation

      Call 1-800-233-2742 in the U.S., 1-800-268-6868 in Canada. In other countries call 011-800-2747-3333.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: