Berita & Promo, Loyalty Program, Panduan Untuk Pemula, Tips & Trik

Status Run: Mendapatkan Keanggotaan GarudaMiles Platinum + SkyTeam Elite Plus Dengan Rp 10 Jutaan Saja

Tahukah anda? Hanya anggota Platinum yang akan menerima kartu keanggotaan fisik.

Panduan Lengkap GarudaMiles, Frequent Flyer Program Garuda Indonesia


Menjadi anggota elit dari suatu loyalty program tentunya akan menghadirkan banyak manfaat yang tidak didapatkan oleh non-anggota atau anggota biasa.

Kali ini, saya akan membagikan sebuah trik untuk mendapatkan status GarudaMiles Platinum dan SkyTeam Elite Plus dengan biaya Rp 10 jutaan*. Metode yang akan saya bagikan ini biasa dikenal dengan sebutan Status Run.

*Harga tertera adalah estimasi harga tiket “BUSINESS PROMO” Garuda Indonesia di website. Anda berpeluang untuk mendapatkan total harga yang lebih murah pada saat diselenggarakan promo diskon seperti pada saat Garuda Online Travel Fair (GOTF) atau Garuda Indonesia Travel Fair (GATF). Selengkapnya bisa dibaca di bawah.

Sekilas tentang GarudaMiles Platinum dan SkyTeam Elite Plus

GarudaMiles Platinum adalah tingkatan keanggotaan tertinggi pada program GarudaMiles Garuda Indonesia. Keanggotaan Platinum akan anda dapatkan setelah mendapatkan 50.000 tier miles atau terbang 50 sektor (frekuensi) dalam periode 1 tahun.

Tahukah anda? Hanya anggota Platinum yang akan menerima kartu keanggotaan fisik.

Setelah anda mendapatkan status Platinum dengan GarudaMiles, maka secara otomatis anda juga akan mendapatkan status SkyTeam Elite Plus yang merupakan status tertinggi di aliansi maskapai SkyTeam.

Berikut adalah manfaat dari status Platinum GarudaMiles:

  • Konter check-in premium di bandara Soekarno-Hatta Jakarta
  • Konter kelas eksekutif di seluruh bandara Soekarno-Hatta domestik
  • Akses ke Garuda Executive Lounge domestik dan internasional bersama 1 tamu. Akses hanya diberikan jika anda terbang dengan Garuda Indonesia di kelas kabin apa saja.
  • 20 kg tambahan kuota bagasi
  • 25% tier bonus
  • Prioritas dalam penanganan bagasi
  • Prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket

Berikut adalah manfaat dari status SkyTeam Elite Plus:

  • Akses lounge SkyTeam di seluruh dunia
  • Garansi tiket pada penerbangan yang sold-out
  • SkyPriority
  • Prioritas di meja transfer
  • Prioritas di imigrasi dan security line
  • Tambahan kuota bagasi
  • Prioritas penanganan bagasi
  • Prioritas check in
  • Pemilihan kursi prioritas
  • Prioritas boarding
  • Prioritas airport standby
Mekanisme Status Run untuk mendapatkan status elit GarudaMiles dengan cepat & murah

Pada mekanisme perolehan tier miles GarudaMiles, dikenal “frekuensi” atau “sektor” yang berbeda-beda tiap jenis tarif kode booking.

Untuk mencapai status elit GarudaMiles, anda akan membutuhkan frekuensi atau sektor sebagai berikut:

  • GarudaMiles Silver: 10 frekuensi/sektor
  • GarudaMiles Gold: 30 frekuensi/sektor
  • GarudaMiles Platinum: 50 frekuensi/sektor

Disinilah letak dari sweet spot yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan status elit GarudaMiles dengan harga terjangkau.

Jika anda teliti lebih lanjut, seluruh kelas tarif business class Garuda Indonesia, promo maupun non-promo, akan memberikan 4 frekuensi atau sektor per penerbangan.

Anda bisa memanfaatkan sistem frekuensi tersebut untuk mendapatkan status GarudaMiles dengan cepat.

Contoh rute penerbangan yang bisa anda lakukan dengan mudah

Untuk menghemat biaya, saya sarankan anda untuk terbang di rute ultra-short haul atau super pendek yang harga tiket business classnya murah (usahakan dibawah Rp 1 juta sekali jalan).

Salah satu contoh rute yang bisa anda lakukan adalah Jakarta (CGK) – Lampung (TKG). Penerbangan di rute ini akan memakan waktu kurang dari 1 jam total per penerbangan.

Tiket business class Garuda Indonesia di rute tersebut biasanya bisa anda dapatkan dengan harga Rp 800 – 900 ribu sekali jalan atau Rp 1,6 – 1,7 juta pulang pergi.

Perlu diperhatikan bahwa harga tersebut hanya bisa anda dapatkan pada penerbangan yang dilayani oleh pesawat Bombardier CRJ-1000.

Secara matematis, menggunakan harga yang tertera diatas, anda akan perlu untuk mengeluarkan dana sebesar lebih kurang Rp 10.700.000 untuk mendapatkan status GarudaMiles Platinum.

Terbang dari Jakarta ke Lampung, mendarat di Lampung, kemudian langsung masuk ke pesawat yang sama untuk kembali ke Jakarta. Pastikan anda menyiapkan alasan kepada pasangan, orang tua, atau orang terdekat anda mengapa anda melakukan hal seperti ini 😉

Dengan terbang 6x P.P. di rute tersebut, anda akan menghabiskan biaya sebesar Rp 9.916.800 untuk kemudian mendapatkan 48 sektor/frekuensi = GarudaMiles Platinum. Untuk 2 sektor/frekuensi sisanya, anda bisa selesaikan dengan terbang di economy class atau penerbangan Citilink yang lebih terjangkau.

Pesawat CRJ-1000 Garuda Indonesia yang melayani rute penerbangan pendek. Kredit: Ikhwan Hidayat.

Anda berpeluang untuk mendapatkan status ini dengan harga yang lebih murah

Lakukan trik yang sama saat sedang diselenggarakan Garuda Online Travel Fair (GOTF) atau Garuda Indonesia Travel Fair (GATF).

Manfaatkan Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) untuk mendapatkan tiket murah!

Menurut pengalaman/pengamatan saya, tiket business class Garuda Indonesia rute Jakarta (CGK) – Lampung (TKG) bisa anda dapatkan dengan harga Rp 500.000+ sekali jalan atau Rp 900.000+ pergi pulang.

Artinya, anda bisa mendapatkan status GarudaMiles Platinum dengan biaya Rp 5-6 jutaan saja!

Apabila anda memiliki masukan/saran untuk rute lain yang bisa dimanfaatkan untuk status run, mohon bagikan di kolom komentar di bawah ya!

Seperti apa rasanya terbang di business class Garuda Indonesia rute Jakarta – Lampung?

Salah satu kontributor PinterPoin, Ikhwan Hidayat, membagikan pengalaman terbangnya di business class Garuda Indonesia rute Lampung – Jakarta.

Anda akan mendapatkan box berisikan snack dan minuman pada penerbangan berdurasi 40 menit ini.

Untuk artikel lengkapnya, klik di link berikut:

Ulasan: Garuda Indonesia “Explore” Business Class CRJ1000 Lampung to Jakarta

Ikhwan juga merekam perjalanan serunya dalam Vlognya berikut:

Penutup

Apabila anda tertarik untuk melakukan status run seperti ini, saya sarankan untuk menunggu event seperti Garuda Online Travel Fair (GOTF) atau Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) dimana anda akan dapat menghemat biaya hingga 50% dari biasanya.

Jika memang anda tertarik dengan tips dan trik seperti ini, saya akan membagikan peluang mattress run yang bisa anda lakukan sembari melakukan status run seperti ini. Bagikan pendapat anda di bawah.

Apakah anda pernah melakukan Status Run sebelumnya? Menurut anda, apakah worth it untuk mendapatkan status elit GarudaMiles dengan metode ini?

8 Comments

  1. Andree

    Terima kasih atas tips nya, saya ingin menanyakan dua hal:
    – apakah kita akan tetap mendapatkan frekuensi miles bila meredeem miles?
    – bagi pemegang kartu krediti co-brand seperti citibank / bni, apakah system tier berlaku? khawatirnya sudah ikut status run malah tetap stuck di keanggotaan yang sama.

    Terima kasih

    • Andree,

      – Award ticket tidak akan mendapatkan frekuensi.
      – Anda tetap bisa mencapai status Platinum dengan status run. Jika anda sudah mendapatkan status Gold dari kartu co-brand BNI, maka sektor/frekuensi anda tidak akan dihitung dari Gold (30 frekuensi), melainkan dihitung dari penerbangan aktual yang sudah anda lakukan.

      • Andree

        Terima kasih atas jawabannya, bila terbang bersama orang lain dengan menggunakan booking yg sama akankah frekuensi penumpang lain tsb terhitung?

        • Andree,

          Frekuensi sama seperti award/tier miles, hanya bisa didapatkan oleh nama di tiket yang sesuai dengan akun GarudaMiles.

  2. Agung Wardoyo

    Apabila kita sudah menjadi anggota GarudaMiles Platinum + SkyTeam Elite Plus, kita tidak harus mengumpulkan miles lagi?

    • Agung,

      Status akan berlaku selama 1 tahun kalender. Jika anda ingin mempertahankan status tersebut, maka anda harus menyelesaikan persyaratan 50 frekuensi atau 50.000 tier miles.

  3. fandhi

    Seberapa worthed 10 juta vs Manfaat yang didapat?
    apakah ada konversion nilai yang sesuai dari “platinum member/sky elite ini”?

    • Fandhi,

      Untuk masalah “Worth it” atau tidak, tentunya itu tergantung menurut anda & travel pattern anda. Jika anda sering terbang dengan Garuda Indonesia atau maskapai SkyTeam lain di kelas economy, maka manfaat dari GarudaMiles Platinum akan sangat terasa.

      Kalau anda berencana untuk melakukan status run seperti ini, saya sarankan untuk melakukannya pada saat GOTF atau GATF untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: