Misc.

Mengintip Harga Business Suite Malaysia Airlines

Malaysia Airlines first class atau yang kini disebut business suite di pesawat A380. Kredit: Airport Lounge.

Beberapa hari yang lalu saya telah menulis artikel Malaysia Airlines mengenai perubahan nama first class menjadi business suite.

Malaysia Airlines Mengganti First Class Menjadi Business Suite

Malaysia Airlines mengatakan bahwa perubahan nama tersebut tidak mengurangi kualitas pelayanan. Penumpang business suite tetap akan mendapatkan pelayanan first class seperti kursi first class, makanan, amenity kits, dll.

Amenity kits yang bisa anda dapatkan jika terbang dengan business suite.

Untuk perubahan nama ini, saya melihat ada keuntungan dari segi penumpang. Malaysia Airlines mengatakan harga untuk tiket business suite akan ada di pertengahan harga tiket first class dan business class.

Rute business suite Malaysia Airlines

Malaysia Airlines hanya memiliki 2 jenis pesawat yang memiliki kursi business suite, yaitu pesawat Airbus tipe A380 dan A350. Kedua pesawat ini terbang ke Osaka, Narita, London dan Jeddah.

Malaysia Airlines memasang 8 kursi business suite untuk pesawat A380 dan 4 kursi business suite untuk pesawat A350.

Tampilan kursi business suite di pesawat Airbus tipe A380. Kredit: AusBT.

Sayangnya, karena penerbangan dari Jakarta ke Kuala Lumpur tidak memiliki kursi business suite, anda tidak bisa memesan tiket business suite dari Jakarta ke rute lainnya via Kuala Lumpur. Dengan kata lain, anda hanya bisa memesan tiket business suite penerbangan nonstop dari Kuala Lumpur.

Harga business suite

Harga business suite yang tertera di Google Flights kadang berbeda dengan harga yang di temukan di laman resmi Malaysia Airlines. Oleh karena itu, saya sarankan anda untuk menggunakan laman resmi Malaysia Airlines untuk mencari harga tiket.

Berikut harga termurah kelas business suite yang saya temukan:

  • Kuala Lumpur – Narita sekitar 33 juta rupiah untuk penerbangan pergi-pulang dan 24,6 juta rupiah untuk satu arah.
  • Kuala Lumpur – Osaka sekitar 34,9 juta rupiah untuk penerbangan pergi-pulang dan 28,8 juta rupiah untuk satu arah.
  • Kuala Lumpur – London sekitar 72,5 juta rupiah untuk penerbangan pergi-pulang dan 51,3 juta rupiah untuk satu arah.

Harga tiket business suite Kuala Lumpur – Narita (PP) dengan kode booking class P.

Untuk pelayanan first class, menurut saya harga tersebut lebih murah dari maskapai lainnya. Untuk perbandingan, harga tiket Garuda Indonesia (First Class Promo) dari Jakarta ke Haneda di jual dengan harga sekitar 57 juta rupiah.

Harga tiket first class promo Garuda Indonesia dari Jakarta ke Haneda.

Pengumpulan Enrich Miles

Meskipun pelayanan yang di berikan untuk penumpang business suite sama seperti pelayanan first class, Malaysia Airlines mengurangi jumlah pengumpulan Enrich miles untuk business suite.

Sebelumnya, penumpang first class bisa mengumpulkan 300% Enrich miles, tetapi jumlah tersebut menjadi 175% untuk business suite promo (P) dan 250% untuk standard (F, A).

Enrich Sectors yang di berikan juga berubah dari 3 Elite Sectors menjadi 2,5 Elite Sectors untuk business suite promo dan standard.

Tabel perolehan Enrich Miles terbaru di mulai 12 Desember 2018

Menukarkan Enrich miles dengan tiket award business suite

Saya telah mencoba mencari tiket award untuk business suite, tetapi sayangnya tiket business suite hanya bisa di beli dengan uang (cash).

Untuk meng-upgrade dari business class ke business suite, Malaysia Airlines memberikan sedikit perubahan. Kelas Z (Business promo) yang sebelumnya tidak di perbolehkan untuk upgrade ke first class, sekarang bisa di upgrade ke business suite.

Tabel penukaran miles untuk meng-upgrade business class menjadi business suite

Penutup

Menurut saya, Malaysia Airlines telah mengambil keputusan yang tepat dengan mengubah nama first class menjadi business suite. Dengan mengubah nama dan menurunkan harga, masalah kursi first class yang selalu kosong kemungkinan bisa teratasi.

Dengan harga yang lebih murah juga, mungkin saja pebisnis akan di izinkan untuk menggunakan business suite untuk perjalanan bisnis mereka.

Bagaimana pendapat anda mengenai business suite Malaysia Airlines?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: