Salah satu biaya termahal jika kita jalan-jalan ke Jepang adalah biaya transportasi. Wisatawan yang datang ke Jepang selalu mencari metode transportasi termurah yang bisa di pakai pada saat di jepang.

Perusahaan transportasi di Jepang pun selalu berusaha menawarkan potongan harga kepada para wisatawan. Salah satu kemudahan yang bisa dipakai oleh para wisatawan di Jepang adalah JR pass. Namun, JR pass sendiri pun masih tergolong mahal dan kurang terjangkau.

Daftar harga JR pass untuk pembelian di Jepang.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai JR pass, anda bisa membaca artikel yang saya tulis tentang JR pass di link berikut:

Apakah JR Pass Diperlukan Saat Jalan-jalan ke Jepang?

Jika anda merasa JR pass terlalu mahal untuk anda, mungkin anda bisa menggunakan 18 Seishun Kippu.

Dalam bahasa Indonesia, 18 Seishun Kippu memiliki arti “Tiket 18 Anak Muda”.

Meskipun ada kata “anak muda” di nama tiket tersebut, bukan berarti tiket ini tidak bisa di gunakan untuk orang dewasa. Tiket ini tidak terbatas pada usia, yang artinya, siapapun bisa menggunakan tiket ini.

Cara membeli 18 Seishun Kippu

Pembelian tiket ini bisa di lakukan di stasiun kereta JR di seluruh Jepang. Sayangnya, anda tidak bisa membeli tiket ini secara online. Tetapi, anda tidak perlu terburu-buru untuk membeli tiket ini karena tiket ini juga bisa di beli pada hari penggunaan kereta.

Anda bisa membeli 18 seishun kippu di setiap stasiun jR. Sumber Toyokeizai

Harga 18 Seishun Kippu cukup murah jika di bandingkan dengan JR pass. 18 Seishun Kippu di jual dengan harga 11.850 yen atau sekitar 1,5 juta rupiah per 5 orang atau 5 hari.

Cara pemakaian 18 Seishun Kippu

18 Seishun Kippu bisa di gunakan untuk seluruh rute JR kecuali shinkansen (kereta peluru) dan kereta limited express. Anda bisa menggunakan kereta JR sepuasnya dalam 1 hari di mulai dari kereta pertama sampai kereta terakhir pada hari yang sama.

Untuk menggunakan tiket ini, anda hanya perlu menunjukkan tiket yang telah di beli ke petugas di gerbang tiket.

Dalam 1 tiket 18 Seishun Kippu, terdapat 5 kolom stempel. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.

Tampilan 18 Seishun Kippu.

Untuk lebih jelasnya lagi, saya telah melingkari 5 kolom tempat petugas stasiun memberikan stempel.

Bagian yang di lingkari adalah tempat stempel.

1 stempel akan di cap oleh petugas untuk pemakaian 1 orang dan 1 hari. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan 1 lembar tiket ini untuk 5 orang dalam 1 hari pemakaian. Atau jika anda hanya sendirian, anda bisa menggunakan 1 lembar tiket ini untuk 5 hari.

Selain itu, anda bisa membagi-bagi hari pemakaian tiket. Contohnya, anda menggunakan stempel pertama pada hari Selasa. Untuk stempel selanjutnya anda bisa gunakan pada hari Kamis, Minggu atau hari apapun.

Periode penjualan dan pemakaian 18 Seishun Kippu

Sayangnya perusahaan JR tidak menjual tiket ini sepanjang tahun. Dalam 1 tahun, tiket ini hanya di jual 3 kali dan hanya bisa di gunakan pada 3 periode.

  • Musim semi, penjualan tiket 20 Februari 2018 – 31 Maret 2018, waktu pemakaian nya 1 Maret 2018 – 10 April 2018.
  • Musim panas, penjualan tiket 1 Juli 2018 – 30 Agustus 2018, waktu pemakaian nya 20 Juli 2018 – 10 September 2018.
  • Musim dingin, penjualan tiket 1 Desember 2018 – 31 Desember 2018, waktu pemakaian nya 10 Desember 2018 – 10 Januari 2019.

Setiap tahun tanggal penjualan dan pemakaian akan mengalami perubahan tetapi tidak akan jauh berubah dari jadwal di atas. Untuk pengecekan jadwal penjualan, anda bisa mengakses laman resmi JR di sini.

Penting: Jika anda membeli tiket di musim semi, anda hanya bisa menggunakan tiket tersebut di musim semi. Jika anda tidak menggunakan tiket tersebut di musim semi, tiket akan hangus.

Waktu perjalanan dengan 18 Seishun Kippu

Jika anda mau menggunakan 18 Seishun Kippu, anda harus memiliki waktu jalan-jalan yang lama. Dengan tiket ini, anda terbatas hanya bisa menggunakan kereta biasa JR yang artinya untuk berpindah dari satu kota ke kota lain akan memakan waktu yang lama.

Saya telah merangkum waktu perjalanan yang di perlukan jika anda menggunakan 18 Seishun Kippu.

  • Tokyo – Nagoya 6.5 jam
  • Tokyo – Kyoto 9 jam
  • Tokyo – Osaka 9.5 jam
  • Tokyo – Hiroshima 16 jam
  • Osaka – Hiroshima 6 jam
  • Osaka – Hakata (Fukuoka) 12 jam
  • Osaka – Nagasaki 15 jam
  • Hakata – Nagasaki 3 jam
  • Hakata – Kagoshima 8 jam
  • Hakata – Miyazaki 9 jam

Di pertengahan perjalanan, anda bisa berhenti dan keluar dari stasiun untuk beristirahat.

Peta jalur JR di Jepang. Sumber JTB

Cara Mencari Jadwal Kereta JR

Dengan menggunakan aplikasi Google Maps, sebenarnya kita bisa mencari jadwal kereta di Jepang, tetapi Google Maps selalu menampilkan semua jadwal yang tercepat tanpa bisa memilih perusahaan kereta yang kita cari. Ada satu website yang bisa membantu anda untuk mencari jadwal JR yaitu Hyperdia.

Website ini menyediakan berbagai opsi untuk memilih jenis transportasi yang ingin di gunakan. Gambar dibawah adalah tampilan dari aplikasi Hyperdia, untuk mencari jadwal kereta, kita hanya mengisi stasiun keberangkatan dan stasiun destinasi. Dan jika anda ingin memilah jenis transportasi yang ingin dipakai, anda bisa meng-klik “more options” untuk tampilan yang lebih lengkap

Setelah meng-klik opsi “more options” anda akan menemukan tampilan yang lebih lengkap. Untuk pengguna 18 Seishun Kippu, dikarenakan tidak bisa menggunakan shinkansen dan kereta limited express, anda harus menghapus opsi kereta tersebut dan menyisakan opsi Local Train.

Jika anda bingung menggunakan Hyperdia, saya sarankan anda menanyakan rute anda ke petugas stasiun.

Contoh rute perjalanan dengan 18 Seishun Kippu

Anda bisa membeli tiket pesawat dengan rute Jakarta – Tokyo dan kembali ke Indonesia dengan rute Fukuoka – Jakarta. Jika anda menggunakan rute ini, anda bisa menggunakan 18 Seishun Kippu dari Tokyo ke Fukuoka.

Dari Tokyo anda bisa turun ke Nagoya, kemudian ke Prefektur Gifu yang terkenal dengan desa tradisional nya Shirawakago. Dari sana anda bisa turun ke Kyoto, Osaka, Okayama, Hiroshima dan terakhir Fukuoka.

Keindahan Shirakawago di musim dingin.

Kelebihan dan kekurangan jika di bandingkan dengan JR pass

Jika kita membandingkan harga JR pass dan 18 Seishun Kippu, tentunya memakai 18 Seishun Kippu akan lebih murah.

  • JR pass di jual dengan harga sekitar 3,8 juta rupiah untuk 7 hari (1 hari = 542 ribu rupiah)
  • 18 Seishun Kippu di jual dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah untuk 5 hari (1 hari = 300 ribu rupiah).

Untuk penggunaan JR Pass, anda harus membeli tiket untuk 7 hari. Tetapi, untuk pemakaian 18 Seishun Kippu, anda bisa membeli tiket sesuai kebutuhan anda dan jumlah orang yang memakai.

Kekurangan dari 18 Seishun Kippu jika di bandingkan dengan JR Pass adalah waktu perjalanan yang lama.

Penutup 

18 Seishun Kippu adalah salah satu metode perjalanan yang bisa anda pakai untuk jalan-jalan di Jepang. Jika anda memiliki waktu yang banyak di Jepang, penggunaan 18 Seishun Kippu akan membuat perjalanan anda lebih murah.

Semoga dengan adanya artikel ini, anda tidak hanya terpaku pada JR pass saja sebagai metode transportasi pilihan di Jepang.

Apakah anda pernah mencoba menggunakan 18 Seishun Kippu di Jepang? Bagikan pengalaman anda di kolom komentar di bawah.