China Eastern Airlines adalah salah satu maskapai terbesar di China yang berpusat di Shanghai. Maskapai ini merupakan maskapai pengguna pesawat Airbus terbesar di Asia dan kedua terbesar di dunia.

Di lansir dari Airbus, China Eastern memiliki 356 pesawat Airbus dengan 306 pesawat tipe A320 dan 50 pesawat tipe A330.

Sebelumnya di tahun 2016, China Eastern memesan 20 pesawat terbaru Airbus yaitu A350 XWB. Pada tanggal 3 Desember 2018 kemarin, China Eastern telah menerima A350 pertama mereka dan sisa A350 lainnya akan berangsur-angsur di kirim sampai tahun 2020.

A350 pertama China Eastern Airlines dengan kode registrasi B-304D. Kredit: Business Traveller.

A350 China Eastern Airlines

Pesawat A350 China Eastern di ketahui memiliki 4 kelas yaitu 216 kelas ekonomi, 32 kelas premium ekonomi, 36 kelas bisnis dan 4 first class.

Konfigurasi kursi 3-3-3 kelas ekonomi A350 China Eastern Airlines. Sumber: Weibo.

Kelas bisnis memiliki Thomson Vantage XL flat seats yang juga bisa di temukan di South African Airlines, Delta, Qantas dan RwandAir.

China Eastern memberikan privasi yang lebih untuk penumpang kelas bisnis dengan memasang pintu di setiap kursi nya.

Kelas bisnis A350 China Eastern Airlines. Kredit: Airbus.

Kelas bisnis memiliki ukuran layar IFE sebesar 18 dan terdapat AC dan USB power outlets di setiap kursi nya.

Kelas bisnis A350 China Eastern. Sumber: Weibo.

Kelas teratas dari A350 China Eastern sebenarnya tidak bisa di sebut dengan first class karena kelas ini tidak terpisah dari kelas bisnis. Tetapi kelas ini memiliki kualitas yang lebih baik dari kelas bisnis, oleh karena itu, ada yang menyebut kelas ini dengan nama Premium Business Class.

Premium Business Class A350 China Eastern. Kredit China Eastern Airlines

China Eastern memasang layar IFE dengan ukuran 32 inch yang di ketahui sebagai ukuran layar IFE terbesar di bandingkan dengan maskapai lain. Penumpang kelas ini juga memiliki akses ke minibar, memiliki loker dan AC, USB power outlets di setiap kursinya. 4 kursi Premium Business Class ini juga bisa di ubah menjadi “Air Living Room” atau ruang tamu di udara.

The two premium business class seats in the middle row are also foldable, allowing flight crew to reshape the space into a community area that up to four people can comfortably use for a business meeting or family gathering.

Di Premium Business Class, anda bisa duduk berhadapan dengan tamu lainnya. Kredit: The Points Guy.

Rute A350 China Eastern

Sejak tanggal 4 Desember 2018, A350 telah mulai terbang dari Shanghai (Hongqiao) ke Beijing. Rute domestik lainnya akan di tambah pada bulan Januari 2019 yaitu ke Chengdu dan Guangzhou. Selain rute domestik, A350 juga akan terbang ke Frankfurt, Amsterdam, Vancouver dan Sydney.

Penutup

Beberapa tahun ini China Eastern Airlines terlihat berusaha untuk menaikkan kualitas pelayanannya. Selain A350, China Eastern juga membeli pesawat Boeing tipe 787 yang mulai di operasikan tahun ini.

Saya pernah mencoba menggunakan China Eastern dan tidak pernah kecewa dengan pelayanannya. Ke depannya mungkin saya akan mencoba produk A350 baru mereka.

Apakah anda tertarik mencoba A350 China Eastern Airlines?