Terdapat beragam cara untuk mengumpulkan poin dan miles, salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan seperti Rocketmiles.

Cara kerja dari Rocketmiles sendiri cukup simpel, anda akan mendapatkan sejumlah miles setiap kali anda memesan hotel di website ini.

Anda bisa mendaftar menjadi anggota Rocketmiles dengan menggunakan link PinterPoin ini untuk mendapatkan bonus 1.000 miles setelah pemesanan hotel pertama anda.

Sebelum anda membaca lebih lanjut, berikut beberapa hal yang penting untuk anda ketahui:

  • Umumnya, harga yang anda lihat di Rocketmiles akan lebih mahal ketimbang anda mem-booking langsung di website hotel tersebut atau melalui online travel agent (OTA) seperti Traveloka, Agoda, dan semacamnya.
  • Jumlah miles yang akan anda dapatkan di tiap hotel akan bervariasi. Namun, untungnya mudah bagi anda Anda untuk melihat jumlah miles yang bisa didapatkan di tiap hotel.

Apakah worth it menggunakan Rocketmiles ketimbang mem-booking hotel langsung di website resmi atau online travel agent lain?

Tentunya jawaban dari pertanyaan ini sangatlah subjektif.

Apakah anda rela membayar lebih sebanyak Rp …….. untuk mendapatkan …….. miles?

Seberapa perlukah anda akan miles tersebut? Apakah anda sedang dalam posisi terburu-buru untuk menggunakan miles anda?

Saya pribadi hanya akan menggunakan Rocketmiles saat sedang diadakan promo bonus miles atau saat saya sedang kekurangan sedikit miles untuk ditukarkan. Secara historis, Rocketmiles pernah menawarkan bonus miles hingga 10.000 miles untuk memesan hotel walaupun hanya 1 malam.

Anda berpeluang untuk mendapatkan bonus miles yang cukup besar saat memesan hotel melalui Rocketmiles.

Berikut contoh perbandingan yang saya lakukan menggunakan contoh hotel Mandarin Oriental Jakarta dan perolehan miles ke Aegean Miles+Bonus.

Jika anda memesan melalui Rocketmiles, anda akan mendapatkan 4.000 miles Aegean yang normalnya bisa anda beli langsung di website Aegean seharga €25 per 1.000 miles. Namun, harga hotel yang harus anda bayarkan akan menyentuh Rp 3.308.000 per malam

Perbandingannya, anda bisa memesan hotel yang sama di tanggal yang sama hanya dengan Rp 2.953.012 di OTA lain. Namun anda tidak akan mendapatkan bonus 4.000 miles tersebut.

Dengan memesan melalui Rocketmiles, anda berpeluang untuk mendapatkan 4.000 miles Aegean dengan harga Rp 355.000 saja.

Jika anda memang sedang dalam posisi mencari hotel, tentunya Rocketmiles menjadi salah satu opsi menarik untuk menginap + mendapatkan miles dengan lebih murah.

Namun ingat untuk selalu menggunakan valuasi miles untuk menentukan apakah anda akan/telah mendapatkan miles tersebut dengan harga yang baik atau tidak.

Valuasi Poin & Miles Terkini Versi PinterPoin

Cara Menggunakan

Untuk menggunakan, langkah-langkahnya cukup simpel:

Pastikan anda sudah mendaftarkan akun frequent flyer anda sebelum memesan hotel agar bisa mendapatkan bonus miles.

  • Di halaman utama, gunakan mesin pencarian hotel Rocketmiles. Pilih lokasi, jenis frequent flyer program untuk mendapatkan bonus, beserta tanggal dan jumlah tamu/kamar

GarudaMiles merupakan salah satu dari partner Rocketmiles.

  • Hasil pencarian hotel akan keluar seperti ini, anda bisa melihat jumlah miles yang akan anda dapatkan di bagian kanan

Anda bisa mendapatkan bonus 4.000 miles saat memesan hotel Mandarin Oriental Jakarta melalui Rocketmiles.

  • Sebagai perbandingan, anda bisa mencari harga dari hotel yang sama tersebut di tanggal yang sama melalui Google

  • Lalu anda hanya perlu menyelesaikan pemesanan hotel tersebut untuk mendapatkan bonus miles yang dijanjikan.

Pendapat

Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan dari Rocketmiles menurut saya:

Kelebihan

  • Anda bisa memesan hotel untuk orang lain dan tetap mendapatkan bonus miles tersebut! Bagi saya ini adalah fitur paling menarik dari Rocketmiles.
  • Jika anda sedang mencari hotel independent yang tidak memiliki loyalty program, maka Rocketmiles akan sangat berguna bagi anda untuk tetap mendapatkan poin/miles.
  • Terkadang, Rocketmiles menawarkan harga yang sama persis dengan OTA lain, namun kelebihannya anda akan mendapat bonus miles saat memesan hotel melalui Rocketmiles.
  • Valuasi dari miles yang didapat melalui Rocketmiles seringkali melebihi valuasi dari poin loyalty program hotel jika anda memesan langsung di website resmi hotel.

Kekurangan

  • Rocketmiles tidak menampilkan pencarian hotel sebanyak OTA lain, artinya hotel yang anda inginkan bisa saja tidak tampil di Rocketmiles.
  • Sama seperti OTA lain, anda tidak akan mendapatkan poin pada loyalty program hotel pilihan anda.
  • Hotel-hotel di Indonesia yang berpartisipasi dengan Rocketmiles tidak menawarkan bonus miles yang menggiurkan ketimbang di luar negeri seperti di Amerika, Jepang, dan Eropa.
  • Seluruh pemesanan hotel melalui Rocketmiles sifatnya adalah “Non-Refundable“, artinya anda tidak bisa membatalkan pemesanan hotel anda & mendapatkan uang kembali.

Hotel di luar negeri biasanya akan memberikan bonus miles yang lebih besar.

Penutup

Rocketmiles bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang mencari cara untuk mengumpulkan miles sembari menginap di hotel. Menurut saya, Rocketmiles juga sangat cocok bagi anda yang tidak terikat dengan loyalty program hotel manapun.

Saya pribadi hanya akan menggunakan Rocketmiles pada saat sedang diadakan promo bonus miles atau saat sedang kekurangan sedikit miles dan kebetulan harus menginap di hotel.

Apakah anda pernah menggunakan Rocketmiles sebelumnya? Bila belum, apakah anda tertarik untuk menggunakannya?