Berita & Promo, Kartu Kredit

BCA Luncurkan Kartu Kredit Co-Brand Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite Baru

BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite. Kredit: BCA.

Panduan Lengkap KrisFlyer, Frequent Flyer Program Singapore Airlines

Ulasan: Singapore Airlines Suites A380 Singapore to Hong Kong Rute Suites Paling Terjangkau


Bank BCA baru saja meluncurkan kartu co-brand terbaru dengan Singapore Airlines pada hari ini tanggal 3 Desember 2018 di pelataran Ramayana, hotel Kempinski Jakarta.

BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite. Kredit: BCA.

Kartu ini hadir sebagai versi high-end dari BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature dengan welcome bonus dan rasio perolehan KrisFlyer miles yang lebih besar.

Berikut adalah fitur-fitur andalan dari BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite (Terbaru):

  • Welcome bonus kartu sebesar 12.500 KrisFlyer miles (3.000 miles didapatkan setelah kartu disetujui dan 9.500 miles didapatkan setelah penggunaan sebesar Rp 3.000.000 dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.
  • Mendapatkan 1 KrisFlyer miles setiap pembelanjaan sebesar Rp 8.000.
  • Monthly Spend Bonus sebesar 2.000 KrisFlyer miles setelah penggunaan sebesar Rp 50 juta per bulan/billing cycle atau 1.000 KrisFlyer miles setelah penggunaan sebesar Rp 20 juta per bulan/billing cycle.

Penting: Welcome bonus hanya diberikan untuk pengajuan kartu baru. Apabila anda mengupgrade kartu BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature, maka anda tidak akan mendapatkan welcome bonus.

Pemegang kartu baru ini akan tetap mendapatkan manfaat unik seperti gratis minuman di Starbucks di seluruh bandara Indonesia, buy 1 get 1 tiket XXI Premiere, dan cicilan 6 bulan dengan bunga 0% pembelian tiket Singapore Airlines atau SilkAir.

Kini terdapat 3 kartu kredit co-brand Singapore Airlines. Kredit: BCA.

Dengan penambahan kartu terbaru ini, maka terdapat 3 kartu kredit co-brand Singapore Airlines yang terdiri dari:

Berikut tabel perbedaan dari ketiga kartu tersebut secara sekilas:

Potensi mendapatkan rasio perolehan KrisFlyer miles yang lebih baik

Tertulis jika penggunaan kartu kredit per bulan anda menyentuh Rp 20 juta dan Rp 50 juta, maka anda akan mendapatkan bonus KrisFlyer miles sebesar 1.000 dan 2.000 miles.

Uniknya, secara matematis perolehan KrisFlyer miles akan lebih efisien ketika anda hanya menggunakan kartu hingga Rp 20 juta saja.

Jika dikalkulasikan, berikut penjelasannya:

Penggunaan Rp 20 juta per bulan

(Rp 20.000.000 ÷ Rp 8.000) + 1.000 bonus miles = 3.500 KrisFlyer miles

Perolehan efektifnya adalah Rp 5.714 per 1 KrisFlyer miles

Penggunaan Rp 50 juta per bulan

(Rp 50.000.000 ÷ Rp 8.000) + 2.000 bonus miles = 8.250 KrisFlyer miles

Perolehan efektifnya adalah Rp 6.060 per 1 KrisFlyer miles

Setelah dikonfirmasi dengan pihak BCA, jika penggunaan kartu menyentuh Rp 50 juta perbulan, bonus 1.000 KrisFlyer miles untuk penggunaan sebesar Rp 20 juta tidak akan didapatkan. Nasabah hanya akan mendapatkan bonus 2.000 KrisFlyer miles.

Menurut saya ini adalah suatu kesalahan krusial dari kartu ini. Seharusnya, semakin besar penggunaan kartu kredit, semakin besar pula seharusnya bonus yang didapatkan.

Nilai intrinsik dari welcome bonus kartu ini

Mari berasumsi anda telah menyelesaikan syarat untuk mendapatkan welcome bonus dari kartu ini, yaitu dengan penggunaan kartu sebesar Rp 3.000.000 sejak 2 bulan kartu anda disetujui. Maka anda akan berhasil mengumpulkan 12.875 KrisFlyer miles yang didapat dari perhitungan berikut:

375 KrisFlyer miles (Rp 3.000.000 ÷ Rp 8.000) + welcome bonus 12.500 miles

Saya pribadi memvaluasi KrisFlyer miles sebesar Rp 210 / 1 KrisFlyer mile. Artinya, anda akan mendapat valuasi sebesar Rp 2.703.750 dari welcome bonus ini. Tentunya sangat worth it ketimbang dengan iuran tahunan yang harus anda bayarkan, yakni sebesar Rp 750.000.

Anda bisa membaca tentang valuasi poin dan miles terkini versi PinterPoin di link berikut:

Valuasi Poin & Miles Terkini

Hal yang bisa anda lakukan dengan welcome bonus ini

Dengan 12.875 KrisFlyer miles, anda bisa menukarkan sebuah sekali jalan tiket business class Jakarta – Singapore seharga 12.250 miles pada saat diadakan promo bulanan Spontaneous Escapes. Tentunya ini menjadi kesempatan emas bagi anda yang belum pernah merasakan terbang di business class sebelumnya.

Terbang di business class A350 Singapore Airlines menggunakan welcome bonus dari kartu kredit terbaru BCA ini. Kredit: Singapore Airlines.

Anda juga bisa menukarkan tiket P.P. Jakarta – Singapore di economy class Singapore Airlines hanya dengan 10.500 miles pada saat diadakan promo bulanan Spontaneous Escapes.

Selengkapnya tentang Spontaneous Escapes KrisFlyer bisa dibaca di artikel PinterPoin berikut:

Bulan December – KrisFlyer Spontaneous Escapes: Promo Diskon 30% Penukaran Miles Penerbangan Singapore & Silk Air

Iuran tahunan, syarat penghasilan, dll.

Iuran tahunan dari kartu ini adalah Rp 750.000 untuk pemegang kartu utama dan Rp 450.000 untuk kartu tambahan.

Bersumber dari call center BCA, minimum penghasilan untuk kartu ini adalah Rp 50.000.000 per bulan. Pemegang kartu kredit BCA yang memiliki limit kredit minimum sebesar Rp 30.000.000 berhak untuk mendapatkan kartu ini secara instan dengan menelpon call center BCA.

Bagi pemegang kartu BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature, anda sudah tidak berhak untuk mendapatkan welcome bonus dari kartu terbaru ini.

Untuk kartu kredit lain rekomendasi PinterPoin bisa ditemukan di link berikut:

Kartu Kredit Travel & Welcome Bonus Terbaik (Non-High End)

Penutup

Menurut saya, keputusan BCA untuk menghadirkan kartu ini bisa dibilang cukup tepat. Mengapa? Karena kartu kredit BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite yang mempunyai rasio perolehan KrisFlyer terbaik (Rp 5.000 / 1 KrisFlyer mile sebelum memfaktorkan Monthly Spend Bonus) hanya bisa didapatkan oleh anggota PPS.

Kartu ini akan menjadi andalan baru bagi para pemegang kartu BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature. karena rasio perolehan KrisFlyer miles yang lebih baik yakni Rp 8.000 / 1 mile.

Apakah anda tertarik untuk mendapatkan kartu kredit terbaru ini?

22 Comments

  1. Arief

    Besok mau coba apply ke BCA. Lmyn bgt nih 1 miles per Rp 8.000.

    • Arief,

      Kartu ini sepertinya akan menarik perhatian banyak pihak & membantu memperkenalkan poin dan miles ke masyarakat luas.

      Semoga beruntung ya aplikasi kartu kreditnya.

    • Andree

      Sebetulnya kl pengeluaran nya bisa maintain pas di 20jt per bulan hitungan miles nya kurang lebih akan menjadi Rp. 5.700 / miles karena ada penambahan bonus 1000 miles.. kl saya sendiri masih mempertimbangkan lagi karena cc ini langsung transfer ke kf nya setelah billing cycle dengan kata lain cuma punya waktu 2 tahun sebelum kf nya expire.

      • Andree & Arief,

        Betul sekali, kalau anda bisa mencapai 50jt per bulan, maka akan mendapat bonus lagi

        Salah satu kekurangan dari kartu ini adalah instantaneous point transfer ke KrisFlyer, artinya miles yang masuk akan memiliki masa berlaku selama 3 tahun.

  2. Dan

    Point nya bisa expire ngak?

  3. Michael

    Thx infonya. Langsung saya telpon halo bca tanggal 4des, karena saya memang mengumpulkan poin kf melalui bca kris visa sig, perhitungan miles menjadi 8000/miles sangat menguntungkan. Info dari bca untuk pengguna existing cc bca dengan limit min 30juta bisa langsung dicetakan. Saat ini kartu visa infinite sudah dicetakan dan akan dikirimkan max 5hari kerja.

    • Michael,

      Anda berpotensi untuk mendapatkan bonus miles lebih jika menggunakan kartu sebesar Rp 20 atau 50 juta per bulan.

      Terima kasih telah berbagi informasi, apakah anda masih eligible untuk mendapatkan welcome bonusnya?

    • Isdi

      Michael, thanks infonya. Saya barusan juga telp halobca dan situasi saya sama persis dengan anda sebagai pemegang bca kris visa sig. Walaupun cc saya limitnya sudah diatas 30juta, tetapi info yang saya dapatkan sedikit berbeda, sifatnya proses pengajuan, jadi nanti akan diproses dalam 5 hari kerja.

      Oya dan saya juga tanyakan untuk welcome bonus nya, dan menurut info CS, iya welcome bonus tetap akan diberikan.

      • Andree

        Aneh ya saya tadi baru telp juga call center prioritas nya, disampaikan bahwa welcome bonus tersebut hanya berlaku untuk pengajuan kartu kredit SIA baru, kalau upgrade tdk diberikan, nampaknya ini sama dengan ketentuan yg tertulis di flyer kartu kredit di atas.

      • Michael

        Untuk pengajuan kartu tambahan setau saya untuk bca pasti berhasil, selama tidak masuk ke black list bi, atau kolek 2-5. Akan tetapi call centre tidak memiliki data tersebut, oleh karenanya sifatnya dikatakan “pengajuan”, nanti akan di cek oleh analis bag cc.

        Untuk welcome miles, pemilik visa signa kris bca tidak dapat welcome bonus, tricknya bisa minta dihapuskan dulu visa signanya, kemudian ajukan kembali visa infinite krismiles non pps setelah 6bulan. Kembali lagi pasti disetujui asalkan bca cardnya tetap aktif. Karena kartu utama bca adalah yang bca cardnya. Cmiiw.

        • Michael,

          Terima kasih sudah berbagi informasinya.

          Menurut agen BCA yang saya hubungi, nasabah pemegang kartu SQ Visa Signature akan tetap mendapatkan welcome bonus Visa Infinite dengan kondisi mengajukan kartu baru. Bagi nasabah yang meng-upgrade kartu Visa Signature ke Visa Infinite, welcome bonus tidak akan diberikan lagi.

          Menarik untuk diteliti lagi karena sepertinya jawaban dari tiap agen BCA berbeda-beda.

  4. steven hartono

    saya juga sudah mengajukan upgrade untuk visa signature saya ke visa infinite dan menutuhkan 5 hari kerja untuk proses pengajuan. proses upgrade ini dapat d ajukan namun kita sebagai pemilik visa signature tidak akan mendapatkan welcome bonus. sekian informasi dari saya. thx

  5. erick

    Hi mau tanya jika saya sudah punya kartu bca visa signature tetapi anggota KF sy sudah kadaluarsa itu bagaimana ya? apakah bisa mengajukan kk baru yg infinite?

    • Erick,

      Apakah selama 3-4 tahun belakangan, anda tidak menggunakan kartu visa signature anda sama sekali?

      Anda tetap bisa mendapatkan kartu Visa Infinite dan menggunakan nomor keanggotaan baru yang tertera di kartu kredit tersebut.

      • Dave

        Hai kk admin,
        sepertinya besok saya akan mencoba apply kartu baru deh..
        n pastinya dpt KF membership baru..
        supaya dapat mendapatkan welcome bonus itu..

        jika tidak bisa baru diupgrade deh 🙂
        12.500 miles belanja 3jt sih wonderful bngt 🙂

  6. Gery

    Saya tweet ke halobca dan begini respon mereka :

    Kami infokan kpd Bpk Gery utk program welcome offer hanya berlaku untuk customer baru Kartu Cobrand BCA SIA tsb dan tidak berlaku jika sebelumnya Bpk sudah memiliki kartu Visa Signature dan mengajukan kartu Visa Infinite ya. Tks 🙂 ^dian

  7. Chris

    Kalau kartu tambahan, apakah bisa mendapat Welcome bonus juga ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: