Dilansir dari laman resmi Garuda Indonesia, mulai 23 Maret 2019 mendatang, Garuda Indonesia akan membuka kembali rute Jakarta – Nagoya.

Terbang ke Nagoya non-stop dengan Garuda Indonesia. Foto: PlanetWare.

Garuda Indonesia akan menggunakan pesawat Airbus A330 dengan 2 kelas yaitu ekonomi dan bisnis untuk rute ini. Penerbangan ini akan di lakukan sebanyak 4 kali seminggu yaitu setiap hari Selasa, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Garuda Indonesia di ketahui telah beberapa kali membuka dan menutup rute Jakarta/Denpasar – Nagoya. Pembukaan kembali rute Jakarta – Nagoya kemungkinan di lakukan karena banyak nya permintaan pihak Jepang kepada Garuda Indonesia.

Tahun ini, Gubernur Prefektur Aichi Jepang juga menyampaikan permintaan tersebut pada saat bertemu dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Jakarta.

Garuda Indonesia akan menggunakan A330-300 untuk rute Jakarta – Nagoya. Photo Aviation Tribune

A330 Garuda Indonesia

Garuda Indonesia memiliki 2 versi pesawat Airbus tipe A330, yaitu:

  • Versi pertama atau versi lama memiliki 42 kursi kelas bisnis (angle-flat seat) dengan konfigurasi 2-2-2 dan 215 kursi ekonomi dengan konfigurasi 2-4-2.
  • Versi baru dari A330 memiliki 24 kelas bisnis (flat-bed seat) yang dikenal sebagai super diamond seat dengan konfigurasi 1-2-1 dan 239 kelas ekonomi dengan konfigurasi 2-4-2.

Sebagai informasi, Garuda Indonesia juga sedang memesan 14 pesawat Airbus A330-900neo yang rencananya akan mulai di kirim tahun 2019.

Kursi business class super diamond Garuda Indonesia A330. Foto: Australian Business Traveller.

Rute Garuda Indonesia ke Jepang

Hingga saat ini, Garuda Indonesia hanya terbang ke 2 kota di Jepang yaitu Tokyo dan Osaka. Jika Garuda Indonesia membuka kembali rute ke Nagoya, rute ini akan menjadi kota ke 3 di Jepang.

Sampai tahun 1996, Garuda Indonesia pernah terbang ke kota Fukuoka. Ada yang mengatakan Garuda Indonesia tidak di perbolehkan terbang ke Fukuoka setelah kecelakaan yang terjadi pada bulan Juni 1996 yang menyebabkan 3 orang meninggal. Kabarnya Garuda Indonesia akan di izinkan terbang ke Fukuoka lagi setelah 25 tahun, yaitu pada tahun 2021.

Cara redeem tiket award

Anda bisa menggunakan GarudaMiles untuk membeli tiket dari Jakarta ke Nagoya. Jumlah miles yang di perlukan cukup besar yaitu 35.000 miles untuk kelas ekonomi dan 63.000 miles untuk kelas bisnis perjalanan satu arah.

Untuk panduan lengkap GarudaMiles, silahkan klik di sini.

Anda memerlukan 35.000 miles untuk membeli tiket award (Jakarta – Jepang) kelas ekonomi dan 63.000 miles kelas bisnis perjalanan satu arah.

Jika anda adalah frequent flyer dari salah satu anggota SkyTeam, anda juga bisa membeli tiket award untuk terbang dengan Garuda Indonesia.

Contohnya, frequent flyer program Korean Air, SKYPASS menawarkan jumlah miles yang lebih sedikit dibandingkan GarudaMiles pada rute ini dengan 50.000 miles (economy class) dan 75.000 miles (business class) untuk perjalanan pergi-pulang.

Panduan lengkap SKYPASS Korean Air bisa di baca di sini.

Tabel redeem miles SKYPASS. Jepang termasuk Asia 1 dan Indonesia termasuk Asia 2

Penting : Anda di haruskan membeli penerbangan pergi-pulang jika anda menggunakan SKYPASS Miles untuk membeli tiket award anggota SkyTeam kecuali Korean Air.

Penutup

Maskapai Jepang belum pernah membuka rute penerbangan nonstop dari Nagoya ke Indonesia. Keputusan Garuda Indonesia membuka kembali rute Jakarta – Nagoya menurut saya sudah sangat tepat. Banyak penumpang, terutama pebisnis yang bisa menghemat waktu perjalanan mereka dari Jakarta ke Nagoya atau sebaliknya.

Apakah anda tertarik untuk terbang non-stop ke Nagoya bersama Garuda Indonesia?