Pada akhir tahun 2015, ANA memesan 3 pesawat Airbus tipe A380 yang akan di gunakan untuk penerbangan rute Tokyo – Honolulu. Dan akhirnya pada hari Selasa, 27 November 2018, ANA mengumumkan A380 pertama mereka akan digunakan mulai tanggal 24 Mei 2019.

A380 pertama dengan nomor registrasi JA381A akan selesai di cat pada pertengahan bulan Desember dan akan di serahkan ke ANA pada bulan Maret 2019.

ANA menggelar konferensi pers untuk jadwal A380 mereka. Kredit Tadayuki YOSHIKAWA / Aviation Wire

Rute Narita – Honolulu dengan A380 akan dijadwalkan terbang 3 kali seminggu setiap hari Selasa, Jumat dan Minggu.

Kemudian, jika pesawat kedua A380 selesai sesuai rencana pada bulan Juli 2019, jumlah penerbangan akan ditambah. Untuk hari Selasa, Jumat dan Minggu, akan ada 2 kali penerbangan Narita – Honolulu dan untuk hari Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu, akan ada 1 kali penerbangan.

Pesawat ketiga A380 di jadwalkan akan selesai pada tahun 2020. Untuk saat ini, ANA menggunakan pesawat Boeing tipe 787-9 dengan kapasitas 246 penumpang, yaitu 40 kelas bisnis, 14 kelas premium ekonomi dan 192 kelas ekonomi.

Kelas dalam A380 ANA

A380 ANA akan memiliki 4 kelas penerbangan dengan total kapasitas 520 penumpang yaitu 8 kursi first class, 56 business, 73 premium economy dan 383 economy class.

Upper deck (lantai 2 pesawat) hanya di khususkan untuk penumpang first, business dan premium economy class. Konfigurasi kursi 1-2-1 di gunakan untuk first dan business class dan 2-3-2 untuk premium economy class.

Konfigurasi kursi A380 ANA. Kredit ANA

Kemudian main deck (lantai 1 pesawat) di khususkan untuk penumpang kelas ekonomi dengan konfigurasi 3-4-3. Di bagian paling belakang, di sediakan 60 kursi kelas ekonomi dengan couch seat yang di namakan ANA Couchii. ANA juga akan menyediakan Counter Bar di setiap kelas.

Untuk kursi first class, kali ini ANA akan memasang pintu di setiap kursi untuk menambah privasi dan kenyamanan penumpang.

Kursi First Class A380 ANA dengan pintu di setiap kursi nya. Kredit Tadayuki YOSHIKAWA / Aviation Wire

ANA COUCHii yaitu kursi ekonomi ANA yang bisa di jadikan tempat tidur. Kredit Tadayuki YOSHIKAWA / Aviation Wire

Lounge ANA di Honolulu

ANA berencana akan membuka lounge baru di bandara internasional Daniel K. Inouye (Honolulu) yang nantinya bisa di akses oleh penumpang first, business dan premium economy class. ANA juga akan membuat akses khusus dari lounge ke pesawat A380 lantai 2 untuk memudahkan penumpang untuk boarding.

Ilustrasi lounge ANA di bandara internasional Daniel K. Inouye. Kredit ANA

Livery A380 ANA

ANA A380 akan menggunakan desain gambar penyu dengan 3 warna, yaitu:

  • Blue yang terinsipirasi dari warna langit biru Hawaii
  • Emerald Green yang terinspirasi dari kejernihan warna laut Hawaii
  • Orange yang terinspirasi dari indahnya matahari terbenam di Hawaii

ANA juga menamai 3 pesawat tersebut dengan bahasa Hawaii. “Lani” untuk penyu biru (yang artinya langit), “Kai” untuk penyu hijau (yang artinya laut) dan yang terakhir “Ka La” untuk penyu jingga (yang artinya matahari terbenam).

Ketiga pesawat A380 ANA dengan desain gambar penyu. Kredit DestinAsian

Penutup

Tidak banyak maskapai di dunia yang menggunakan A380 di karenakan mahalnya biaya operasi pesawat ini. Pesawat ini juga memiliki kapasitas penumpang yang sangat besar sehingga maskapai harus benar-benar menggunakan A380 untuk destinasi populer saja.

Hawaii adalah salah satu tujuan wisata yang paling populer untuk orang Jepang. Meskipun banyak tur di Jepang menawarkan wisata ke Hawaii dengan harga yang tidak murah, wisawatan dari Jepang ke Hawaii tidak pernah menurun jumlahnya. Saya pikir ini salah satu alasan kenapa ANA berani menggunakan A380 untuk rute dari Tokyo ke Hawaii.

Apakah anda tertarik untuk mencoba menggunakan produk baru A380 ANA untuk terbang ke Hawaii?