Selamat datang di panduan lengkap Hilton Honors.

Hilton Honors adalah sebuah loyalty program hotel grup Hilton yang menaungi 16 brand hotel terkemuka seperti Waldorf Astoria, Conrad, Hilton, DoubleTree, dst.

Pada panduan lengkap ini, anda akan bisa mengenal lebih dekat dengan loyalty program ini dan belajar tentang cara mendapatkan dan menggunakan poin Hilton Honors.

Akhirnya, Waldorf Astoria akan segera berkiprah di Indonesia. Foto konsep Waldorf Astoria Bali Bukit Pandawa. Kredit: Waldorf Astoria.

Saya pribadi memvaluasi poin Hilton Honors sebesar Rp 90 / 1 poin. Anda bisa menuju ke artikel PinterPoin ini untuk mengetahui valuasi poin dan miles terkini dari tiap frequent flyer program dan hotel loyalty program ternama.

Penting: Poin akan kadaluwarsa jika tidak ada aktivitas pada akun anda selama 12 bulan sejak aktivitas terakhir. 

Bergabung Menjadi Anggota Hilton Honors

Bagi anda yang belum terdaftar sebagai anggota Hilton Honors, anda bisa menggunakan link khusus dibawah untuk mendapatkan bonus 2.500 poin Hilton Honors:

Daftar sebagai anggota Hilton Honors menggunakan link referral PinterPoin ini untuk mendapatkan welcome bonus sebesar 2.500 poin

Mengikuti valuasi PinterPoin, anda akan mendapatkan welcome bonus yang setara dengan Rp 225.000.

Hotel Anggota Hilton Honors

Hotel-hotel yang tergabung dengan Hilton Honors.

Terdapat 16 brand hotel yang tergabung dengan Hilton Honors, yaitu:

  • Waldorf Astoria
  • LXR
  • Conrad
  • Canopy
  • Hilton
  • Curio Collection
  • DoubleTree
  • Tapestry Collection
  • Embassy Suites
  • Motto by Hilton
  • Hilton Garden Inn
  • Hampton
  • Tru by Hilton
  • Homewood Suites
  • Home2 Suites
  • Hilton Grand Vacations

Mendapat Poin Hilton Honors

Karena tidak ada bank di Indonesia yang bekerja sama sebagai rekanan transfer poin dari program Hilton Honors, maka perolehan poin akan difokuskan pada metode lain seperti menginap, bonus poin, menyewa mobil, menyelenggarakan acara di hotel Hilton, dan pembelian poin Hilton Honors.

Menginap

Pada Hilton Honors, semakin tinggi status elite yang anda miliki, maka akan semakin cepat anda mengumpulkan poin dari menginap.

Semakin tinggi status yang anda miliki, maka akan semakin mudah bagi anda untuk mengumpulkan poin Hilton.

Contoh perolehan poin anggota non-elite v.s. Gold:

Jika anda menginap 1 malam di hotel Hilton seharga US $100, maka perolehan poin anda sebagai berikut:

Member: US $100 x 10 poin = 1.000 poin Hilton Honors

Gold: US $100 x 10 poin + bonus 8 poin = 1.800 poin Hilton Honors

Anda bisa menjadi member Gold Hilton secara instan hanya dengan Rp 1.500.000 saja! Cari tahu caranya di artikel PinterPoin berikut:

Tips: Menjadi Anggota Gold Accor, Hilton, dan Diamond Best Western Hanya Dengan Rp 1,5 Juta!

Promosi Bonus Poin Hilton

Hilton sering mengadakan promo dimana anda akan mendapat bonus poin saat menginap di hotel pada periode tertentu. Pastikan anda sudah terdaftar sebagai anggota Hilton Honors dan setuju untuk menerima e-newsletter agar tidak ketinggalan promo terbaru dari Hilton.

Pastikan anda telah terdaftar sebagai anggota Hilton Honors dan setuju untuk menerima e-newsletter.

Secara historis, saya sering menerima penawaran seperti mendapatkan bonus 2.000 – 5.000 poin setelah menginap selama 2-5 kali. Promo yang anda dapatkan sifatnya adalah targeted. Tidak semua orang eligible untuk mendapatkan penawaran.

Mendapat Bonus Hadiah Poin Saat Menginap & Milestone Bonus Tiap 10 Malam

Saat anda sudah mencapai keanggotaan Gold atau Diamond, anda berhak untuk mendapatkan bonus poin dari 250 hingga 1.000 poin per stay. Klik disini untuk melihat detil bonus yang akan anda dapatkan.

Anda juga berpeluang untuk mendapatkan 10.000 poin setiap kali anda telah menginap 10 malam. Promo ini hanya akan teraktivasi setelah anda sudah menginap 40 malam pada kalender tahun yang sama.

Setelah anda mencapai 60 malam, Hilton akan menghadiahkan anda 60.000 poin dan status Diamond.

Membeli Poin Hilton Honors

Anda bisa membeli poin Hilton Honors dengan pecahan US $10 per 1.000 poin , namun hanya saya sarankan saat Hilton sedang mengadakan promo bonus poin seperti ini:

Saya mendapat penawaran bonus 100% poin setiap pembelian sebanyak 10.000 poin minimal.

Berikut valuasi poin yang anda dapatkan dari harga promo dan non-promo:

  • Promo: US $100 atau Rp 1.455.000 / 20.000 poin = Rp 72,75 / 1 poin
  • Non-promo: US $100 atau Rp 1.455.000  / 10.000 poin =  Rp 145,5 / 1 poin

Saya memvaluasi poin Hilton sebesar Rp 90 / 1 poin. Artinya, saat promo bonus 100% dilangsungkan dan anda menukarkan poin anda untuk menginap di Hilton Garden Inn Bali, anda akan membeli poin dengan profit sebesar Rp 17,25 per 1 poin.

Manfaatkan poin dan fitur 5th Night Free untuk menginap di Hilton Garden Inn Bali selama 5 malam hanya dengan Rp 1.455.000! Kredit: Hilton Garden Inn Bali.

Dengan 20.000 poin tersebut atau Rp 1.455.000, anda bisa menginap di Hilton Garden Inn Bali 4 hingga 5 malam (Jika anda memanfaatkan fitur5th Night Free)!

Bandingkan jika anda harus membayar normal, anda harus mengeluarkan setidaknya Rp 4.000.000 untuk menginap 5 malam di hotel tersebut.

Points Pooling

Anda bisa menyatukan poin anda dengan anggota keluarga secara gratis. Anda bisa memberikan maksimal 500.000 poin dan menerima maksimal 2.000.000 poin pada 1 tahun yang sama.

Metode ini cocok bagi anda yang memiliki tabungan poin yang terpisah dengan pasangan anda atau anggota keluarga lain.

Menyelenggarakan Acara di Hotel Hilton

Ini merupakan sebuah cara unik dan tentunya hanya dapat dimanfaatkan oleh sebagian orang saja. Anda bisa mendapatkan 1 poin per US $1 untuk acara yang anda selenggarakan di hotel Hilton.

Selenggarakan acara di ballroom Conrad Bali dan dapatkan poin Hilton Honors! Kredit: Conrad Bali.

Tentunya metode ini cocok bagi anda yang sering menyelenggarakan acara di hotel. Langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

Sewa Mobil

Umumnya, anda bisa mendapatkan 500 (minimal) hingga 5.000 poin Hilton Honors saat anda menyewa mobil dengan Alamo, Enterprise, dan National.

Dapatkan poin Hilton Honors saat anda menyewa mobil.

Klik disini untuk informasi lengkap tentang perolehan poin melalui penyewaan mobil

Pastikan anda memasukkan nomor keanggotaan Hilton Honors anda saat akan menyewa mobil dengan ketiga perusahaan tersebut. Umumnya, anda bisa menemui ketiga perusahaan tersebut di hampir seluruh negara-negara berkembang di Amerika, Asia, Eropa, Australia, dst.

Membeli Keanggotaan Priority Pass

Priority Pass umumnya bisa didapatkan secara gratis melalui beberapa kartu kredit seperti Citibank Premier Miles Visa SignatureStandard Chartered WorldMiles Mastercard, dll.

Dapatkan bonus poin Hilton Honors saat anda membeli keanggotaan Priority Pass. Kredit: Priority Pass.

Namun, bagi anda yang tidak memiliki kartu kredit yang memberikan akses ke Priority Pass, anda juga bisa membeli keanggotaan Priority Pass dan mendapatkan bonus poin Hilton:

  • Dapatkan 4,000 Hilton Honors poin untuk pembelian Priority Pass Standard
  • Dapatkan 6,500 Hilton Honors poin untuk pembelian Priority Pass Standard Plus
  • Dapatkan 10,000 Hilton Honors poin untuk pembelian Priority Pass Prestige

Gunakan link ini untuk membeli keanggotaan Priority Pass anda, ingat untuk mencantumkan nomor keanggotaan Hilton Honors anda untuk mendapatkan bonus poin tersebut.

CruisesOnly

Anda bisa mendapatkan bonus poin Hilton Honors saat membeli tiket berlayar di kapal pesiar melalui CruisesOnly. Berikut adalah tabel perolehan poinnya:

Gunakan link ini untuk memesan atau mendapatkan informasi lebih.

Menggunakan Poin Hilton Honors

Reward Nights

Menukarkan poin untuk menginap adalah cara terbaik untuk memaksimalkan valuasi poin Hilton Honors anda. Hilton tidak menerapkan harga tetap untuk reward nights. Anda akan melihat fluktuasi harga di periode tertentu, jumlah poin yang dibutuhkan pada saat high season akan meningkat, berlaku juga sebaliknya saat low season, jumlah poin yang diperlukan akan menurun.

Umumnya, anda akan mendapatkan valuasi poin yang lebih saat anda menukarkan poin anda untuk hotel yang masuk dalam kategori 5.000 sampai 20.000 poin per malam. Namun, hotel kategori tersebut umumnya cukup langka untuk ditemui. Untungnya, Indonesia memiliki hotel dalam kategori tersebut, baca selengkapnya di bawah.

Anda bisa menginap di Hilton Garden Inn Bali hanya dengan 5.000 poin per malam! Kredit: Agoda.

Anda juga bisa menggunakan poin anda untuk kamar kategori yang lebih tinggi. Namun, jika anda sudah memiliki status elite dengan Hilton, maka saya sarankan untuk memesan kamar dengan requirement poin terendah saja. Anda akan mendapat fasilitas upgrade kamar dari status elite anda.

5th Night Free

Manfaat ini hanya bisa anda manfaatkan setelah anda telah mencapai keanggotaan Silver. Saat anda menggunakan poin (seluruhnya) untuk menginap selama 5 malam, maka malam ke 5 tersebut akan digratiskan.

Intinya, anda hanya perlu menggunakan poin untuk 4 malam saja untuk menginap selama 5 malam.

Transfer Poin ke Airlines

Anda bisa mentransfer poin Hilton Honors ke 42 maskapai penerbangan di dunia. Berikut contoh rasio transfer poin ke sejumlah maskapai:

  • Air Asia: 10.000 Hilton Honors = 2.000 AirAsia BIG (5:1)
  • Alaska Airlines: 10.000 Hilton Honors = 1.000 Mileage Plan (10:1)
  • American Airlines: 10.000 Hilton Honors = 1.500 Aadvantage (6,66:1)
  • Cathay Pacific: 10.000 Hilton Honors = 1.000 Asia Miles (10:1)
  • Emirates: 10.000 Hilton Honors = 1.000 Emirates Skywards Miles (10:1)
  • Etihad: 10.000 Hilton Honors = 1.000 Etihad Guest (10:1)
  • EVA Air: 1.000 Hilton Honors = 100 EVA Bonus Miles (10:1)
  • Garuda Indonesia: 10.000 Hilton Honors = 1.000 GarudaMiles (10:1)
  • Singapore Airlines: 4.000 Hilton Honors = 500 KrisFlyer (8:1)

Untuk rasio transfer pada maskapai lain, anda bisa menuju ke link ini.

Namun, saya tidak menyarankan anda untuk melakukannya karena valuasi yang anda dapatkan sangatlah rendah. Cara terbaik untuk memaksimalkan poin Hilton Honors adalah melalui reward nights.

Hilton On-Property Rewards

Pada saat anda berada di hotel, anda bisa menukarkan poin anda untuk rewards seperti sewa lapangan golf, water sports, paket wisata, dll.

Selengkapnya bisa dibaca di laman resmi Hilton ini.

Redemption Experiences

Anda bisa menukarkan poin anda atau mengikuti lelang dengan poin untuk mendapatkan akses ke acara, restoran, konser, pekan olahraga, dll. Ini merupakan cara unik untuk menggunakan poin Hilton Honors anda.

Contoh acara yang bisa anda dapatkan aksesnya dengan mengikuti lelang atau meredeem poin Hilton anda.

Umumnya, untuk wilayah Asia, tidak terdapat banyak acara. Anda akan menemukan banyak acara di wilayah Amerika dan Eropa.

Contoh acara di Indonesia:

Berikut adalah contoh acara di Indonesia, tukarkan 25.000 poin Hilton Honors anda untuk tiket Calum Scott!

Klik disini untuk mencari acara spesial yang cocok untuk anda.

Donasi Poin Untuk Amal

Anda bisa menyumbangkan poin anda untuk amal. Namun, karena valuasi yang cukup rendah, saya sarankan anda untuk menyumbangkan uang saja ketimbang poin.

Tingkat Keanggotaan

Tingkatan keanggotaan pada program Hilton Honors.

Terdapat 4 tingkat keanggotaan pada program Hilton Honors yang bisa anda dapatkan dengan menginap atau mengumpulkan poin dengan nominal yang ditentukan:

Member

Didapatkan secara otomatis saat anda mendaftar sebagai anggota Hilton Honors. Berikut manfaat yang anda dapatkan dari tingkat keanggotaan awal ini:

  • Memperoleh poin (10 poin per US $1)
  • Diskon khusus anggota Hilton Honors
  • Gratis internet
  • Late check out
  • Tamu ke 2 menginap gratis
  • Digital check in, atur preferensi kamar anda untuk proses check in yang lebih cepat dan efisien
Silver

Keanggotaan Silver bisa anda dapatkan setelah menginap 10 malam atau 4 stays*. Berikut manfaat yang anda dapatkan dari keanggotaan Silver:

  • Seluruh manfaat dari Member diatas
  • Bonus 20% poin saat menginap (12 poin per US $1)
  • 5th Night Free, saat anda menggunakan poin untuk menginap 5 malam, maka malam ke 5 anda akan digratiskan
  • Mendapat gratis dua botol air mineral saat menginap
Gold

Keanggotaan Gold bisa anda dapatkan setelah menginap 40 malam atau 20 stays* atau setelah anda mengumpulkan 75.000 base poin Hilton Honors.

Baca juga: Anda bisa menjadi anggota Gold Hilton Honors secara instan hanya dengan Rp 1.500.000.

Berikut manfaat yang anda dapatkan dari keanggotaan Gold:

  • Seluruh manfaat dari Member dan Silver diatas
  • Bonus 80% poin saat menginap (18 poin per US $1)
  • Upgrade kamar ke preferred room di hotel tertentu (tergantung ketersediaan kamar)
  • Pilihan hadiah berupa 1.000 poin Hilton Honors atau gratis breakfast untuk 2 orang per kamar saat menginap di Waldorf Astoria, Conrad, Curio, Hilton, DoubleTree, dan Tapestry.
  • Pilihan hadiah berupa 750 poin Hilton Honors atau gratis breakfast untuk 2 orang per kamar saat menginap di Hilton Garden Inn.
  • Untuk hotel lain, anda akan mendapat bonus yang bervariasi. Klik disini untuk mengetahui bonus yang akan anda dapatkan.
Diamond

Keanggotaan Diamond bisa anda dapatkan saat menginap 60 malam atau 30 stays *atau setelah anda mengumpulkan 120.000 base poin Hilton Honors. Berikut manfaat yang anda dapatkan dari keanggotaan Diamond:

  • Seluruh manfaat dari Member, Silver, dan Gold diatas
  • Bonus 100% poin saat menginap (20 poin per US $10)
  • Opsi memperpanjang status Diamond selama setahun (hanya berlaku sekali seumur hidup) untuk anggota terpilih
  • 48-hour room guarantee, saat anda memesan kamar maximal 48 jam sebelum waktu menginap, anda dijamin akan mendapatkan kamar
  • Akses internet premium gratis
  • Upgrade kamar hingga ke tingkat Suites
  • Mendapat kedua hadiah, bonus poin dan gratis breakfast untuk 2 orang per kamar saat menginap di Waldorf Astoria, Conrad, Curio, Hilton, DoubleTree, dan Tapestry
  • Akses ke executive lounge di hotel Conrad, Curio, Hilton, DoubleTree, dan Tapestry
  • Untuk hotel lain, anda tetap harus memilih salah satu dari bonus dan akan mendapat bonus yang bervariasi. Klik disini untuk mengetahui bonus yang akan anda dapatkan.

Baca juga: Pengalaman saya menginap di Conrad Bali dengan status Hilton Honors Diamond.

*Stays berbeda artian dengan Nights. Jika anda menginap selama 5 malam berturut-turut di 1 hotel, maka itu akan tergolong sebagai 1 Stay.

Ada beberapa cara untuk mengakalinya, salah satunya adalah dengan menginap berseling, contoh: Menginap 1 malam lalu (tanggal 1), lalu check out dan check in kembali (tanggal 3). Maka anda akan mendapat 2 Stays.

Cara Menjadi Member Gold Hilton Secara Instan

Anda bisa mendapatkan keanggotaan Gold dengan Hilton Honors secara instan. Baca cara lengkapnya hanya di artikel PinterPoin berikut:

Tips: Menjadi Anggota Gold Accor, Hilton, dan Diamond Best Western Hanya Dengan Rp 1,5 Juta!

Nikmati fasilitas upgrade kamar seperti yang saya rasakan di Conrad Bali.

Current Sweet Spot Hilton Honors

Sweet spot adalah kesempatan penukaran miles yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi populer.

Bagi saya, sweet spot dari program Hilton Honors adalah awards nights yang membutuhkan 5.000 poin saja. Anda juga bisa mempermanis sweet spot ini dengan memanfaatkan fitur 5th Night Free Hilton. Saat anda menggunakan poin sepenuhnya untuk memesan 5 malam, maka malam ke 5 di hotel tersebut akan digratiskan.

Anda bisa menginap di Hilton Garden Inn Bali hanya dengan 5.000 poin Hilton Honors saja!

Berikut perbandingan poin v.s. harga untuk hotel Hilton di Bali:

Anda bisa meningkatkan valuasi dari poin Hilton anda dengan menginap di Hilton Garden Inn Bali.

Berikut contoh perhitungan kasar valuasi poin yang anda dapatkan di ketiga hotel tersebut:

  • Hilton Garden Inn Bali: Rp 190 / 1 poin (Rp 950.000 ÷ 5.000 poin)
  • Conrad Bali: Rp 62 / 1 poin (Rp 2.100.000 ÷ 34.000 poin)
  • Hilton Bali Resort: Rp 49 / 1 poin (Rp 2.100.000 ÷ 43.000 poin)

Saya pribadi memvaluasi poin Hilton Honors sebesar Rp 90 / 1 poin. Artinya, anda akan lebih baik membayar dengan uang untuk menginap di Conrad dan Hilton karena anda akan mendapat valuasi poin yang rendah di kedua hotel tersebut.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur 5th Night Free untuk semakin meningkatkan valuasi poin anda. Contohnya, jika anda menggunakan fitur tersebut di Hilton Garden Inn Bali, maka secara matematis, anda hanya memperlukan 4.000 poin per malam!

Anda bisa menuju ke artikel PinterPoin ini untuk mengetahui valuasi poin dan miles terkini dari tiap frequent flyer program dan hotel loyalty program ternama.

Keterangan: Jumlah poin yang dibutuhkan dan harga kamar akan terus berubah. Perhitungan diatas hanyalah gambaran kasar untuk menunjukkan sweet spot dari penggunaan poin Hilton Honors. Saya tidak memfaktorkan potensi poin yang bisa didapat dari menginap berbayar.

Penutup

Hilton Honors merupakan sebuah loyalty program hotel yang cukup solid. Banyaknya properti Hilton di seluruh dunia tentunya menjadi daya tarik tersendiri dari program ini. Saya pribadi memiliki pengalaman yang cukup baik selama menjadi member elite (Diamond & Gold) dari program Hilton Honors ini.

Bagi anda yang belum terdaftar, gunakan link referral PinterPoin ini untuk mendapatkan welcome bonus sebesar 2.500 poin.

Umumnya, dengan portfolio hotel yang luas, anda tidak akan kesulitan untuk menemukan hotel milik Hilton di seluruh dunia. Jika anda sering menginap di brand-brand hotel milik Hilton, maka akan menjadi keputusan mudah bagi anda untuk bergabung menjadi anggota Hilton Honors. Setelah anda mendapatkan status elit dengan Hilton, anda akan semakin mudah mengumpulkan poin dengan adanya manfaat bonus poin untuk anggota elit.

Apakah anda sudah menjadi anggota dari Hilton Honors? Apa loyalty program hotel favorit anda?