Grup AirAsia terus-menerus memperluas jaringan mereka dengan menambah berbagai rute baru. Salah satu rute AirAsia yang cukup populer di kalangan orang Indonesia adalah rute ke Jepang. Orang Indonesia bisa terbang dari berbagai kota di Indonesia menuju ke Jepang dengan transit di Kuala Lumpur.

AirAsia menggunakan pesawat berbadan lebar A330 untuk terbang ke Jepang. Sumber Traveller

Jepang dengan segala keunikannya selalu menarik hati para wisatawan untuk berkunjung ke Jepang. AirAsia telah memiliki akses ke beberapa kota yang sering di kunjungi oleh wisatawan. Sampai saat ini, AirAsia telah membuka 4 penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Tokyo (Narita dan Haneda), Osaka (Kansai) dan Sapporo (New Chitose).

Pada hari Sabtu dan Minggu (17-18 November 2018) kemarin, AirAsia membuka pameran di Fukuoka dengan tema Fukuoka Street Party. Di pameran itu, AirAsia mempromosikan rute baru mereka dari Kuala Lumpur ke Fukuoka. Rute baru tersebut akan menggunakan pesawat Airbus tipe A330-300 dengan 12 kursi Premium Flatbed dan 365 kursi economy class.

Premium flatbed AirAsia ada di setiap penerbangan nonstop dari Kuala Lumpur ke Jepang. Sumber AirAsia

AirAsia juga mengumumkan bahwa penerbangan ini akan di lakukan 4 kali seminggu, yaitu :

  • Kuala Lumpur – Fukuoka dengan kode penerbangan D7538, berangkat pukul 23:50 waktu setempat dan tiba pukul 07:00 waktu setempat 1 hari setelahnya. Penerbangan ini di jadwalkan terbang setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu.
  • Fukuoka – Kuala Lumpur dengan kode penerbangan D7539, berangkat pukul 08:00 waktu setempat dan tiba pukul 13:00 waktu setempat. Penerbangan ini akan terbang setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Rute ini di kabarkan akan dimulai pada bulan Februari 2019. Tetapi, di laman resmi AirAsia belum tersedia tiket untuk penerbangan ke Fukuoka. Jika rute ini di buka, Fukuoka akan menjadi kota ke 5 setelah Nagoya, Tokyo, Sapporo dan Osaka untuk rute AirAsia ke Jepang.

Kota Fukuoka

Mungkin banyak orang yang masih asing dengan Kota Fukuoka. Terletak di pulau Kyushu (Jepang bagian selatan), kota ini menjadi penghubung antara Jepang dengan negara-negara Asia lainnya. Kota Fukuoka adalah kota terbesar ketujuh di Jepang menurut jumlah populasi.

Dengan kemudahan transportasi yang ada di Jepang, tentunya sangat mudah untuk pergi ke kota lain. Dari Fukuoka, anda bisa menuju ke kota-kota lainnya di pulau Kyushu yaitu Nagasaki, Oita, Kumamoto, Miyazaki, Kagoshima, dll.

Takachiho Gorege, salah satu keindahan alam Jepang yang terletak di prefektur Miyazaki. Sumber www.town-takachiho.jp

Penutup

Sampai saat ini, hanya ada satu penerbangan maskapai LCC yaitu Cebu Pacific yang terbang  dari Asia tenggara ke Fukuoka. Cebu pacific memiliki 4 rute ke Jepang yang sama dengan AirAsia yaitu Fukuoka, Nagoya, Osaka dan Tokyo. Dengan bertambahnya rute baru AirAsia ke Fukuoka,  wisatawan dari Indonesia akan menjadi lebih mudah untuk mengakses bagian selatan Jepang.

Apakah anda tertarik mencoba rute baru AirAsia ke Fukuoka ini?