Menggunakan pesawat untuk perjalanan jarak jauh kadang terasa membosankan. Apalagi jika pesawat tersebut tidak menyediakan In-Flight Entertainment (IFE). Beberapa maskapai mencoba meningkatkan kenyamanan penumpang nya dengan menyediakan fasilitas WiFi (internet) di pesawat mereka. Karena terbatas, umumnya penggunaan internet di pesawat akan dipungut biaya.

Beberapa maskapai yang menyediakan Free WiFi atau internet gratis adalah Nok Air, Turkish Airlines, ANA, JAL, Emirates, Qatar Airways, dll. Perlu di ketahui bahwa beberapa maskapai tersebut tidak menyediakan WiFI di semua rute. Contohnya JAL, maskapai ini hanya menyediakan fasilitas Free WiFi di penerbangan domestik mereka.

Japan Airlines memberikan layanan Free WiFi untuk penerbangan domestik. Kredit Japan Airlines

Baru-baru ini Garuda Indonesia mengumumkan bahwa Garuda Indonesia dan anak perusahaannya, Citilink, akan menyediakan layanan Free WiFi untuk seluruh penerbangan domestik. Layanan Free WiFi ini akan dimulai pada tahun 2019. Penumpang akan bisa menggunakan internet berkecepatan 50 Mbps dengan batasan kuota sebesar 50Mb.

Untuk layanan Free WiFi ini, pihak Garuda Indonesia bekerja sama dengan Inmarsat Aviation yang memiliki sistem GX Aviation dan Lufthansa Technik selaku penyedia jasa layanan teknologi tercanggih di dunia penerbangan saat ini. Sebelumnya di tahun 2013, Garuda Indonesia telah menyediakan layanan wifi pada pesawat Boeing tipe 777-300ER dan beberapa pesawat Airbus tipe A330 yang digunakan untuk melayani rute-rute penerbangan internasional.

Via laman resmi Garuda Indonesia

Perwakilan Grup Garuda Indonesia sekaligus Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo mengatakan, layanan Free WiFi ini tidak hanya untuk memperkuat pasar yang sudah ada, tapi inflight WiFi gratis ini ditujukan untuk mengaktivasi pasar baru yang belum tersentuh, seperti para milenial yang sering bepergian,

Penumpang Citilink bisa menggunakan layanan Free WiFi  ini mulai 28 Desember 2018. Dan untuk Garuda Indonesia, layanan Free WiFi akan bisa dinikmati sekitar 6-8 bulan ke depan.

Penutup

Beberapa tahun ini, Grup Garuda Indonesia memang menarik perhatian dunia internasional. Di tahun 2018 Garuda Indonesia berhasil mempertahankan predikat awak kabin terbaik di dunia selama 5 tahun berturut-turut. Lalu di bulan Februari 2018, Citilink mendapatkan predikat 4-star Low Cost Airline oleh SkyTrax. Penyediaan layanan Free WiFi ini membuktikan bahwa Garuda Indonesia akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan mereka.

Bagaimana menurut anda mengenai layanan Free WiFi ini? Bagikan pendapat anda di kolom komentar di bawah.