Panduan Untuk Pemula, Tips & Trik

Tips: Gunakan SeatGuru Untuk Memilih Kursi Sebelum Penerbangan

Kursi tengah biasanya dihindari oleh kebanyakan orang. Kredit: The Times.

SeatGuru adalah sebuah website dari TripAdvisor yang memberikan anda informasi tentang kursi di pesawat. Informasi ini mungkin akan membuat perjalanan anda lebih nyaman selama di pesawat. SeatGuru akan membantu anda memilih atau menghindari kursi tertentu di setiap jenis pesawat dan maskapai.

Bagi saya, setiap kursi di pesawat tidak diciptakan setara. Bahkan kursi di business class dan first class sekalipun ada yang harus anda hindari.

Perasaan yang dirasakan saat akan menuju ke suatu destinasi baru tentunya sangat menyenangkan.

Saat anda sudah memiliki sebuah tiket pesawat untuk menuju suatu tempat, mungkin akan muncul perasaan senang atau excited menunggu-nunggu momen penerbangan tersebut. Perasaan saat anda akan menuju ke suatu destinasi unik baru tentunya sangat menyenangkan.

Saat hari-hari yang ditunggu telah tiba, anda menuju ke bandara dan melakukan check-in untuk mendapatkan boarding pass. Anda mungkin tidak memperdulikan nomor kursi yang tertera pada boarding pass anda. Ketika anda memasuki pesawat, ternyata kursi anda adalah kursi tengah yang berada di baris paling belakang!

Kursi tengah biasanya dihindari oleh kebanyakan orang. Kredit: The Times.

SeatGuru by TripAdvisor

SeatGuru akan membantu anda menghindari kejadian diatas! Secara pribadi, SeatGuru adalah website favorit saya untuk memilih kursi pesawat. Anda bisa mengaksesnya di SeatGuru.com atau untuk mempermudah, anda bisa mencari melalui search engine secara langsung, contohnya: “Seat Map Garuda Indonesia A330”.

Peta kursi economy class di pesawat A330 Garuda Indonesia. Kredit: SeatGuru.

Gambar diatas adalah contoh peta kursi di kabin economy class dari pesawat Airbus A330 milik Garuda Indonesia. Karena terdapat beberapa konfigurasi kursi di jenis pesawat yang sama, pastikan anda telah mencocokkan peta di SeatGuru dengan peta kursi aktual yang anda dapatkan.

SeatGuru juga menyediakan legenda untuk membantu anda bernavigasi dan memilih/menghindari kursi.

Anda bisa dengan mudah mengetahui kursi mana yang harus dihindari di pesawat.

Lalu anda bisa mengarahkan kursor ke kursi yang anda inginkan untuk melihat masukan/saran dari SeatGuru.

Anda akan diberikan penjelasan mengapa kursi 21K diberikan warna hijau alias kursi yang lebih baik dibandingkan yang  lain.

Warna merah berarti kursi tersebut sangat tidak dianjurkan. Biasanya kursi yang berada dekat dengan galley & kamar mandi akan mendapat warna merah. Alasannya? Banyak lalu lintas kaki melewati kursi anda.

Amankan kursi terbaik sebelum penerbangan

Jika anda eligible untuk memilih kursi, pastikan anda melakukannya lebih awal. Intinya semakin awal semakin baik.

Beberapa pesawat memiliki konfigurasi unik, contohnya pesawat A380 milik maskapai Thai Airways.

Kursi 60D akan menjadi rebutan semua orang, pastikan anda mengamankannya lebih awal. Kredit: SeatGuru.

Alasannya? Tidak ada kursi di depan 60D, artinya anda akan mendapat ruang gerak kaki tidak terbatas & akses keluar masuk ke aisle yang mudah. Kredit: SeatGuru.

Penutup

SeatGuru adalah sebuah layanan yang sangat membantu dan informatif bagi pelancong. Saya selalu menggunakan layanan gratis ini sebelum memilih kursi pesawat. Bagi saya pribadi, perjalanan menuju ke destinasi itu sama menariknya dengan destinasi itu sendiri. Saya selalu menikmati setiap penerbangan yang saya tumpangi.

Tentunya setiap orang akan ingin mendapatkan kursi terbaik untuk dapat mempernyaman penerbangan, terutama pada penerbangan long haul/jarak jauh di economy class. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan waktu anda sebentar untuk mengecek.

Pernahkah anda memanfaatkan layanan SeatGuru ini?

2 Comments

  1. surya

    halo,
    Maskapai Indonesia yang terdaftar di seatguru hanya garuda dan lion ya?
    Saya coba cari batik air, wings, sriwijaya tidak ada

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: