China Southern yang selama ini dianak-tirikan oleh rekanan Delta Airlines & China Eastern di SkyTeam akhirnya telah memutuskan untuk meninggalkan aliansi maskapai SkyTeam. Per 1 Januari 2019, China Southern tidak akan memperpanjang kontrak dengan aliansi yang juga diikuti oleh Garuda Indonesia tersebut.

Pernyataan resmi dari China Southern.

Menurut rumor, China Southern kemungkinan besar akan bergabung dengan aliansi Oneworld mengingat aliansi tersebut belum mempunyai anggota maskapai asal China.

Aliansi Oneworld. Apakah China Southern akan menjadi anggota terbaru?

Sebelumnya, American Airlines (salah satu pendiri Oneworld) pada awal tahun 2017 telah membeli saham China Southern sebesar US $200 juta. Diyakini oleh banyak pihak, American Airlines juga mendukung keputusan China Southern untuk memasuki aliansi Oneworld.

Namun, banyak yang beranggapan bahwa langkah China Southern untuk bergabung dengan Oneworld akan terhadang oleh Cathay Pacific. Tentunya secara logis, Cathay tidak akan menginginkan persaingan dari Guangzhou yang notabene sangat berdekatan dengan hub Cathay di Hong Kong.

Terdapat rumor juga bahwa Cathay bisa saja bergabung dengan aliansi Star Alliance sehingga akan membuka jalan bagi China Southern untuk bergabung dengan Oneworld. PinterPoin akan menghadirkan update seputar isu ini kepada anda.

China Southern adalah satu-satunya operator A380 asal China. Kredit: Australian Business Traveller.

Sedikit Informasi Tentang China Southern

  • China Southern adalah maskapai dengan jumlah armada pesawat dan penumpang terbanyak di Asia.
  • China Southern menempati peringkat 3 dengan penumpang terbanyak di dunia setelah Delta & Southwest
  • China Southern adalah satu-satunya operator Airbus A380 asal China
  • Guangzhou adalah bandara ke-2 tersibuk di China setelah Beijing
  • China Southern adalah maskapai bintang 4 terbesar di dunia

Kabar Buruk?

Tentunya ini menjadi sebuah kabar buruk bagi anda yang sering menaiki maskapai China Southern & mengkreditkan milesnya ke akun GarudaMiles.

Menurut laporan, anda seharusnya akan tetap mendapatkan award & tier miles yang sama di GarudaMiles jika anda sudah terlanjur memegang tiket China Southern untuk tahun depan. Namun, anda tidak akan bisa menikmati manfaat SkyTeam Elite atau Elite Plus setelah melewati tanggal 1 Januari 2019.

Apakah anda setuju dengan keputusan China Southern meninggalkan aliansi SkyTeam?