Berita & Promo

Garuda Indonesia Membuat Perubahan Lagi di Rute Jakarta – London

Garuda Indonesia Airbus A330-343 (PK-GPV) di bandara Ngurah Rai, Bali. Kredit: Ikhwan Hidayat.

Sebelumnya Garuda Indonesia baru saja membuka kembali rute Jakarta – London yang direncanakan akan menggunakan pesawat Boeing tipe 777-300. Tidak sampai seminggu, Garuda Indonesia membuat perubahan lagi pada rute Jakarta –  London.

Garuda Indonesia Membuka Kembali Rute Jakarta – London

Sejarah singkat rute Jakarta – London Garuda Indonesia

Dari tahun 2014 sampai sekarang, Garuda Indonesia sudah beberapa kali merubah rute Jakarta – London. Seperti yang telah dirangkum oleh One Mile at a Time, perubahan tersebut telah dilakukan sebanyak 7 kali:

  • Pada tahun 2014 Garuda Indonesia membuka kembali rute dari Jakarta ke London Gatwick setelah beberapa tahun di suspen tidak boleh terbang ke Eropa dengan alasan keselamatan. Penerbangan ini adalah penerbangan lanjutan dari Amsterdam.
  • Pada tahun 2015, Garuda Indonesia mengubah destinasi tujuan dari bandara London Gatwick ke London Heathrow. Penerbangan yang sebelumnya via Amsterdam menjadi penerbangan nonstop Jakarta – London. Penerbangan itu kemudian menjadi penerbangan terpanjang di waktu itu.
  • Kemudian setelah itu Garuda Indonesia mengubah kembali penerbangan dari Jakarta ke London Heathrow menjadi Jakarta – Singapura – Heathrow. Tetapi rute kembali dari London adalah penerbangan nonstop.
  • Di bulan September 2017, setelah runway bandara Soekarno Hatta di perkuat, penerbangan nonstop dari Jakarta ke London Heathrow di buka kembali. Penerbangan ini di operasikan oleh pesawat Boeing tipe 777-300ER dengan 3 kelas yaitu economy, business dan first class.
  • Sekitar 3 bulan yang lalu, Agustus 2018, Garuda Indonesia mengumumkan untuk menghentikan penerbangan dari Jakarta ke London di akhir bulan Oktober 2018.
  • Sekitar seminggu yang lalu, Garuda Indonesia kemudian mengumumkan kembali bahwa rute Jakarta – London akan dibuka kembali pada tanggal 27 November 2018 dengan 3 kali penerbangan dalam seminggu. Penerbangan yang semula menggunakan pesawat Boeing tipe 777-300ER di rubah menjadi tipe 777-300 dan tidak akan ada first class di pesawat tipe ini.

Perubahan terkini

Kemarin, Garuda Indonesia mengumumkan kembali akan mengubah tipe pesawat dari Boeing 777-300 menjadi Airbus 330. Bukan hanya itu, penerbangan yang semula nonstop di rubah menjadi via Singapura.

Garuda Indonesia Airbus A330-343 (PK-GPV) di bandara Ngurah Rai, Bali. Kredit: Ikhwan Hidayat.

Penerbangan ini di katakan akan dimulai tanggal 15 November 2018, lebih cepat dari pengumuman sebelumnya yaitu 27 November 2018. Belum di umumkan juga apakah penerbangan via Singapura ini akan di jadwalkan pada penerbangan dari Jakarta ke London atau dari London ke Jakarta atau kedua nya.

Kursi business class baru Garuda Indonesia Airbus tipe 330. Sumber ausbt.com.au

Seperti yang kita ketahui, pesawat Airbus tipe 330 memang memiliki kapasitas penumpang yang lebih kecil di bandingkan dengan pesawat Boeing tipe 777-300. Beberapa maskapai seperti Singapore Airlines, British Airways, Qantas dan Norwegian Air telah memiliki penerbangan nonstop dari Singapura ke London.

Perubahan ini di tetapkan oleh Dirut baru Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra yang baru menjabat selama 2 bulan.

Penutup

Garuda Indonesia telah memesan 14 pesawat Airbus tipe 330-900neo yang merupakan seri terbaru dari keluarga Airbus tipe A330. Pemesanan ini akan dikirim ke Garuda Indonesia mulai tahun 2019. Beberapa orang mengatakan bahwa ada kemungkinan Garuda Indonesia nantinya akan mengganti A330-300 menjadi A330-900neo untuk penerbangan Jakarta – London.

Bagaimana menurut anda? Apakah Garuda Indonesia telah membuat keputusan yang tepat untuk perubahan kali ini?

2 Comments

  1. Dhoni Marditya Pratama

    Min saya mau ralat. Gambar yang anda cantumkan salah besar! Pesawat Airbus 330 300 nya GIA tidak ada first class, adanya business class dan economic class. Mohon diganti agar tidak adanya salah pengertian.

    • Bapak Dhoni, terima kasih atas komentarnya.

      Untuk foto yang kami tampilkan, memang itu adalah pesawat Garuda Indonesia dengan tipe pesawat A330. Sesuai dengan isi artikel ini, rute penerbangan Jakarta – London yang sebelumnya diganti menjadi pesawat B777 (tidak ada first class), di ganti lagi menjadi pesawat A330 (juga tidak ada first class). Oleh karena itu, kami menampilkan foto Garuda Indonesia A330.

      Di artikel ini, kami juga tidak menyebutkan bahwa A330 Garuda Indonesia memiliki first class. Terima kasih atas komentarnya 🙂

      Salam,

      Eddy

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: