Sampai saat ini, belum ada penerbangan langsung ke Amerika Serikat dari Indonesia. Orang yang ingin terbang ke Amerika dari Indonesia biasanya harus transit ke suatu negara kemudian melanjutkan penerbangan ke Amerika. Salah satu maskapai yang terbang dari Indonesia ke Amerika adalah Korean Air yang merupakan partner SkyTeam dari Garuda Indonesia.

Keuntungan jika anda terbang dengan maskapai Korea Selatan ke Amerika Serikat dan Kanada adalah anda akan diberikan bebas visa transit untuk orang Indonesia untuk masuk ke Korea Selatan selama 30 hari. Foto Bongeunsa temple, salah satu tempat wisata di Korea Selatan. Kredit World Travel Guide.

Seperti hal nya dengan maskapai lain nya, Korean Air juga mempunyai frequent flyer program sendiri yang dinamakan SKYPASS. Dengan mendaftar menjadi anggota SKYPASS, anda bisa mengumpulkan miles dan meredeem miles yang telah dikumpulkan.

Artikel ini dibuat khusus untuk mengulas lengkap tentang SKYPASS, mulai dari cara mengumpulkan dan menggunakan miles khususnya untuk anggota SKYPASS yang berlokasi di Indonesia.

Penting: Korean Air memberikan masa berlaku miles yang cukup lama, yaitu 10 tahun.

Mengumpulkan SKYPASS miles

Banyak sekali cara yang bisa dipakai untuk mengumpulkan miles SKYPASS, tetapi pada ulasan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengumpulkan miles dengan cara terbang dan menginap di hotel. Namun, secara umum, miles SKYPASS bisa diperoleh melalui :

  • Menginap di hotel
  • Terbang
  • Kartu kredit
  • Menyewa mobil
  • Belanja

Untuk info lebih lengkapnya, anda bisa mengakses laman resmi Korean Air untuk informasi pengumpulan miles.

Perolehan SKYPASS miles dengan Korean Air

Anda akan mendapatkan miles sesuai dengan jarak tempuh penerbangan dalam satuan jarak miles sesuai dengan booking class dan maskapai penerbangan anda. Menurut saya, Korean Air memberikan kemudahan untuk para anggotanya untuk mengumpulkan miles yaitu dengan memberikan setidaknya 70% miles untuk tiket kelas ekonomi.

Dan untuk mendapatkan 100% miles, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Sebagai contohnya, tabel dibawah adalah harga tiket pergi-pulang dari Jakarta ke Incheon. Dengan harga tiket yang paling murah, Rp. 7.917.000, anda akan mendapatkan 70% miles. Dan jika anda ingin mendapatkan 100% miles, anda hanya perlu menambahkan sekitar Rp. 700.000, jumlah yang tidak terlalu banyak menurut saya

Perolehan SKYPASS miles dengan anggota SkyTeam dan partner airlines

Anda juga bisa mendapatkan SKYPASS miles dengan cara terbang bersama anggota SkyTeam lainnya, contohnya Garuda Indonesia, China Airlines, China Southern Airlines, Delta Airlines, Air France, dll. Korean Air juga menjalin kerja sama dengan maskapai non SkyTeam yaitu Alaska Airlines, American Airlines, Emirates, Etihad, Hawaiian Airlines, Jet Airways dan GOL Linhas Aereas Inteligentes.

Penting: Untuk penerbangan dengan American Airlines, anda hanya mendapatkan miles dari penerbangan dari Incheon ke Dallas, untuk penerbangan lainnya, anda tidak akan mendapatkan miles.

Perolehan SKYPASS miles dengan menginap di hotel

Dengan menginap di beberapa hotel yang bekerja sama dengan Korean Air, anda juga bisa mengumpulkan SKYPASS miles, diantaranya seperti :

  • Hotel-hotel seperti KAL Hotel, (Korea) Hotel Lotte, (Korea) Shilla Hotel, (Hawaii) Waikiki Resort Hotel, World of Hyatt, IHG, Okura Nikko Hotels dan Shangri-La Hotels menawarkan 500 miles per sekali nginap.
  • Le Club Accor Hotels : 4.000 Le Club Accors Hotels points bisa dikonversi menjadi 2.000 SKYPASS miles.
  • Marriot / Starwood / Ritz-Carlton Hotel menawarkan 1-2 SKYPASS miles per 1 USD yang di gunakan untuk menginap. Marriot Rewards Points juga bisa dikonversi ke SKYPASS dengan rasio 3:1. Dapatkan juga bonys 5.000 SKYPASS miles setiap anda men-transfer 60.000 Marriot Points.
  • Hotels.com menawarkan 1 SKYPASS miles per 1 USD yang digunakan untuk menginap. Anggota Skypass harus memesan kamar via website Korean Air yang terhubung dengan Hotels.com.

Anda bisa mendapatkan free layover di Grand Hyatt Incheon jika anda transit di Korea pada malam hari sebelum penerbangan selanjutnya keesokan harinya. Kredit Korean Air

Menggunakan SKYPASS miles

Untuk menggunakan SKYPASS miles, anda tidak perlu terburu-buru karena masa berlaku milesnya adalah 10 tahun. SKYPASS miles yang anda kumpulkan dapat di gunakan untuk penerbangan award dengan Korean Air maupun partner airlines lainnya seperti Garuda Indonesia. Penukaran penerbangan award bisa dilakukan secara online di website  Korean Air.

Anda juga bisa gunakan SKYPASS miles untuk meng-upgrade tiket, menambah jumlah bagasi, mengakses lounge Korean Air dan membeli logo product Korean Air.

Jumlah miles yang diperlukan untuk menukarkan penerbangan award (round trip)

Untuk menggunakan SKYPASS miles secara maksimal, saya telah membuat beberapa rute yang bisa anda gunakan :

  • Penerbangan dengan Garuda Indonesia : Anda bisa menukarkan 20.000 miles (kelas ekonomi) dan 30.000 miles (kelas bisnis) untuk penerbangan pergi-pulang di seluruh wilayah domestik di Indonesia. Penerbangan yang bisa digunakan hanya penerbangan langsung dan pergi-pulang. Contohnya, rute Jakarta – Jayapura (PP) bisa di tukarkan hanya dengan 20.000 miles (kelas ekonomi) dan 30.000 miles (kelas bisnis). Penerbangan dari Jakarta ke Jayapura di anggap penerbangan langsung karena tidak mengganti pesawat.
  • Penerbangan satu arah dengan Korean Air dari Jakarta ke Korea, China dan Jepang hanya 20.000 miles untuk Korea, 25.000 miles untuk China dan Jepang (kelas ekonomi), 35.000 miles (kelas bisnis) dan 45.000 miles (first class).
  • Penerbangan satu arah dengan Korean Air ke Amerika hanya 42.500 miles (kelas ekonomi), 75.000 miles (kelas bisnis) dan 95.000 miles (first class). Korean Air juga menyediakan free stop-over  di Korea.
  • Penerbangan pergi-pulang di dalam Amerika Serikat dengan menggunakan Alaska Airlines (kelas ekonomi 20.000 miles dan kelas bisnis 40.000 miles).
  • Penerbangan pergi-pulang dari benua Amerika ke Hawaii menggunakan Delta Airlines hanya dengan 25.000 miles untuk kelas ekonomi.
  • Penerbangan pergi-pulang di dalam Eropa dengan menggunakan Air France memerlukan 25.000 miles untuk kelas ekonomi dan 45.000 miles untuk kelas bisnis atau first class.

Jika dibandingkan dengan GarudaMiles, Korean Air tentunya menawarkan penukaran penerbangan award yang jauh lebih murah.

Penting : Untuk penerbangan award dengan maskapai lain selain Korean Air, anda diharuskan untuk memesan penerbangan pergi-pulang. Tetapi penerbangan dengan Korean Air bisa di pesan satu arah.

Menggunakan SKYPASS miles untuk orang lain

Korean Air mengizinkan anggota SKYPASS untuk menggunakan miles nya untuk anggota keluarga resmi. Anggota keluarga yang di maksud adalah pasangan (suami atau istri), anak, orang tua, saudara kandung, mertua, menantu dan cucu. Pada saat anda mendaftarkan anggota keluarga, anda harus menyertakan sertifikat asli yang menyatakan hubungan dengan anggota keluarga anda. Anda bisa mendaftarkan keluarga anda secara online di laman resmi Korean Air.

Tingkatan keanggotaan

Ada 3 tingkatan keanggotaan dalam SKYPASS Miles, yaitu Morning Calm Club, Morning Calm Premium Club dan Million Miler Club. Untuk mencapai tingkatan-tingkatan tersebut, anda harus memenuhi beberapa kualifikasi di bawah ini :

  • Morning Calm Club (berlaku 2 tahun) : Terbang 50.000 miles  atau 40 qualifying flights dengan Korean Air atau kombinasi Korean Air dan rekan Korean Air dengan minimal penerbangan dengan Korean Air adalah 30.000 miles. Untuk me-maintain status Morning Calm Club, anda harus terbang 30.000 miles atau 20 qualifying flights dalam waktu 2 tahun.
  • Morning Calm Premium Club : Terbang 500.000 miles dengan Korean Air atau anggota SkyTeam (tidak termasuk rekan Korean Air lainnya)
  • Million Miler Club : Terbang 1.000.000 miles dengan Korean Air atau anggota SkyTeam (tidak termasuk rekan Korean Air lainnya).

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika anda mencapai tingkatan Morning Calm Club adalah :

  • Mencapai status SkyTeam Elite.
  • Akses ke lounge Korean Air 4 kali dalam 2 tahun.
  • Check-in di Morning Calm Counter.
  • Mendapatkan tambahan 1 bagasi (23 kg untuk kelas ekonomi dan 32 kg untuk kelas bisnis dan first class). Tambahan bagasi tidak berlaku jika anda terbang dari / ke Amerika
  • Priority Baggage Handling yang artinya bagasi anda akan keluar lebih cepat dari penumpang lainnya.

Untuk mencapai Morning Calm Premium Club dan Million Miler Club, tentunya sangat tidak mudah. Kedua tingkatan tersebut setara dengan status SkyTeam Elite Plus yaitu status tertinggi di keanggotaan SkyTeam. Di laman resmi nya, tertulis masa berlaku kedua tingkatan tersebut adalah lifetime member yang artinya anda akan mendapatkan status Skyteam Elite Plus selamanya juga. Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah :

  • Mencapai status SkyTeam Elite Plus
  • Seluruh keuntungan dari Morning Calm Club
  • Check-in di Morning Calm Premium Club atau Million Miler Club.
  • Akses ke lounge jika anda terbang dengan Korean Air dan anggota Skyteam.
  • Gratis reissue charge  untuk penerbangan award.
  •  Exclusive Hotline Service (untuk Million Miler Club). Hanya tersedia dalam bahasa Korea.
  • Gift offer (untuk Million Miler Club).

SkyTeam

SkyTeam dibentuk pada bulan Juni  2000 dan Korean Air adalah salah satu maskapai prionir dalam pembentukan SkyTeam. Memiliki lebih dari 1.000 destinasi di 178 negara membuat SkyTeam menjadi salah satu dari 3 aliansi maskapai terbesar di dunia selain Star Alliance dan Oneworld.

Banyaknya maskapai yang bergabung bersama SkyTeam membuat anda lebih mudah untuk mengumpulkan dan menggunakan SKYPASS miles.

Maskapai yang tergabung dalam aliansi Skyteam

SkyTeam Elite dan Elite Plus

Jika anda mencapai tingkatan Morning Clam Club, secara otomatis anda akan meraih status Elite SkyTeam. Dan apabila anda mencapai tingkatan Morning Calm Premium Club atau Million Miler Club, anda akan meraih status Elite Plus SkyTeam. Keuntungan-keuntungan status Elite  SkyTeam adalah :

  • Tambahan kuota bagasi
  • Prioritas check-in
  • Pemilihan kursi prioritas
  • Prioritas boarding
  • Priortias airport standby

Dan keuntungan status Elite Plus SkyTeam adalah :

  • Seluruh keuntungan dari status Elite
  • Akses ke SkyTeam lounge
  • Garansi tiket dari penerbangan yang sold-out
  • SkyPriority
  • Prioritas di meja transfer
  • Prioritas di imigrasi dan security line
  • Prioritas penanganan bagasi

Anda bisa melihat lounge SkyTeam yang bisa anda akses dengan status Elite Plus disini.

Current Sweet Spot SKYPASS

Sweet spot adalah kesempatan penukaran miles yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi populer.

Sampai saat ini belum ada sweet spot dari program SKYPASS terutama bagi orang Indonesia.

Penutup

Program SKYPASS Korean Air memang kurang populer di kalangan orang Indonesia. Namun, melihat faktor seperti pengumpulan miles yang cukup mudah, masa berlaku miles yang cukup panjang (10 tahun) dan penawaran penukaran miles dengan penerbangan award yang lebih murah dibandingkan dengan beberapa maskapai lain, mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda untuk mendaftar menjadi anggota SKYPASS.

Bagaimana pendapat anda mengenai program SKYPASS Korean Air? Apakah anda tertarik untuk mengumpulkan SKYPASS miles? Bagikan pendapat anda di kolom komentar di bawah