Penerbangan jarak jauh akan terasa sangat melelahkan terutama untuk pebisnis yang sering melakukan perjalanan melalui udara. Akses ke lounge sering digunakan oleh penumpang maskapai sebelum penerbangan atau pada saat transit sebelum pernerbangan selanjutnya.

Untuk pemegang tiket business dan first class maskapai JAL, Oneworld partner dan juga anggota Oneworld dengan status elit, anda akan mendapatkan beberapa kenyamanan sebelum dan di dalam penerbangan anda, salah satunya yaitu akses ke lounge anggota Oneworld

Sambil beristirahat di lounge, anda bisa menikmati makanan dan minuman yang telah di sediakan.

Beberapa waktu lalu, JAL mengumumkan bahwa lounge yang ada di bandara Narita akan ditutup sementara waktu sampai tahun depan untuk di renovasi. Pengumuman ini bisa di lihat di website resmi dari JAL.

Pihak JAL mengumumkan bahwa penutupan sebagian lounge mereka akan dimulai dari 1 November 2018 sampai musim gugur tahun 2019. Penutupan lounge ini dibagi menjadi dua fase, yaitu:

  • Fase pertama dari 1 November sampai musim semi tahun 2019. Lounge yang akan ditutup adalah First Class and Sakura Lounge yang ada di lantai 4 gedung utama (Main building). Pada fase pertama ini, anda tetap bisa masuk ke First Class Lounge lantai 3 gedung utama, Sakura Lounge lantai 2 dan 3 gedung utama dan First Class Lounge and Sakura Lounge  di Satellite Building.
  • Fase kedua dari musim semi tahun 2019 sampai musim gugur tahun 2019. Lounge yang akan ditutup adalah First Class Lounge  lantai 3 gedung utama. Dan pada periode ini, anda sudah bisa mencoba First Class Lounge yang telah selesai di renovasi di lantai 4 gedung utama, kemudian anda juga bisa bisa menggunakan Sakura Lounge di lantai 2 dan 3 gedung utama, dan yang terakhir adalah First Class Lounge and Sakura Lounge  di Satellite Building.

Pendapat

Dari pemberitahuan yang dilakukan oleh pihak JAL, sebenarnya ada satu hal yang berubah setelah renovasi. Kalau diperhatikan, pada fase pertama, lounge yang akan di renovasi adalah First Class and Sakura Lounge, dimana pemegang tiket premium economy dan business class atau anggota Sapphire Oneworld juga memiliki akses ke lounge tersebut (Sakura Lounge).

Tetapi, di fase kedua, pihak JAL menulis bahwa lounge yang bisa diakses adalah “Renewed First Class Lounge in the Main Building 4th Floor”, yang artinya adalah tidak ada Sakura Lounge untuk premium economy dan business class ataupun anggota Sapphire Oneworld. Saya tidak tahu apakah ini adalah kesalahan penulisan dari pihak JAL atau memang mereka akan menghilangkan Sakura Lounge yang ada di lantai 4 gedung utama.

Penutup

Selain menikmati fasilitas-fasilitas bintang lima yang ditawarkan oleh JAL di setiap lounge  nya, anda juga bisa menikmati sushi segar yang langsung di buat oleh sushi chefs di JAL First Class Lounge. Saya sedikit penasaran akan direnovasi menjadi seperti apa lounge yang ada di bandara Narita mengingat JAL baru saja meraih predikat maskapai bintang lima versi Skytrax pada tahun ini.

Dan saya juga berharap Sakura Lounge yang ada di lantai 4  gedung utama untuk tetap beroperasi agar pemegang tiket premium economy, business class dan juga anggota Sapphire Oneworld bisa menikmati akses ke lounge yang baru.

Apakah anda tertarik untuk mencoba masuk ke lounge baru JAL tahun depan?