Misc.

Cara Menukarkan Poin & Miles Untuk ANA Business Class

Cabin crew ANA merupakan salah satu terbaik di dunia.

Pada hari Minggu, 21 Oktober 2018 kemarin, tim PinterPoin berkesempatan untuk mendatangi HSBC & ANA Business Class Seat Showcase yang bertempatan di ballroom 3 hotel Pullman Jakarta.

Boarding pass untuk acara!

Pada acara ini, ANA memamerkan layanan catering dan 2 jenis kursi business class (Cradle & Staggered) yang digunakan pada rute penerbangan 3x sehari Jakarta – Tokyo (Narita & Haneda). Kursi jenis Cradle digunakan untuk rute Narita (2x sehari) dan kursi Staggered digunakan untuk rute Haneda (1x sehari).

Contoh penyajian makanan business class di kursi Staggered. Anda akan dimanjakan dengan makanan dan pelayanan ala Jepang setiap kali anda terbang dengan ANA.

Anda bisa menuju ke akun Instagram PinterPoin untuk melihat highlight dari acara tersebut.

Kali ini, saya akan membagikan cara untuk terbang di business class ANA dengan menggunakan poin kartu kredit atau miles anda. Berikut adalah opsi yang bisa anda tempuh di Indonesia:

  • ANA Mileage Club (AMC): 35.000 miles pergi pulang economy class atau 60.000 miles pergi pulang business class, anda hanya bisa menukar tiket pergi pulang.
  • Singapore Airlines KrisFlyer: 25.000 miles sekali jalan economy class atau 43.000 miles sekali jalan business class.
  • GarudaMiles: Jakarta – Tokyo masuk dalam  Grup F. Anda memerlukan 37.500 GarudaMiles untuk economy class sekali jalan atau 67.500  GarudaMiles untuk business class sekali jalan.

Kesimpulannya, cara termurah untuk menggunakan poin/miles untuk penerbangan business class ANA tentunya adalah melalui frequent flyer program ANA. Namun, bukan berarti ANA Mileage Club (AMC) menjadi pilihan terbaik untuk menukarkan tiket business class ANA.

Kekurangan terbesar dari program ini menurut saya pribadi adalah sulitnya mendapatkan poin ANA  di Indonesia karena tidak ada bank atau penerbit kartu kredit yang bekerja sama dengan ANA. Lalu, anda tidak diijinkan untuk memesan tiket sekali jalan, wajib tiket pergi pulang. Namun, anda bisa mengkombinasi economy class dan business class pada tiket pergi pulang tersebut untuk mengurangi jumlah miles yang diperlukan.

Cara Terbaik dan Paling Terjangkau?

Bagi saya, Singapore Airlines KrisFlyer merupakan langkah paling masuk akal dan termudah bagi orang Indonesia untuk menukarkan tiket ANA. Alasan terbesarnya karena cukup mudah bagi anda untuk mendapatkan KrisFlyer miles di Indonesia. Anda bisa mentransfer poin dari beragam kartu kredit di Indonesia. Anda juga bisa memanfaatkan fitur online shopping portal KrisFlyer Spree untuk mendapatkan miles.

KrisFlyer juga menerapkan harga yang jauh lebih murah ketimbang GarudaMiles.

Economy: 25.000 (KrisFlyer) v.s. 37.500 (GarudaMiles)

Business: 43.300 (KrisFlyer) v.s. 67.500 (GarudaMiles)

Jika anda berencana untuk memindakan poin kartu kredit fleksibel seperti UOB PRVI Miles Visa SignatureHSBC Visa Signature, dan Citibank Premier Miles Visa Signature, pastikan anda untuk memilih KrisFlyer untuk mendapatkan award pricing yang lebih murah.

Terima kasih kepada Hata-san yang telah mendampingi kami pada acara ini.

Bagi Anda yang Penasaran: Bagaimana Cara Mendapatkan Miles ANA?

Sayangnya, tidak ada bank atau penerbit kartu kredit di Indonesia yang bekerja sama dengan ANA. Menurut saya, cara terbaik adalah dengan men-transfer poin dari Marriott (rasio konversi 3:1) dengan bonus 5.000 miles setiap transfer sebesar 60.000 poin Marriott Rewards.

Cara lainnya adalah jika anda tergabung dengan ANA Mileage Club (AMC) dan secara reguler mengkreditkan miles dari penerbangan ANA, Star Alliance, atau partner ANA ke akun AMC anda.

Cradle v.s. Staggered?

Anda tidak bisa berbaring lurus di kursi jenis Craddle. Tentunya di penerbangan 7 jam ke Tokyo, akan lebih nyaman jika anda terbang di jenis kursi business class Staggered.

Tentunya, tidak semua kursi diciptakan setara. Apabila anda akan menuju ke Tokyo dengan business class ANA, saya sangat menyarankan anda untuk mengincar kursi jenis Staggered di rute Haneda dengan alasan berikut:

  • Konfigurasi kursi 1-2-1 sehingga setiap kursi memiliki akses langsung ke dari aisle, anda tidak harus mengganggu penumpang yang duduk di sebelah anda
  • Kursi yang dapat dijadikan ranjang lie-flat sehingga anda bisa berbaring lurus untuk mendapatkan istirahat yang optimal di penerbangan 7 jam ke Jepang
  • Layar in-flight entertainment yang lebih besar dibandingkan kursi Cradle

Penutup

Acara showcase seperti ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk mengenal lebih dekat dengan pelayanan yang bisa didapatkan di premium cabin. Jika anda penasaran bagaimana rasanya terbang dengan mewah di business class, anda wajib untuk menghadiri event seperti ini.

Untungnya, poin dan miles bisa memberikan anda akses ke premium cabin tanpa harus menguras uang banyak. Ikuti terus PinterPoin untuk tips dan panduan memaksimalkan poin dan miles.

Apakah anda tertarik untuk mencoba terbang di business class ANA?

1 Comment

  1. Sigit Nugroho

    Ya dong habis kalau ada pesawat all nippon pas saya coba ikut showcasenya jdnya pingin nyoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

%d blogger menyukai ini: