Berita & Promo, Misc.

Tips Rahasia: Business Class ke Jepang atau First Class ke Hong Kong, Pergi Pulang* Hanya Rp 7.000.000+!

Koreksi: Alaska tidak mengizinkan stopover di penerbangan Cathay Pacific intra Asia. Sebelumnya, saya melakukan free stopover di Hong Kong pada penerbangan ke/dari Amerika. Terima kasih kepada pembaca Agus atas koreksinya.


Jepang dan Hong Kong merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat populer di kalangan orang Indonesia. Pilihan penerbangan ke kedua negara tersebut juga cukup beragam mulai dari low cost carrier seperti AirAsia hingga full service airline seperti Japan Airlines dan Cathay Pacific.

Umumnya, untuk rute penerbangan ke Jepang, anda setidaknya harus menghabiskan Rp 4.000.000+ untuk tiket economy class pergi pulang pada saat low season dengan maskapai full service. Sedangkan Hong Kong yang jaraknya lebih dekat, setidaknya anda memerlukan Rp 2.000.000+.

Pada artikel ini, saya ingin membagikan informasi yang jarang diketahui orang tentang cara terbang ke Jepang pergi pulang* naik Japan Airlines business class dengan harga Rp 7 jutaan saja! Anda juga bisa terbang di first class Cathay Pacific sekali jalan ke Hong Kong dengan harga yang kurang lebih sama. Disinilah salah satu keuntungan dari penggunaan miles yang belum diketahui kebanyakan orang. Penasaran?

cathayfirst

Ke Hong Kong sekali jalan naik Cathay first class yang mendunia hanya dengan Rp 7.000.000an saja! Kredit Gambar: Cathay Pacific.

Caranya? Sweetspot Alaska Airlines Mileage Plan

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, sweetspot adalah kesempatan penukaran miles/poin yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi terlalu populer.

Alaska Airlines adalah maskapai asal Amerika Serikat yang tentunya tidak melayani penerbangan ke Indonesia. Namun, Alaska Mileage Plan adalah salah satu frequent flyer program favorit saya. Menariknya, Alaska memiliki maskapai partner yang cukup banyak dan dominan di dunia seperti Cathay Pacific, Emirates, Japan Airlines, Korean Air, dan Singapore Airlines.

Sejauh ini, penggunaan utama dari Alaska Mileage Plan bagi saya adalah untuk menukar penerbangan business class Cathay Pacific. Metode ini sudah sering saya lakukan sejak 1-2 tahun yang lalu untuk penerbangan dari/ke Amerika dengan gratis stopover di Hong Kong. Kuncinya adalah Alaska Airlines memberlakukan peraturan gratis 1 stopover untuk award ticket yang bagi saya sangat generousTerlebih, anda bisa melakukan “backtrack” yang umumnya tidak akan diizinkan oleh maskapai.

alaska

Alaska Airlines, maskapai asal Amerika yang kurang familiar bagi orang Indonesia ternyata memiliki frequent flyer program yang sangat berguna! Kredit Gambar: Alaska Airlines.

Apa maksudnya dari free stopover dan backtrack tersebut?

Umumnya, sistem maskapai tidak akan mengizinkan anda untuk mencari penerbangan yang berlawan arah, contoh: Jakarta – Tokyo – Singapore akan tergolong backtracking karena arah kembali. Disinilah letak sweetspot dari Alaska Airlines, anda bisa melakukan Jakarta – Singapore/Kuala Lumpur dengan melakukan “transit di Tokyo” tentunya dengan durasi yang anda tentukan! Selanjutnya, dari Singapore/Kuala Lumpur, anda tinggal membeli tiket murah untuk kembali ke Jakarta, tidak buruk bukan?

Catatan: Free stopover intra asia hanya berlaku bagi Japan Airlines.

Screen Shot 2018-09-27 at 8.43.41 AM

Anda membaca dengan benar, 25.000 miles + US $45.80 untuk penerbangan business class Japan Airlines pergi pulang*!

Berikut contoh perbandingan 2 penerbangan agar anda lebih paham:

  1. Jakarta – Tokyo one way naik Japan Airlines business class: 25.000 miles + US $23
  2. Jakarta – Tokyo lalu Tokyo – Kuala Lumpur/Singapore multi city naik Japan Airlines business class: 25.000 miles + US $46

Dengan hanya menambah US $23, anda bisa terbang lagi ke Kuala Lumpur/Singapore di kabin business class yang sama!

Jika anda membaca sampai titik ini, saya yakin anda tertarik. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan miles Alaska?

Jawabannya adalah dengan membeli miles Alaska saat diberlangsungkan promo membeli miles. Biasanya anda akan mendapatkan diskon 30-50% untuk pembelian miles. Syarat untuk membeli miles adalah anda sudah harus terdaftar sebagai anggota Mileage Plan setidaknya 10 hari pada saat akan membeli miles.

Screen Shot 2018-10-05 at 9.30.04 AM

Semakin besar nominal miles yang anda beli, semakin besar pula diskon yang anda dapatkan.

Berikut langkah-langkah komplit untuk melakukannya:

  • Anda harus telah terdaftar minimal 10 hari sebagai anggota Alaska Mileage Plan pada saat akan membeli miles. Sembari menunggu promo pembelian miles selanjutnya, saya sarankan anda untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu mulai dari sekarang. Klik disini untuk mendaftar sebagai anggota baru Alaska Mileage Plan.
  • Pastikan anda setuju untuk menerima e-newsletter dari Alaska Airlines agar tidak melewatkan informasi tentang diskon pembelian miles di masa yang akan datang!
Screen Shot 2018-10-05 at 9.31.26 AM

Email promosi dari Alaska. Saya mendapatkan promo 50% kali ini.

  • Pilih jumlah miles yang ingin anda beli, diskon yang lebih besar akan diberikan saat anda membeli miles dengan jumlah yang banyak. Kadang, Alaska juga menawarkan diskon 40% untuk pembelian miles tanpa minimum.
Screen Shot 2018-10-05 at 9.29.55 AM

Kali ini, untuk mendapatkan bonus 50% miles, saya harus membeli minimal 40.000 miles.

Screen Shot 2018-10-05 at 9.30.39 AM

US $1.182,50 untuk 60.000 miles.

Setelah anda memiliki miles yang dibutuhkan, kini saatnya untuk mengetahui cara membooking penerbangan tersebut. Bagi saya, penerbangan yang paling menguntungkan adalah Japan Airlines dan Cathay Pacific. Kedua maskapai tersebut memiliki award chart yang sangat generous ketimbang partner lain seperti Korean Air. Untuk melihat tabel penggunaan miles Alaska, anda bisa menuju ke laman resmi Alaska Airlines ini.

Japan Airlines – Cara dan Langkah Membooking

Anda bisa memesan tiket penerbangan Japan Airlines di economy, business, dan first class. Sayangnya, first class Japan Airlines rute Jakarta – Toyko sudah diberhentikan. Berikut adalah tabel jumlah miles yang diperlukan untuk Japan Airlines:

Screen Shot 2018-10-06 at 8.48.46 AM

Jumlah miles yang dibutuhkan untuk penerbangan Japan Airlines.

  • Setelah terdaftar sebagai anggota Mileage Plan, masuk ke website Alaska Airlines.
Screen Shot 2018-09-27 at 8.41.25 AM

Tampilan utama dari website Alaska Airlines.

  • Pilih “All search options” yang terletak di sebelah tombol “FIND FLIGHTS” agar dapat mengeluarkan fitur multi-city.
Screen Shot 2018-09-27 at 8.42.16 AM

Tampilan “All search options”

  • Pastikan anda mencentang pilihan “Multi-city” dan “Use miles” untuk dapat menampilkan inventoris penerbangan partner.
Screen Shot 2018-09-27 at 8.42.51 AM

Hasil pencarian akan nampak seperti ini.

  • Pilih penerbangan yang anda inginkan, kuncinya disini adalah anda harus bisa fleksibel dengan jadwal penerbangan.
  • Pastikan anda mengecek bahwa kedua kelas kabin yang akan anda dapatkan adalah business class.
Screen Shot 2018-09-27 at 8.43.41 AM

Terlihat baik? Segera selesaikan pesanan anda untuk liburan ke Jepang naik business class!

Cathay Pacific – Cara dan Langkah Membooking

Sama seperti Japan Airlines, anda bisa menukarkan miles untuk terbang di economy, business, dan first class. Berikut tabel jumlah miles yang diperlukan:

Screen Shot 2018-10-06 at 8.49.04 AM

First class Cathay Pacific sekali jalan ke/dari Hong Kong hanya dengan 27.500 miles!

Namun, Cathay Pacific memiliki cara pemesanan yang berbeda dengan Japan Airlines. Anda harus menelpon ke call center Alaska Airlines di Amerika Serikat untuk dapat memesan penerbangan dengan Cathay karena Award flight penerbangan Cathay tidak dapat ditampilkan di website Alaska Airlines.

Anda harus mencari ketersediaan kursi menggunakan mesin pencarian lain. Cara favorit saya untuk mencari penerbangan partner Oneworld secara ekstensif adalah dengan menggunakan website British Airways.

Sebelum bisa menggunakan mesin pencarian British Airways, anda harus terlebih dahulu tergabung sebagai anggota Executive Club. Anda bisa menuju ke laman resmi British Airways ini untuk mendaftar.

screen-shot-2018-08-14-at-11-38-16-am

Hasil pencarian penerbangan Cathay via British Airways.

Mesin pencarian BA tidak dapat menampilkan 4 kelas kabin pada saat bersamaan. Untuk dapat melihat first class award, anda harus memilih business class/first class  pada saat pencarian.

Setelah anda menemukan ketersediaan kursi pada website British Airways yang tidak ditampilkan oleh Alaska, selanjutnya anda harus menelpon call center Alaska di nomor +1-800-252-7522. Agen Alaska seharusnya dapat melihat ketersediaan kursi Cathay yang sama dengan apa yang anda temukan di British Airways. Pro tips: Gunakan aplikasi Skype untuk menelpon gratis ke toll-free call center Alaska Airlines di Amerika Serikat +1-800-252-7522.

Worth It?

Japan Airlines menggunakan Apex Suites untuk kabin business class. Konfigurasi kursi ini sering dianggap sebagai kursi business class ke-2 terbaik di dunia setelah Qatar QSuites dan Delta One Suites.

Screen Shot 2018-10-06 at 7.50.34 AM

Apex Suites yang menawarkan privasi tidak terkalahkan. Aslinya, kursi ini dirancang untuk produk first class!

Mari lihat perbandingan harga yang harus anda bayarkan untuk penerbangan business class Japan Airlines pergi pulang Jakarta – Tokyo – Jakarta:

Screen Shot 2018-10-06 at 8.57.11 AM

Screen Shot 2018-10-06 at 8.56.45 AM

Anda harus merogoh kocek hingga US $2.138 atau setara dengan Rp 32.000.000+ untuk penerbangan business class Japan Airlines.

Penutup

Salah satu pedoman di dunia poin dan miles adalah: anda tidak boleh terpaku dengan beberapa loyalty program saja. Banyak sekali orang yang hanya fokus dengan program tertentu seperti GarudaMiles atau KrisFlyer saja. Kenyataannya, banyak sekali peluang dan deals yang bisa anda manfaatkan dari program lain seperti Alaska Mileage Plan ini. Dengan menggunakan metode ini, dengan harga yang kurang lebih sama dengan economy class, anda bisa merasakan terbang di business dan first class terbaik dunia!

PinterPoin selalu berusaha agar dapat menghadirkan informasi dan panduan komprehensif tentang dunia poin dan miles kepada anda. Jarang disadari, poin dan miles bisa sangat berguna dan tentunya mengubah cara anda bepergian untuk selamanya. Siapa bilang anda harus membayar mahal untuk terbang dengan mewah?

Tertarikkah anda memanfaatkan metode ini? Bagikan pendapat anda dibawah.

2 Comments

  1. Agus

    Apa cathay award utk intra asia bs stopover di hk? Saya baca2 di forum online koq kyk nya tdk di perbolehkan stopover di hk utk intra asia award.

    • Agus,

      Terima kasih untuk koreksinya. Stopover hanya diizinkan jika ada rute penerbangan yang menyangkut Amerika di itinerary anda.

      Selama ini saya bisa memanfaatkan free stopover di Hong Kong pada penerbangan dari/ke Amerika.

      Artikel akan saya koreksi, terima kasih!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: