Taifun Mangkhut yang digadang sebagai badai terkuat di dunia tahun ini, merusak bagian utara dari Filipina pada hari Sabtu kemarin sebagai badai kategori 5 dengan kecepatan 269 km/jam.

Saat ini, taifun Mangkhut telah melewati Filipina dan sedang menuju ke Hong Kong, Macau, Shenzhen, Guangzhou, Hangzhou dan berpotensi menuju ke Jepang.

asia times.jpg

Taifun Mangkhut yang digadang sebagai badai terkuat tahun ini, menghantam kota Manila, Filipina pada hari Sabtu, 15 September 2018. Kredit Gambar: Asia Times.

Garuda Indonesia, menyusul dari peringatan yang dikeluarkan oleh bandara Hong Kong, membatalkan penerbangan menuju dan dari Hong Kong pada tanggal 15-16 September 2018. Seluruh penumpang yang terkena imbas dari pembatalan ini bisa menjadwalkan ulang penerbangannya. Penumpang bisa menelpon ke nomorย 021 235 19999 dan 0804 1 807 807 untuk menjadwal ulang atau bisa juga melalui akun Twitter resmi Garuda di @IndonesiaGaruda.

Cathay Pacific dan Cathay Dragon telah membatalkan lebih dari 400 penerbangan dari dan menuju Hong Kong mulai dari kemarin, tanggal 15 September 2018. Anda bisa menuju ke laman resmi Cathay disini untuk mengecek status penerbangan anda dan melakukan penjadwalan ulang via Manage My Booking.

EVA Air dan China Airlines, dua maskapai asal Taiwan juga telah membatalkan penerbangan dari dan menuju Taiwan.

nikkei.jpg

Pergerakan taifun Mangkhut, hindari bepergian ke area tersebut dalam beberapa hari kedepan. Kredit Gambar: Nikkei Asian Review.

Bagi anda yang terkena dampak

Jangan khawatir, pada event force majeur seperti ini, maskapai akan mengakomodasi ulang anda untuk penerbangan memungkinkan selanjutnya. Pastikan keamanan menjadi prioritas utama anda, hindari bepergian ke area Filipina, Hong Kong, Taiwan, China bagian selatan, dan Jepang (kemungkinan) untuk beberapa hari kedepan.

Safe travel everyone!