Setelah menghabiskan 3 hari yang tidak terlupakan menginap di resort terbaik dunia InterContinental Da Nang Sun Peninsula Resort di Vietnam, kini saatnya untuk kembali ke tanah air. Anda bisa membaca ulasan InterContinental Da Nang di link ini:

Ulasan: InterContinental Da Nang Sun Peninsula Resort, InterContinental Terbaik di Dunia?

Mendapat akses masuk ke lounge merupakan suatu fasilitas yang tentunya menyenangkan. Anda tidak harus terbang di business class atau first class untuk mendapat akses lounge. Anda bisa mendapat akses ke lounge dengan kartu keanggotaan Priority Pass atau DragonPass yang bisa anda dapatkan dari beberapa kartu kredit.

Di dalam lounge, anda bisa melakukan banyak hal seperti makan, mandi, bekerja, dan bersantai. Kali ini, saya akan mengulas tentang CIP Orchid Lounge di bandara Da Nang, Vietnam. Saya memasuki lounge ini menggunakan kartu keanggotaan Priority Pass.

img_2003

Pintu masuk keberangkatan terminal internasional Da Nang.

img_2304

Terminal internasional Da Nang setelah melewati bea cukai dan security screening.

Setelah melewati bea cukai dan security screening, belok ke kanan dan anda akan menemukan lounge ini. Untuk mengakses, anda harus menuju ke lantai 2 atau Mezzanine Floor dengan menaiki tangga atau lift. Lounge ini buka 24 jam dan bisa anda gunakan selama 3 jam maksimal untuk pemegang kartu Priority Pass dan DragonPass.

img_2006

Anda akan dengan mudah melihat papan penunjuk menuju Orchid Lounge dari kejauhan.

Ini merupakan satu-satunya lounge di terminal internasional bandara Da Nang. Alhasil, seluruh penumpang business class maskapai full service pilihannya terbatas dengan lounge ini saja.

img_2004

Lounge ini merupakan satu-satunya lounge di terminal internasional Da Nang.

img_2302

Pintu masuk lounge.

Untungnya, pada saat kunjungan saya ke lounge, keadaan lounge cukup sepi. Menurut saya, lounge ini juga cukup luas untuk menampung penumpang kabin premium dari beberapa penerbangan sekaligus.

Lounge ini terbagi menjadi 3 bagian:

  • Bagian luar dekat pintu masuk terdapat meja dan kursi tambahan.
  • Bagian depan digunakan untuk area makanan dan minuman.
  • Bagian belakang digunakan sebagai tempat bersantai dan area kerja dengan Mac. Terdapat day beds dan kursi pijat yang bisa anda gunakan secara gratis.
img_2008

Terdapat kursi dan meja tambahan di luar lounge.

img_2010

Area makan.

img_2016

Area bersantai dan bekerja.

img_2022

Area bersantai.

img_2021

Mac station.

img_2020

Sleeping pods.

Tidak tersedia fasilitas pengumuman boarding di lounge ini, namun terdapat TV yang digunakan untuk menampilkan jadwal penerbangan. Pastikan anda memperhatikan waktu boarding penerbangan anda.

Terdapat 1 ruang shower sederhana di masing-masing kamar mandi laki-laki dan perempuan. Anda bisa menggunakan fasilitas shower kapanpun anda inginkan saat tersedia. Handuk dan amenities seperti sabun dan sampo sudah tersedia.

img_2024

Shower seadanya.

img_2025

Terdapat handuk yang dibungkus plastik.

Dikarenakan terbatasnya pilihan restoran di bandara internasional Da Nang, maka lounge ini bisa dibilang merupakan oasis bagi para traveller.

img_2011

Konter Pho, mi instan, kopi dan teh.

img_2013

Buffet section.

img_2014

Pastries section.

Lounge ini menerapkan sistem self-service, anda harus mengambil makanan dan minuman sendiri di buffet section.

Makanan yang ditawarkan cukup sederhana, namun menurut saya ini merupakan salah satu lounge Priority Pass dengan kualitas makanan yang cukup baik.

img_2023

Nasi goreng Vietnam dengan sosis ayam dan bacon.

img_2026

Beef Pho.

img_2027

Mi instan.

Terdapat juga kulkas yang terisi dengan minuman kemasan, jus, bir, susu, salad, dan buah-buahan.

Akses Lounge

Lounge ini bisa diakses jika anda terbang di kelas business maskapai:

  • Cathay Dragon
  • Vietnam Airlines
  • Silk Air
  • Korean Air
  • Asiana Airlines
  • China Southern
  • Air Macau
  • China Eastern
  • VietJet
  • Hainan Airlines

Atau bisa anda akses menggunakan kartu keanggotaan Priority Pass dan DragonPass yang bisa anda dapatkan dari beberapa kartu kredit seperti:

Jika anda tidak memiliki kartu kredit yang memberikan fasilitas keanggotaan Priority Pass atau DragonPass, anda bisa memiliki kartu tersebut dengan membayar biaya keanggotaan.

Screen Shot 2018-09-05 at 1.15.43 PM

Biaya keanggotaan PriorityPass tentunya tidak murah.

Screen Shot 2018-09-05 at 1.17.41 PM.png

Biaya keanggotaan DragonPass.

Jika anda tidak terbang di kabin premium atau tidak memiliki kartu keanggotaan Priority Pass/DragonPass, anda bisa membayar sebesar US $25 per 1 orang dewasa untuk akses masuk ke lounge.

Jika anda memegang kartu keanggotaan Priority Pass Standard atau DragonPass Classic, anda harus membayar US $27 per kunjungan.

img_2303

Saatnya untuk meninggalkan Da Nang, I’ll definitely visit again.

Penutup

CIP Orchid Lounge merupakan sebuah oasis di bandara internasional Da Nang, Vietnam. Menjadi satu-satunya lounge di bandara ini, seluruh maskapai memanfaatkan lounge ini untuk penumpang kabin premium mereka. Untungnya, lounge ini cukup luas untuk menampung penumpang dari beberapa penerbangan sekaligus.

Pernahkah anda memanfaatkan kartu keanggotaan Priority Pass atau DragonPass anda? Bagikan pengalaman anda pada kolom komentar dibawah.