Berita & Promo, Misc.

Cathay Pacific Asia Miles Devaluasi, Kabar Baik Bagi Orang Indonesia!

Devaluasi pada frequent flyer program adalah sesuatu yang lumrah dilakukan oleh maskapai-maskapai dunia. Umumnya, devaluasi tersebut akan merugikan karena jumlah miles yang dibutuhkan untuk me-redeem penerbangan akan bertambah. Namun, dalam kondisi tertentu devaluasi tersebut bisa menguntungkan bagi traveller yang berdomisili di lokasi tertentu.

Cathay Pacific baru-baru ini mengumumkan perubahan signifikan pada frequent flyer programnya, Asia Miles. Hal-hal yang diubah pada intinya adalah cara perolehan dan penggunaan miles.

Screen Shot 2018-06-02 at 10.36.37 AM

Cathay Pacific A350 di Hong Kong International Airport. Kredit Gambar: Ikhwan Hidayat.

Berikut adalah perubahan-perubahan yang akan diberlakukan pada Jumat, 22 Juni 2018:

  • Perolehan Asia Miles

Saat ini, Asia Miles menghadiahkan miles berdasarkan jarak aktual penerbangan dalam satuan mil dan kelas tiket. Efektif tanggal 22 Juni 2018, perolehan miles akan berdasarkan kombinasi dari kelas kabin, kelas tiket, dan zona jarak.

Screen-Shot-2018-05-24-at-9.53.36-AM.png

Tabel perolehan Asia Miles terbaru yang akan berlaku pada tanggal 22 Juni 2018. Kredit Gambar: Cathay Pacific.

Sebagai contoh, penerbangan seperti Hong Kong – London dan Hong Kong – Paris akan mendapatkan jumlah miles yang sama karena kedua kota tersebut berada di zona jarak yang sama.

Menurut Cathay, 80% penerbangan akan memperoleh miles yang lebih banyak. Informasi tersebut cukup akurat setelah saya mencoba menggunakan kalkulator perolehan miles terbaru yang bisa anda temukan di tautan ini.

Screen Shot 2018-06-15 at 12.15.07 PM.png

Mulai dari tanggal 22 Juni 2018, anda akan memperoleh 494 Asia Miles lebih banyak pada penerbangan sekali jalan Hong Kong – Jakarta di kelas ekonomi kelas tiket S, N, dan Q.

Namun, untuk kelas tiket M, L, V dan Y, B, H, K, anda akan memperoleh miles yang lebih sedikit dari sebelumnya.

Screen Shot 2018-06-15 at 12.24.04 PM.png

Anda akan memperoleh miles yang lebih sedikit jika anda membeli tiket di kelas tiket M, L, V.

Screen Shot 2018-06-15 at 12.24.28 PM.png

Sedangkan untuk tiket kelas Y, B, H, K, anda tidak akan terlalu merasakan perubahan perolehan Asia Miles.

Perubahan ini hanya berlaku pada penerbangan di pesawat Cathay Pacific dan Cathay Dragon saja. Artinya, penerbangan dengan maskapai partner Oneworld seperti Malaysia Airlines dan Japan Airlines tetap akan menerapkan konsep lama.

  • Penggunaan Asia Miles

Kabar baik bagi anda yang tinggal di dalam radius 2.750 mil dari Hong Kong. Dengan adanya perubahan baru ini, jumlah Asia Miles yang anda butuhkan untuk me-redeem penerbangan di radius zona ini akan berkurang secara signifikan.

Screen Shot 2018-06-02 at 10.25.39 AM

Anda tinggal di negara yang termasuk di dalam radius 2.750 miles? Kabar baik bagi anda karena anda akan memerlukan jumlah miles yang sedikit untuk award flight di daerah tersebut.

Contohnya adalah penerbangan Jakarta – Hong Kong, saat ini anda memerlukan 20.000 Asia Miles sekali jalan. Namun setelah perubahan ini mulai berlaku pada tanggal 22 Juni 2018 nanti, anda hanya memerlukan 10.000 Asia Miles sekali jalan! Sebuah perubahan yang sangat menguntungkan tentunya.

img_redeem_destinations

Contoh ilustrasi penggunaan Asia Miles pada penerbangan populer. Kredit Gambar: Cathay Pacific.

Kabar buruk bagi anda yang ingin menggunakan Asia Miles untuk penerbangan pergi pulang Ultra-Long di business class atau first class. Rute penerbangan seperti Hong Kong – New York pergi pulang di business class akan membutuhkan 25.000 Asia Miles lebih banyak dari sebelumnya.

Berikut merupakan tabel penggunaan miles terbaru pada maskapai Cathay Pacific dan Cathay Dragon.

1

Tabel penggunaan miles pada maskapai Cathay Pacific dan Cathay Dragon. Kredit Gambar: Cathay Pacific.

Untuk perbandingan, berikut tabel penggunaan Asia Miles yang masih digunakan sekarang.

2

Tabel lama penggunaan miles pada maskapai Cathay Pacific dan Cathay Dragon. Kredit Gambar: Cathay Pacific.

Berikut tabel penggunaan miles terbaru pada maskapai partner Oneworld.

OW new

Tabel terbaru penggunaan Asia Miles pada maskapai partner Oneworld. Kredit Gambar: Cathay Pacific.

Dan sebagai perbandingan, berikut tabel penggunaan miles lama pada maskapai partner Oneworld.

OW old

Berlaku efektif sampai 22 Juni 2018 sebelum digantikan. Kredit Gambar: Cathay Pacific.

Jika anda perhatikan, penerbangan jarak jauh di kabin premium akan memerlukan lebih banyak miles setelah perubahan ini efektif berjalan. Business class di zona 9 (14.001 – 18.000 miles) akan mengalami peningkatan dari 135.000 miles menjadi 155.000 miles. First class naik dari 190.000 miles menjadi 250.000 miles! Namun peningkatan miles pada penerbangan economy class tidak terlalu terasa.

  • Seluruh Penerbangan Dengan Miles Akan Dihargai Sekali Jalan

Saat ini, Cathay mempunyai sistem harga yang berbeda untuk award booking sekali jalan dan pergi pulang. Per 22 Juni 2018, Cathay hanya akan menampilkan harga sekali jalan saja. Cathay juga mengurangi jumlah zona jarak dari tujuh menjadi enam.

Dengan perubahan ini, diskon pada penerbangan pergi pulang akan dihapus, seperti yang bisa dilihat di ilustrasi sebelumnya.

Screen Shot 2018-06-16 at 9.39.32 AM.png

Cathay Pacific A330 di Changi Airport Singapore. Kredit Gambar: Ikhwan Hidayat.

Asia Miles juga akan memperkenalkan dua tabel harga untuk peak pricing, yakni Choice dan Tailored untuk menggantikan Priority awards yang digunakan sekarang. Jumlah miles untuk penerbangan-penerbangan tersebut akan ikut naik juga. Cathay Pacific mengatakan bahwa mereka akan meningkatkan ketersediaan award sampai 20%.

Penutup

Menurut saya, cara memaksimalkan miles terbaik adalah dengan me-redeem untuk penerbangan jarak jauh di business class atau first class. Sayang sekali dengan perubahan ini, jumlah miles yang dibutuhkan akan meningkat di beberapa sektor.

Namun, perubahan ini merupakan kabar gembira bagi anda yang ingin me-redeem miles untuk penerbangan economy class dan orang yang tinggal di radius 2.750 mil dari Hong Kong, termasuk Indonesia karena jumlah miles yang dibutuhkan berkurang secara signifikan. Perubahan ini juga akan membantu anda mengumpulkan Asia Miles lebih cepat dari penerbangan anda bersama Cathay Pacific dan Cathay Dragon.

Jika anda ingin membooking penerbangan dengan tabel harga lama, pastikan anda melakukannya sebelum tanggal 22 Juni 2018.

Bagaimana menurut anda tentang devaluasi pada program Asia Miles ini?

 

11 Comments

  1. Biondi

    Bro artikel nya helpfull banget semuanya.. bro ada jual miles gk? Atau ada kenal org yg jual?

    • Halo Biondi,

      Untuk pembelian miles sebenarnya tidak diizinkan oleh pihak maskapai dan tidak saya rekomendasikan karena merupakan aktivitas ilegal.

      • aherianto

        Ini ilegal di negara kita saja atau memang ilegal di semua negara? Saya oernah lihat ada situs yang jual beli miles, tapi situs ini sepertinya berasal dari US.

        • Halo Andi,

          Memperjualbelikan miles merupakan tindakan yang dianggap ilegal oleh pihak maskapai. Jika diketahui oleh pihak maskapai, akun frequent flyer anda akan di suspend/tutup selamanya. Situs yang anda lihat tentu tidak akan menjamin keamanan akun anda. Jadi saya sarankan untuk menjauhi aktivitas ilegal tersebut.

          Semoga bermanfaat.

  2. Dave

    Thanks for sharing pak. Kebetulan selama ini kumpulin Krisflyer aja. Jadi kurang paham mengenai AsiaMiles sblm ad post ini. Jadi in a short summary, how is it gonna cost us to redeem eco flight from CGK to NRT/KIX? is it 10,000 ,miles? 🙂

    • Sama-sama. Semoga artikel tentang Asia Miles ini membantu ya karena menurut saya penting untuk memiliki akun frequent flyer di tiap aliansi maskapai.

      Kurang tepat, 10.000 Asia Miles hanya berlaku untuk radius 751-2.750 miles (Short). Jakarta masuk dalam kategori tersebut.

      Namun untuk Tokyo/Osaka, anda memerlukan 22.000 Asia Miles untuk penerbangan sekali jalan economy class dari Jakarta.

  3. Dave

    https://www.asiamiles.com/en/afr.html

    sudah dicek via situs ini, menurut saya, CMIIW, kurs penukaran miles yg dicoba melalui maskapai JAL = kurs SQ via KF. jd saya masi bingung ekonomis buat kita nya dari sisi mana pak. PLease help .. tq

    • Penukaran Asia Miles untuk penerbangan maskapai partner Oneworld seperti Japan Airlines tentunya akan membutuhkan jumlah miles yang lebih banyak daripada penerbangan Cathay Pacific sendiri.

      Sebelum anda menggunakan miles anda, tanyakan kepada diri anda, apa nilai atau value yang anda cari dari penukaran miles anda?

      Misalnya:

      1. Anda ingin terbang non-stop ke Tokyo -> Japan Airlines melayani penerbangan non-stop ke Tokyo dari Jakarta.

      2. Anda ingin mencoba business class Apex Suites Japan Airlines yang lebih superior ketimbang kursi reverse herringbone milik Cathay Pacific.

      3. Saya ingin menggunakan sesedikit mungkin miles yang saya miliki -> Redeem penerbangan Cathay Pacific dikarenakan jumlah miles yang diperlukan lebih sedikit.

      4. Anda memiliki opsi untuk mentransfer poin kartu kredit anda ke akun KrisFlyer/Asia Miles -> Transfer ke akun yang membutuhkan lebih sedikit miles untuk penerbangan yang anda inginkan.

      Menurut saya pribadi, nilai ekonomis dari penukaran miles ditentukan oleh anda sendiri berdasarkan kebutuhan anda.

      Semoga membantu ya.

      • Dave

        okay brarti situs kemaren rada misleading ya, saya sih prefer seekonomis mungkin poin yang digunakan = berarrti opsi 3, via CX kalau gt. karena situs kemaren redirect ke JAL dikarenakan kita mungkin diprioritaskan direct flight which cost the same as SQ.

        Sedangkan kalau via CX hanya kena 22k per pax per one way trip, which will save around 3k miles dibandingkan SQ yang juga transit di SIN (CX transit di HKG). Sehingga total round trip = 44k utk CGK – NRT , betul ya pak? CMIIW

        karena bawa istri dan anak, saya rasa economy already provide better option for me rather than pushing to business class yang sesuai artikel mas, malah jadi lebih mahal (sekitar 45k per pax per trip) . 🙂

        tx ya pak for sharing.

        • Dave,

          Informasi di situs Cathay hanya menyertakan jumlah miles yang dibutuhkan untuk jarak sekian. Jadi kita harus secara proaktif mencari tahu sendiri jumlah miles yang dibutuhkan ke suatu destinasi dengan mencari tahu jarak dalam satuan miles.

          Betul, CX round trip akan memerlukan 44.000. Sebelum adanya devaluasi ini, CX biasanya akan memberikan diskon apabila anda membooking penerbangan round trip. Namun, kini harga yang ditawarkan sudah mengikuti frequent flyer program lain seperti KrisFlyer, yakni per one way. Untungnya, jumlah miles yang dibutuhkan untuk Jakarta – Hong Kong berkurang secara signifikan. Devaluasi Asia Miles merupakan kabar gembira bagi orang yang tinggal di radius 2.750 miles dari Hong Kong.

          Cara penggunaan poin/miles dan valuasi oleh tiap orang akan berbeda-beda. Jika anda mampu memanfaatkan miles anda untuk liburan bersama keluarga, maka bisa dianggap anda telah “memaksimalkan” miles yang telah anda kumpulkan tersebut. Jangan lupa, sebelum anda meredeem miles anda, periksa harga asli tiket ke Hong Kong tersebut. Bandingkan harga tiket tersebut dengan valuasi miles yang anda dapatkan dari tiket tersebut.

          Gunakan rumus: Harga tiket / Jumlah miles yang diperlukan, untuk mendapatkan valuasi dari penggunaan miles anda. Saya pribadi memvalue Asia Miles sebesar Rp 210 / 1 mile. Jika nilai yang anda dapatkan dibawah angka tersebut, akan lebih baik bagi anda untuk membeli tiket tersebut dengan cash.

          Berikut artikel valuasi poin dan miles versi PinterPoin: https://pinterpoin.com/2018/08/11/valuasi-poin-miles-terkini/

          Semoga membantu ya, do let me know if you have further questions.

          Cheers,
          Vincent

  4. Dave,

    Glad that I could help.

    Cheers,
    Vincent

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

BoardingArea
%d blogger menyukai ini: