Mungkin anda telah membaca banyak sekali ulasan penerbangan business class atau first class. Di benak kebanyakan orang, anda perlu merogoh kocek yang dalam agar dapat terbang dengan mewah.

Pernahkah terbayangkan oleh anda bahwa anda pun juga bisa merasakannya dengan memanfaatkan poin kartu kredit anda? Artikel ini khusus ditulis untuk anda yang ingin mencoba terbang di business class, first class, atau Suites tanpa harus membayar puluhan atau bahkan ratusan juta.

Penasaran?

IMG_7850

Singapore Airlines Suites A380 Double Bed. Anda pun bisa mencoba terbang dengan mewah!

Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan welcome/sign up bonus kartu kredit!

Pihak bank seringkali menawarkan welcome/sign up bonus yang menggiurkan untuk menarik nasabah baru agar mendapatkan kartu kredit. Kesempatan inilah yang harus anda manfaatkan dengan baik dan benar untuk mengumpulkan miles banyak dalam jangka waktu yang singkat.

Berikut dua kartu yang saat ini menawarkan welcome/sign up bonus miles yang cukup menggiurkan:

HSBC Visa Signature

HSBC Visa Signature

HSBC Visa Signature menawarkan welcome bonus terbesar di Indonesia! Kredit Gambar: HSBC Indonesia.

Saat ini, HSBC Visa Signature menawarkan welcome/signup bonus sebesar 510.000 HSBC Rewards atau setara dengan 30.000 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles (rasio konversi 17:1) setelah penggunaan kartu sebesar Rp 30.000.000 dalam 3 bulan sejak kartu disetujui.

Catatan: Untuk mendapatkan bonus, anda tidak boleh memiliki kartu kredit HSBC sebelumnya.

BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature

Kartu-Kredit-BCA-Singapore-Airlines-KrisFlyer-Visa-Signature

Anda bisa mendapatkan 10.000 KrisFlyer secara mudah dengan mendapatkan kartu BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature. Kredit Gambar: BCA.

BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature saat ini menawarkan welcome/sign up bonus sebesar 10.000 KrisFlyer setelah pemakaian kartu sebesar Rp 3.000.000 dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.

Baca juga: Ulasan kartu kredit travel dan welcome bonus terbaik di Indonesia.

Dengan menggabungkan kedua welcome bonus kartu tersebut, anda bisa mengakumulasikan setidaknya 40.000 KrisFlyer miles. Dengan welcome/sign up bonus tersebut, anda bisa terbang dari Jakarta ke Hong Kong via Singapore di Suites Singapore Airlines!

Untuk penerbangan Singapore Airlines first class & Suites sekali jalan dari Jakarta menuju Hong Kong, anda hanya membutuhkan 37.500 KrisFlyer miles ditambah pajak dan biaya yang biasanya dikisaran Rp 200.000 – 300.000.

Menariknya, jumlah miles yang anda butuhkan jika memulai penerbangan dari Jakarta dan Singapore adalah sama. Artinya, akan lebih menguntungkan bagi anda untuk memulai penerbangan dari Jakarta dibandingkan dari Singapore.

Anda bisa mencoba produk first class Boeing 777-300 pada penerbangan Jakarta – Singapore lalu merasakan kenyamanan bersantai di The Private Room sebelum akhirnya mencoba terbang di Suites Airbus A380 menuju Hong Kong.

maxresdefault

Anda akan mendapat akses menuju The Private Room, lounge paling eksklusif di Changi Airport Singapore.

Anda bisa membaca ulasan penerbangan saya di Suites Singapore Airlines dari Singapore menuju ke Hong Kong disini:

Ulasan: Singapore Airlines Suites A380 Singapore to Hong Kong Rute Suites Paling Terjangkau

Catatan: Singapore Airlines mengeksklusifkan penggunaan miles untuk penerbangan di business class, first class, dan Suites di pesawat Singapore Airlines hanya untuk anggota KrisFlyer saja.

Anda bisa membaca ulasan saya tentang The Private Room disini:

Ulasan: The Private Room Changi Airport Singapore

Ditambah, tidak lama ini Singapore Airlines meluncurkan produk business class dan Suites terbaru seiring dengan pembelian tambahan 5 Airbus A380. Jika anda beruntung bisa menemukan ketersediaan kursi, anda bisa mencoba terbang di kabin terbaru!

sq

All new Singapore Airlines Suites. Kredit Gambar: Singapore Airlines.

Rute awal yang terpilih untuk merasakan kabin terbaru ini adalah Sydney, Hong Kong, London dan Shanghai. Tentunya, rute penerbangan yang lain akan mendapatkan kabin terbaru tersebut karena Singapore Airlines akan me revamp seluruh armada A380nya dengan kabin terbaru.

Bagaimana dengan ketersediaan kursi?

Screen Shot 2018-06-26 at 12.28.14 AM.png

Ketersediaan kursi pada Saver award umumnya cukup langka.

Salah satu tantangan untuk menggunakan KrisFlyer miles anda untuk penukaran tiket business class atau Suites adalah ketersediaan kursi yang langka pada Saver award level. Seperti ilustrasi gambar diatas, apabila anda bersedia untuk menggunakan 70.000 KrisFlyer miles anda, kursi di Advantage award level tersedia untuk anda pesan.

Anda bisa masuk dalam daftar tunggu atau Waitlist, dimana saat ketersediaan kursi pada penerbangan yang anda inginkan muncul, anda akan diinformasikan oleh Singapore Airlines dan diberikan waktu 24 jam untuk menyelesaikan pemesanan penerbangan anda.

Untungnya, asalkan anda telah memiliki jumlah KrisFlyer miles yang dibutuhkan, anda bisa menaruh waitlist di banyak penerbangan, tidak hanya terbatas pada 1 penerbangan saja. Kemungkinan waitlist anda “clear” akan semakin besar jika anda memilih banyak penerbangan di tanggal berbeda. Umumnya, waitlist akan “clear” seminggu sampai 24 jam sebelum waktu penerbangan anda. Semoga beruntung bagi anda yang mencoba!

Tentang Book the Cook

Salah satu fitur yang bisa anda dapatkan dengan terbang di premium economy, business class, first class, dan Suites adalah Book the Cook (BTC).

Anda bisa memesan makanan yang biasanya tidak tersedia pada menu paling lambat 24 jam sebelum penerbangan anda. Saya pernah menggunakan fasilitas ini untuk memesan makanan a la restoran mewah seperti Lobster Thermidor, Kyo Kaiseki, dan USDA Prime Grilled Steak.

IMG_7817

Lobster Thermidor yang biasanya hanya anda jumpai di restoran mewah.

Cara mengetahui jika anda mendapatkan kabin Suites lama atau baru

Langkah pertama yang penting adalah pastikan jenis pesawat yang anda pilih merupakan Airbus A380-800.

Screen Shot 2018-06-26 at 12.31.39 AM.png

Suites hanya bisa ditemukan di pesawat Airbus A380 saja.

Lalu periksa seat-map penerbangan anda, apabila terdapat 12 kursi di kabin Suites, artinya anda akan mendapatkan kabin lama. Namun, apabila hanya terdapat 6 kursi di Suites, artinya anda akan mendapatkan kabin Suites terbaru.

Penutup

Tanpa anda sadari, poin dan miles bisa mengubah cara anda bepergian untuk selamanya. Seperti yang selalu saya tegaskan, poin dan miles adalah “mata uang asing” yang bisa anda belanjakan.

Terbang di business class atau Suites merupakan impian bagi kebanyakan orang. Dengan strategi poin dan miles yang tepat, anda bisa mewujudkan impian tersebut tanpa harus membayar mahal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Anda memiliki pertanyaan? Silahkan tulis pertanyaan anda di kolom bawah.