Part 1: Singapore Airlines Suites A380 New York to Frankfurt

Part 2: Singapore Airlines Suites A380 Frankfurt to Singapore

Part 3: Singapore Airlines Suites A380 Singapore to Hong Kong

Lounge: The Private Room Changi Airport Singapore


Setelah perjalanan panjang dari Portland (PDX) – Los Angeles (LAX) – New York (JFK) – Frankfurt (FRA) – Singapore (SIN), jujur badan saya sudah terasa sangat lelah untuk penerbangan ke Hong Kong (HKG) ini. Menurut saya, penerbangan panjang memang sangat melelahkan bahkan jika anda terbang di Business Class atau First Class sekalipun.

Untungnya, sebagai penumpang Suites, saya mendapat akses menuju ke lounge paling eksklusif di Changi Airport Singapore, The Private Room. Saya hanya menghabiskan waktu  di lounge selama 1 jam sebelum menuju ke gate.

maxresdefault

The Private Room adalah lounge yang dikhususkan untuk penumpang first class/Suites Singapore Airlines.

Anda bisa membaca ulasan tentang The Private Room disini.

9V-SKG by ihikhi.png

Singapore Airlines A380 (9V-SKG), pesawat yang difoto Ikhwan ini merupakan pesawat yang sama dengan yang saya naiki ke Hong Kong. Kredit Gambar: Ikhwan Hidayat.

Tidak seperti bandara lain, security check atau screening process di Changi Airport dilakukan di tiap gate. Jadi, pastikan anda meluangkan waktu lebih untuk menjalani pemeriksaan sebelum bisa memasuki area gate.

Screen Shot 2018-06-07 at 7.06.28 AM.png

Rute penerbangan tersingkat dan paling terjangkau untuk mencoba Singapore Airlines Suites A380. Anda hanya memerlukan 37.500 KrisFlyer miles di kelas Saver atau 70.000 KrisFlyer miles di kelas Advantage.

Nomor Penerbangan: SQ 860

Registrasi Pesawat: 9V-SKG

Rute: Singapore (SIN) – Hong Kong (HKG)

Tanggal: Jumat, 18 Agustus 2017

Jam Berangkat: 08.40am

Jam Sampai: 12.40pm

Durasi Penerbangan: 4 jam

Kursi: 1F.

Kabin Suites kali ini cukup penuh, 8 dari 12 kursi terisi. Wajar saja karena rute SIN-HKG atau HKG-SIN merupakan rute terpendek dan yang paling terjangkau untuk mencoba produk Suites ini. Anda hanya memerlukan 37.500 KrisFlyer miles untuk Saver award atau 70.000 KrisFlyer miles untuk Advantage award.

IMG_7905.jpg

Saya memilih kursi 1F untuk penerbangan yang relatif singkat ini. Seluruh kursi di bagian tengah yang bisa dijadikan double bed telah terambil.

IMG_7903.jpg

Suites 1F Singapore Airlines A380.

IMG_7908.jpg

Pemandangan dari Suites 1F.

IMG_7904.jpg

Tangga menuju ke lantai 2 pesawat A380.

Setelah boarding, para penumpang ditawarkan pre-departure beverage untuk memulai penerbangan, saya memilih segelas Dom Pérignon.

IMG_7617

Sebotol Dom Pérignon biasanya dihargai sekitar Rp 4 sampai 8 juta di darat.

Sayangnya, untuk penerbangan dibawah 7 jam, Singapore Airlines tidak membagikan piyama dan amenity kit kepada para penumpangnya, bahkan di kelas Suites sekalipun.

IMG_7757

Amenity kit Salvatore Ferragamo yang saya dapatkan pada penerbangan JFK-FRA-SIN.

Namun, saya cukup beruntung karena bertepatan dengan ulang tahun ke 70 Singapore Airlines, setiap penumpang business class dan Suites diberikan sebuah amenity kit dari The Laundress New York.

img_0729

Sebuah travel gift pack dari The Laundress New York untuk merayakan ulang tahun ke-70 Singapore Airlines.

Makan

Untuk brunch kali ini, saya telah memilih Kyo-kaiseki melalui fasilitas Book The Cook (BTC) yang cukup populer dikalangan para traveller. Untuk keperluan ilustrasi, saya menyunting foto Kyo-kaiseki yang paling mirip dengan yang dihidangkan kepada saya pada penerbangan ini.

theshutterwwhale2

Kyo-kaiseki first course. Kredit Gambar: The Shutterwhale.

theshutterwhale

Kyo-kaiseki second course. Kredit Gambar: The Shutterwhale.

Untuk dessert, hanya tersedia pilihan Belgian Chocolate Mousse Cake.

flystaytravel.jpg

Belgian Chocolate Mousse Cake. Kredit Gambar: FlyStayTravel.

Berikut menu yang tersedia pada penerbangan ini. Flight attendant seringkali mengingatkan bahwa saya diperbolehkan untuk memesan apapun dan kapanpun dari menu.

IMG_7894

Menu brunch Suites SIN-HKG.

IMG_7895

Menu brunch Suites SIN-HKG

Selesai makan siang, saya kemudian memesan segelas Mimosa, cocktail yang dibuat dari fresh squeezed orange juice dan champagne.

IMG_7900.jpg

Segelas Mimosa terasa sangat menyegarkan.

Dikarenakan kondisi badan yang sudah lelah, saya meminta flight attendant untuk menyiapkan tempat tidur saya. Turndown service dilakukan dengan cepat dan saya pun bisa beristirahat selama sisa penerbangan menuju ke Hong Kong.

IMG_7901.jpg

Single bed yang sangat nyaman bagi anda untuk beristirahat.

IMG_7896.jpgSaya tertidur pulas selama 1.5 jam sebelum akhirnya terbangun dengan waktu tersisa 20 menit menuju Hong Kong.

IMG_7909.jpg

Pesawat saya berputar beberapa kali dikarenakan padatnya lalu lintas di Hong Kong Chek Lap Kok International Airport (HKG).

IMG_7910

Pemandangan menuju Hong Kong.

IMG_7911

Terbang dari atau menuju Hong Kong akan memberikan anda pemandangan yang mengagumkan.

IMG_7912

Mendarat dengan selamat dan nyaman di Hong Kong.

Kekurangan dari penerbangan ini

Satu hal yang saya sayangkan dari produk Suites Singapore Airlines lama adalah tidak adanya complimentary Wi-Fi untuk penumpang Suites. Anda harus membayar cukup mahal untuk menggunakan Wi-Fi di pesawat ini.

  • 5MB internet access dihargai US $5.99
  • 10MB internet access dihargai US $9.99
  • Opsional US $0.15 per 100KB jika anda telah melewati batas kuota anda

Kabar baiknya adalah, Singapore Airlines akan memberikan Wi-Fi gratis kepada penumpang business class dan Suites pada seluruh pesawat A380, A350, dan 777-300ER. Penumpang Suites/first class akan mendapatkan 100MB sedangkan penumpang business class dan PPS Member yang terbang di economy atau premium economy class akan mendapatkan 30MB.

Cara saya memesan penerbangan ini

Penerbangan ini adalah lanjutan dari penerbangan sebelumnya. Untuk rute New York (JFK) – Frankfurt (HKG) – Singapore (SIN) – Hong Kong (HKG), saya menggunakan 104.125 KrisFlyer miles dan US $291.01 untuk biaya dan pajak. Jika saya harus membayar dengan uang, tiket penerbangan ini berada di kisaran US $13.500 sekali jalan, artinya saya mendapatkan redemption value sebesar US$ 13 sen atau setara dengan Rp 1.830 per 1 KrisFlyer miles, sebuah nilai yang menurut saya sangat outstanding untuk memanfaatkan miles.

Untuk penerbangan Jakarta – Hong Kong atau Singapore – Hong Kong

Jika anda ingin menggunakan KrisFlyer miles anda untuk penerbangan CGK-SIN-HKG atau SIN-HKG, anda hanya memerlukan 37.500 KrisFlyer miles untuk Saver award atau 70.000 KrisFlyer miles untuk Advantage award.

Jika harus membayar dengan uang, penerbangan SIN-HKG di kelas Suites dihargai sekitar US $2.189 atau Rp 30.390.000 sekali jalan. Artinya dengan menggunakan 37.500 KrisFlyer miles untuk penerbangan tersebut, anda akan mendapatkan valuasi miles sebesar Rp 810 per 1 KrisFlyer mile.

Saya sarankan untuk memulai penerbangan dari Jakarta karena jumlah miles yang diperlukan sama dengan jika anda memulai perjalanan dari Singapore. Dengan memulai perjalanan dari Jakarta, artinya anda bisa mencoba terbang di first class Boeing 777-300 menuju ke Singapore sebelum akhirnya terbang di Suites A380 dari Singapore menuju Hong Kong. Score!

Suites terbaru Singapore Airlines bisa anda temui di rute Singapore – Hong Kong atau Hong Kong – Singapore ini. Hanya saja, ketersediaan kursi sangat sangat langka. Hanya terdapat 6 Suites di kabin terbaru. Pastikan anda memperhatikan seat map sebelum memesan. Jika terdapat 12 Suites di seat map penerbangan anda, artinya anda akan mendapatkan produk Suites lama.

sq.png

New Singapore Airlines A380 Suites.

Bagaimana cara mendapatkan KrisFlyer Miles dengan cepat?

KrisFlyer merupakan transfer partner dari 16 bank di Indonesia. Saya sarankan untuk memilih kartu kredit dengan transfer rasio 1:1 agar anda dapat mengumpulkan miles dengan cepat. Anda juga bisa memanfaatkan welcome bonus kartu kredit untuk menambah jumlah miles anda secara signifikan dalam waktu singkat. Baca selengkapnya di artikel:

Kartu Kredit Travel & Welcome Bonus Terbaik Saat Ini. 

Penutup

Mendapat kesempatan untuk terbang di Singapore Airlines Suites adalah impian bagi kebanyakan orang. Rute Singapore – Hong Kong merupakan cara paling terjangkau jika anda ingin mencoba produk Suites ini.

Sudahkah anda mencoba terbang di Suites Singapore Airlines?

Catatan: Mohon maaf karena beberapa foto merupakan suntingan dari blog lain. Ponsel saya mendadak mati tidak lama setelah saya berada di dalam lounge dan baru menyala kembali tidak lama setelah saya di dalam pesawat.