Program A380 milik Airbus yang masa depannya tidak jelas baru-baru ini mendapatkan angin segar. Setelah Emirates memutuskan untuk memperpanjang kontrak A380 dengan Airbus kini, Hi Fly, maskapai charter asal Portugal akan mendatangkan dua Airbus A380 bekas Singapore Airlines. Dengan menambahkan A380 ke dalam armada mereka, Hi Fly akan menjadi maskapai ke 14 di dunia dan ke 4 di Eropa yang mengoperasikan pesawat A380.

DaAzVfAX4AAqG5E

Hi Fly mendatangkan A380 pertama di dunia (Nomor serian: 9V-SKA) yang sebelumnya beroperasi untuk Singapore Airlines.

Semakin berkurangnya peminat pesawat A380 disebabkan oleh adanya pesawat bermesin dua yang lebih hemat bahan bakar dan efisien seperti Boeing 787 dan Airbus A350. Maskapai dunia lebih memilih untuk mengoperasikan pesawat tersebut karena resiko kerugian yang jauh lebih kecil. Dengan A380, maskapai sering kali kesulitan untuk memenuhi kursi di pesawat dengan penumpang. Pesawat seperti A350 dan Boeing 787 dapat menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan A380 dengan membawa jumlah penumpang yang lebih sedikit dan efisien.

Menariknya, Hi Fly akan tetap mempertahankan susunan kursi yang sebelumnya digunakan Singapore Airlines. Artinya, anda bisa merasakan terbang di kabin Suites dan bisnis milik Singapore Airlines namun tentunya dengan servis yang berbeda. Kabin Suites A380 tersebut adalah yang pertama yang menawarkan fasilitas double bed di pesawat.

Dazu7IxUMAERv6a.jpg

Singapore Airlines “Old Suites” Double Bed.

Saya pribadi berharap program A380 akan tetap dilanjutkan. Bisa dibilang bahwa A380 adalah pesawat favorit bagi kebanyakan aviation geek, termasuk saya. Dari pandangan sebagai penumpang, kenyamanan terbang di A380 tidak akan bisa tersaingi, mulai dari noise level yang sangat rendah dan kabin yang sangat luas. Mendapatkan kesempatan untuk terbang dengan A380 akan menjadi sebuah treat bagi kebanyakan orang.

Credit: Business Insider