Panduan Untuk Pemula

Panduan Untuk Pemula


Selamat datang ke artikel yang secara khusus ditulis bagi anda yang mungkin masih baru dalam dunia poin dan miles. Menurut saya, artikel ini akan menjadi salah satu artikel terpenting di PinterPoin. Disini saya akan membagikan tips-tips penting yang akan membantu anda untuk memaksimalkan penggunaan poin dan miles anda sehingga anda bisa mendapatkan pengalaman traveling yang tidak terlupakan. Saya akan mengurutkan langkah demi langkah penting yang harus anda tempuh. Semoga segala informasi yang saya sertakan dapat berguna bagi dan menjawab pertanyaan anda.

img_6566

Sesaat setelah take-off dari Fairbanks International Airport, Alaska. Pesawat: Delta Embraer 175.

  • Langkah Pertama: Daftarkan diri anda dengan program frequent flyer maskapai dan member hotel
  • Langkah Kedua: Dapatkan kartu kredit terbaik yang wajib ada di dompet anda
  • Langkah Ketiga: Maksimalkan pembelian anda dengan kartu kredit yang tepat
  • Langkah Keempat: Manfaatkan Shopping Portal
  • Langkah Kelima: Selalu up-to-date dengan tips dan promo yang berlangsung
  • Langkah Keenam: Pertimbangkan untuk mengejar status Elite di frequent flyer maskapai atau hotel pilihan anda
  • Langkah Ketujuh: Belajar bagaimana untuk menggunakan poin dan miles anda untuk penerbangan atau hotel
  • Langkah Kedelapan: Pasanglah target untuk travel impian anda dan wujudkan impian tersebut

 

Langkah Pertama: Daftarkan diri anda dengan program frequent flyer maskapai dan member hotel

Screen Shot 2018-04-11 at 5.15.34 PM

Mulailah dengan mendaftarkan diri anda pada program KrisFlyer milik Singapore Airlines.

Langkah yang paling awal yang harus anda lakukan, buat akun frequent flyer maskapai dan hotel pilihan anda. Umumnya, anda tidak akan dipungut biaya untuk mendaftarkan diri anda sebagai member. Anda pasti bertanya, program mana yang harus anda buat. Menurut saya, anda harus mempunyai frequent flyer maskapai dan program hotel yang sering anda gunakan. Namun tentunya tidak terbatas sampai disitu saja. Saya pribadi memiliki lebih dari 10 frequent flyer maskapai internasional dan lebih dari 4 program hotel internasional. Sebagai awalan, saya sarakan untuk mendaftarkan diri anda dengan program GarudaMiles milik Garuda Indonesia (dapatkan 1000 miles untuk pendaftar baru), KrisFlyer milik Singapore Airlines, dan AsiaMiles milik Cathay Pacific. Kenapa? Alasannya adalah setiap maskapai yang saya pilih tersebut mewakili aliansi maskapai-maskapai terbesar di dunia. Garuda Indonesia tergabung dengan aliansi SkyTeam, Singapore Airlines tergabung dengan Star Alliance, dan Cathay Pacific tergabung dengan Oneworld. Selebihnya mengenai aliansi tersebut akan saya bahas di post selanjutnya. Alasan selanjutnya adalah lebih mudah dan nyamannya bagi anda di Indonesia untuk mengumpulkan miles milik frequent flyer maskapai tersebut.

Sedangkan untuk hotel, saya sangat menyarankan untuk memiliki akun Starwood Preferred Guest (SPG) milik Starwood hotel group, Marriott Rewards, dan IHG Rewards Club. Tentunya pilihan anda tidak terbatas dengan yang saya sarankan saja. Anda bebas untuk memiliki sebanyak-banyaknya akun frequent flyer atau hotel.

 

Langkah Kedua: Dapatkan kartu kredit terbaik yang wajib ada di dompet anda

card-face-02

Citibank Premier Miles memberikan anda fleksibilitas dengan poin yang anda miliki.

Mungkin banyak dari kalian yang bingung, bagaimana caranya anda bisa mengumpulkan miles dan poin padahal anda jarang terbang atau menginap di hotel. Jawabannya? Kartu kredit.

Pilihlah kartu kredit yang memberikan anda fasilitas untuk mengumpulkan atau men-transfer poin kartu kredit anda ke akun frequent flyer atau hotel yang anda miliki. Ada banyak sekali kartu kredit di pasaran, yang mana yang harus anda pilih? Berikut 5 kartu kredit terbaik di Indonesia versi PinterPoin:

Ulasan tentang 5 kartu diatas dan strategi untuk memaksimalkan penggunaan kartu kredit dapat anda baca di post berikutnya.

Catatan: Saya tidak mendapatkan komisi apapun dari pihak bank, semua kartu kredit yang saya rekomendasikan murni berdasarkan hasil pengamatan saya tentang nilai yang ditawarkan oleh masing-masing kartu.

 

Langkah Ketiga: Maksimalkan pembelian anda dengan kartu kredit yang tepat

apa-itu-kartu-kredit

Gunakanlah kartu kredit yang tepat untuk setiap kategori pembelian.

Sebisa mungkin, gunakan kartu kredit anda untuk setiap pembayaran di saat yang memungkinkan dan pastikan anda membayar dengan penuh tagihan kartu kredit anda tiap bulannya. Perhatikan manfaat tiap kartu kredit yang anda miliki. Misalnya, jika anda akan membeli tiket pesawat dari Garuda Indonesia, gunakanlah kartu kredit co-brand Garuda Indonesia anda untuk mendapatkan ekstra poin. Ingat, bukan berarti anda tidak boleh memakai uang tunai, namun pakailah uang tunai di momen yang tepat, misalnya saat penjual menerapkan biaya 3% jika anda membayar menggunakan kartu kredit. Sebelum anda melakukan pembayaran, ada baiknya jika anda menguasai seluruh informasi mengenai kartu kredit yang anda miliki. Mendapatkan 1 poin per Rp 10.000 bisa berbeda secara signifikan dengan anda memperoleh 3 poin per Rp 10.000. Bayangkan jika anda menggunakan kartu kredit anda sebesar Rp 20.000.000 tiap bulannya. Itu berarti anda dihadapkan dengan pilihan 2.000 atau 6.000 poin. Beda poin tersebut bisa berdampak signifikan terhadap perkembangan akumulasi poin dan miles anda.

 

Langkah Keempat: Manfaatkan Shopping Portal

Screen Shot 2018-04-12 at 6.59.21 PM

Anda bisa mendapat 9 KrisFlyer Miles per US $10 atau Rp 135.000 saat belanja di Tokopedia.com.

Tahukah anda bahwa anda bisa mendapatkan miles KrisFlyer saat anda berbelanja online? Jika anda ingin membeli sesuatu secara online, jangan pernah langsung menuju ke website yang anda tuju tanpa memastikan bahwa website dimana anda ingin berbelanja tersebut ada melakukan kerja sama dengan maskapai penerbangan atau hotel. Selama anda mengklik dari Shopping Portal, anda akan mendapatkan miles atau poin yang dijanjikan asalkan anda tidak melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku. Perhatikan juga apabila kartu kredit anda sedang mengadakan promo bonus poin di merchant tertentu.

 

Langkah Kelima: Selalu up-to-date dengan tips dan promo yang berlangsung

Pastikan anda selalu up-to-date dengan berita, tips, dan promo. Kunjungi PinterPoin untuk mendapatkan informasi yang penting dan akurat. Anda dapat mendapatkan informasi lebih cepat jika anda setuju untuk mendapatkan e-newsletter dari bank, maskapai, hotel, dan merchant favorit anda.

 

Langkah Keenam: Pertimbangkan untuk mengejar status Elite di frequent flyer maskapai atau hotel pilihan anda

Menjadi anggota elite member frequent flyer maskapai atau program hotel adalah salah satu aspek sukses dalam strategi poin dan miles anda. Sebagai seorang elite anda akan mendapat banyak sekali fasilitas tambahan yang tidak di dapatkan orang biasa. Contoh benefit yang didapatkan elite member maskapai adalah bonus poin dan miles tambahan, free upgrade ke kelas bisnis, priority boarding, ekstra bagasi, akses masuk ke lounge milik maskapai, customer service yang didedikasikan untuk elite member, dan masih banyak lainnya. Sedangkan sebagai elite member hotel, anda bisa mendapatkan complimentary check out jam 4 sore, upgrade ke kamar kelas suite, mendapat sarapan gratis, akses ke lounge hotel, dan sebagainya.

Perlu anda perhatikan bahwa level keanggotaan di tiap program bisa jadi menggunakan sebutan atau istilah berbeda-beda. Misalnya, GarudaMiles menyediakan 4 tingkatan keanggotaan yakni GarudaMiles Blue, Silver, Gold, dan Platinum. Anda bisa baca selengkapnya disini tentang manfaat yang bisa anda dapatkan di tiap tingkatan tersebut.

 

Langkah Ketujuh: Belajar bagaimana untuk menggunakan poin dan miles anda untuk penerbangan atau hotel

Setelah berusaha keras untuk mengumpulkan poin dan miles anda, tentu ada saatnya bagi anda untuk menikmatinya. Setiap traveler memiliki prioritas yang berbeda-beda dengan poin dan miles yang mereka miliki. Tetapi ada satu cara untuk mengetahui apakah anda mendapatkan nilai lebih dari poin redemption anda, yaitu dengan membagi harga asli tiket atau kamar hotel dengan total poin atau miles yang dibutuhkan untuk me-redeem. Semakin tinggi nilai yang anda dapat, artinya semakin maksimal penggunaan poin dan miles anda.

Saya akan mencontohkan penerbangan saya, Singapore Airlines Suites dari New York (JFK) menuju Hong Kong (HKG) via transit Frankfurt (FRA) dan Singapore (SIN). Jika saya harus membayar untuk penerbangan tersebut, saya harus mengeluarkan uang sebanyak US $13.500 atau sekitar Rp 185.000.000. Tetapi saya dapat menggunakan 104.125 KrisFlyer miles untuk penerbangan tersebut. Berarti saya mendapatkan nilai sebesar Rp 1.776 per 1 KrisFlyer mile. Nilai valuasi yang sangat tinggi bagi saya.

 

Langkah Kedelapan: Pasanglah target untuk travel impian anda dan wujudkan impian tersebut

Memiliki target dan impian bisa menjadi motivasi yang baik bagi anda. Pasanglah target anda dan susun rencana perjalanan yang matang dengan mempersiapkan poin dan miles yang dibutuhkan untuk perjalanan anda. Dengan mempunyai target yang jelas, anda akan terbantu untuk fokus pada hobi poin dan miles ini.

3 Comments

  1. rtaufik86

    Wow…mantap ni buat pemula kayak saya belajar FPP. Makasih buat info-nya…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: